merek mobil terbaik di dunia
Otomotif

10 Merek Mobil Terbaik di Dunia

Nama produsen menjadi salah satu faktor penting saat membeli kendaraan. Beberapa merek mobil terbaik di dunia tentunya akan memberikan jaminan kepuasan dan kenyamanan pada setiap layanan dan produk yang mereka buat.

Di antara banyak produsen mobil, beberapa merek memiliki porsi peminat yang banyak sehingga mereka banyak mengekspor atau bahkan membuat pabrik mereka sendiri di beberapa negara tertentu. Tingkat popularitas beberapa brand mobil terkenal tersebut tentu sebanding dengan kualitas yang mereka tawarkan.

Meski ada cukup banyak produsen mobil di seluruh dunia, beberapa nama berikut ini layak masuk dalam daftar merek mobil terbaik di dunia dengan penjualan tahunan yang sangat tinggi.

1. Nissan Motor

Nissan Motor Corporation adalah produsen mobil Jepang yang didirikan pada tahun 1933 di kota Yokohama di Jepang.

Sejak itu perusahaan telah berkembang menjadi perusahaan yang benar-benar global dan memiliki kehadiran global yang kuat di semua benua. Perusahaan ini terlibat dalam penjualan dan pembuatan produk otomotif seperti mobil, truk dan bus serta produk otomotif terkait lainnya.

Perusahaan ini memiliki fasilitas manufaktur di sebanyak 20 negara di seluruh dunia dan pelanggan di lebih dari 160 negara yang berbeda. Perusahaan ini memiliki beragam merek terkenal di dunia yang beroperasi untuk menghasilkan berbagai macam produk.

Tidak hanya itu, Nissan Motor juga banyak berinvestasi dalam portofolio green technology yang mencakup mesin diesel dengan perapian yang lebihbersih, mesin pembakaran internal yang efisien, dan hibrida. Selainitu perusahaan juga fokus pada produksi kendaraan tanpa emisi, seperti mobil listrik dan kendaraan sel bahan bakar.

Renault saat ini memiliki sekitar 43 persen saham Nissan sementara pembuat mobil Jepang memiliki 15 persen saham di mitra Prancisnya. Pada September 2017 Nissan mengakuisisi saham pengendali senilai $2,2 miliar di Mitsubishi dan karenanya menjadikan Mitsubishi mitra setara di Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.

2. Hyundai

Produsen mobil Korea Selatan, Hyundai didirikan pada tahun 1967 dengan kantor pusat yang berlokasi di Seoul, Korea Selatan. Tidak hanya berkecimpung di dunia otomotif, Hyundai juga menyediakan layanan keuangan dalam bentuk kredit dan asuransi serta pembuatan kereta api.

Hyundai memulai operasinya di India pada tahun 1996 di mana merek tersebut hampir tidak dikenal di negara tersebut, tetapi hari ini ia menjual mobilnya di 193 negara dengan lebih dari 60 ribu pekerja di seluruh dunia. Hyundai memiliki mobil populer di setiap segmen mulai dari hatchback hingga sedan hingga SUV yang meliputi seri i10, elantra, aksen, hyundai civic dan beberapa lainnya.

Dengan pengalaman lebih dari setengah abad, Hyundai berhasil masuk ke dalam 100 merek global terbaik pada tahun 2005. Hyundai telah tumbuh secara agresif dengan meluncurkan kendaraan i-series dan memenangkan penghargaan secara global untuk daya tahan, kepuasan pelanggan dan sebagainya.

3. BMW

BMW yang merupakan singkatan dari Bayerische Motoren Werke Group adalah salah satu produsen mobil dan sepeda motor premium terkemuka dan salah satu merek mobil papan atas di dunia. Selain itu, perusahaan ini juga bertindak sebagai penyedia layanan keuangan dan mobilitas premium

BMW memulai sejarah mereka pada tahun 1916 di Munich, dan telah berkembang pesat sebagai perusahaan global dengan fasilitas produksi dan perakitan di banyak negara dan memiliki jaringan penjualan global.

Produsen mobil ini sendiri mungkin lebih dikenal sebagai salah satu produsen mobil mewah untuk kalangan menengah ke atas. Meski begitu perusahaan ini juga dikenal memiliki andil dalam beberapa inovasi luar biasa di dunia otomotif.

Perusahaan ini adalah yang pertama merancang mesin pesawat dengan piston aluminium pada tahun 1917. Mereka juga merancang BMW328 yang merupakan mobil paling sukses tahun 1930-an dengan membuat sasisnya ringan dan kepala silinder berbahan aluminium.

4. SAIC

SAIC motors, merek mobil terkenal di dunia asal Cina

Mungkin banyak di antara kamu yang masih asing dengan merek mobil SAIC. Padahal SAIC Motor Corporation Limited asal Cina ini menjadi produsen mobil terbesar yang terdaftar dalam daftar Fortune 500 Global. Pendapatan tahunannya pun mencapai angka lebih dari 100 milyar dollar.

Perusahaan ini dianggap sebagai salah satu merek mobil terbesar di Cina yang dimiliki oleh pemerintah dan berkantor pusat di Shanghai, Cina tetapi beroperasi di seluruh dunia. Bisnis utama mereka meliputi kendaraan, komponen, perdagangan & layanan mobil, dan pembiayaan.

SAIC Motor telah mendominasi pasar mobil di China sejak tahun 2006. Dengan pangsa pasar Domestik saat ini sekitar 23%. Perusahaan memiliki pabrik SAIC baru di Thailand dan terlibat dalam pembangunan taman kendaraan dan suku cadang mobil di Indonesia. Mereka juga telah melakukan negosiasi untuk akuisisi pabrik GM India.

5. Honda

Honda Motor Company adalah perusahaan otomotif dan sepeda motor multinasional Jepang yang terkenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain bergerak di industri otomotif, perusahaan ini juga bergerak di bidang mobil, pesawat terbang, sepeda motor, dan peralatan listrik.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1948 oleh Soichiro Honda dan berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Honda adalah produsen mobil terbesar keenam di dunia di belakang Toyota, Volkswagen Group, Daimler, General Motors dan Ford Motors di antara perusahaan Fortune 500 Global.

Sejak membuka gerai pertama di Amerika Serikat pada tahun 1950-an, perusahaan ini berkembang pesat menjadi merek global. Honda Motor menjadi perusahaan mobil pertama dari Jepang yang menjadi eksportir untuk produk keluaran mereka. Di Indonesia sendiri nama Honda juga menjadi salah satu yang terbesar. beberapa produk dan varian yang dibuat dan dijual di Indonesia antara lain City, CRV, dll.

6. General Motors

General Motors adalah perusahaan otomotif global yang didirikan pada tahun 1908 dan berkantor pusat di Detroit, Amerika Serikat. Perusahaan ini beroperasi di lima benua dengan ratusan ribu karyawan dari seluruh dunia.

General Motors bekerja dengan delapan merek khas terkenal di seluruh dunia yang meliputi, Buick, GMC, Cadillac, Holden, Baojun, Wuling, dan Jiefang. Perusahaan ini menawarkan kendaraan mulai dari mobil listrik hingga truk besar untuk tugas berat.

Pada tahun 2017 saja, General Motor mengirimkan 9 juta kendaraan ke 125 negara berbeda. General Motors juga akan membuka lima fasilitas manufaktur baru di China untuk mendukung lebih banyak penjualan.

Untuk urusan kualitas, perusahaan ini telah mendapatkan banyak apresiasi untuk kualitas dan kinerjanya. Chevrolet memenangkan 2016 Motor Trend untuk kategori mobil dan truk terbaik sementara Chevrolet Volt adalah pemenang dua kali Green Car of the Year. General Motors juga merancang boneka uji tabrakan yang sekarang menjadi standar global untuk pengujian tabrakan frontal di antara merek mobil papan atas di seluruh dunia.

7. Ford Motor

ford dari general mobil keluaran brand mobil terbaik di dunia

Ford Motor Company adalah pembuat mobil asal Amerika yang didirikan di Delaware pada tahun 1919 oleh Henry Ford.Pada tahun 2017, perusahaan menjual lebih dari 6.5 juta kendaraan di seluruh dunia. Dengan tingkat penjualan tersebut, Ford Motor Company menjadi salah satu perusahaan yang memiliki penjualan tertinggi di AS.

Perusahaan ini meluncurkan beberapa model populer yang meliputi F-150, EcoSport, Focus Electric, All New Fiesta dan All New Expedition, dan Lincoln Navigator yang menjadi merek mobil teratas secara global sejak diluncurkan.

8. Daimler

Daimler AG adalah salah satu produsen dan pemasok mobil premium dan kendaraan komersial terbesar di dunia di seluruh dunia.

Perusahaan ini menjadi salah satu merek mobil terkenal di dunia melalui mobil penumpang Mercedes-Benz, Truk Daimler, Van, Bus, hingga Layanan Keuangan. Selaion itu brand Mercedes-Benz juga merupakan spesialis merek mobil dengan penggerak empat roda yang cocok untuk segala.

Penjualan terbesar Daimler dicatatkan Mercedes Benz yang memiliki banyak penggemar di Cina. Perusahaan juga populer di segmen mobil listrik dengan ratusan ribu model terjual di seluruh dunia. Mengikuti perkembangan teknologi yang ada, Daimler juga bekerja sama dengan Bosch untuk memajukan pengembangan mobil otomatis dan bisa dikendalikan tanpa pengemudi.

9. Volkswagen

Merek mobil terbaik di dunia selanjutnya adalah Volkswagen. Volkswagen Group adalah produsen terbesar kedua di dunia dengan kantor pusat di Wolfsburg, Jerman.

Tidak hanya memproduksi mobil pribadi, Volkswagen juga bergerak di sektor finansial serta membuat truk, kendaraan umum dan alat listrik berukuran besar. Produsen ini memiliki reputasi yang sangat baik dengan deretan model seperti Volkswagen Passenger Cars, Audi, SEAT, Skoda, dll.

10. Toyota

Toyota Motor Corporation adalah produsen mobil terbesar di dunia. Dengan kantor pusat di Aichi, Jepang, perusahaan ini telah berkembang menjadi perusahaan terbesar kelima di dunia dalam hal pendapatan.

Perusahaan ini beroperasi melalui lebih dari 50 pabrik di luar negeri yang tersebar di 30 negara berbeda termasuk Amerika Utara, Amerika Latin, Afrika, Asia-Oseania dan Eropa.

Toyota Motors memiliki komitmen terhadap inovasi yang membantu mereka terus menunjukan kinerja tinggi. Toyota juga mengambil inisiatif untuk melibatkan pelanggan dan berkomitmen tinggi terhadap keselamatan dalam setiap tahapan berkendara. Tidak heran jika Toyota menjadi salah satu merek mobil terbaik di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *