merek senter led bagus untuk traveling
Gadget, Traveling

7 Merek Senter Paling Bagus untuk Traveling

Membawa senter mungkin tidak terpikirkan saat kita mempersiapkan barang untuk traveling. Padahal keberadaan senter akan membantu di beberapa situasi seperti ketika kita mengunjungi wisata alam seperti hiking, camping, atau menelusuri gua -gua gelap di bawah tanah.

Tidak cuma itu, senter juga bisa sangat membantu saat kita melakukan road trip, teruitama ketika kita butuh mencari barang di bagasi mobil yang gelap, atau saat memperbaiki kendaraan yang mogok di pinggir jalan saat malam tiba.

Saat bicara senter, jangan membayangkan senter besar jaman dulu yang berukuran besar dan cukup berat untuk dibawa ke mana-mana. Saat ini sudah ada senter LED yang berukuran jauh lebih kecil, namun sangat terang dan lebih tahan lama dibanding senter biasa.

Nah, jika kamu butuh rekomendasi, berikut adalah beberapa merek senter paling bagus untuk traveling yang bisa kamu pertimbangkan.

Rekomendasi Senter Terbaik

1. LED Flashlight Joyko FL-85

Merk senter lokal yang menyediakan senter LED murah, Harga: Rp79.000

LED Flashlight Joyko FL-85, Merk senter lokal yang menyediakan senter LED murah

LED Flashlight Joyko FL-85 bisa jadi senter pilihan bagi kamu yang ingin mencari senter LED murah berkualitas. Meski murah, bodi senter ini sudah menggunakan bahan alumunium dan dilengkapi baterai lithium-ion 12,000 mAh yang bisa diisi ulang.

Pada baterai terdapat 3 mode penerangan, yatu low power yang digunakan untuk jarak yang sangat dekat, high power yang bisa diguankan untuk memancarkan sinar 300 lumens hingga jarak 200 meter, serta strobe yang akan membuat lampu senter berkedip dan cocok untuk memberikan sinyal atau dalam keadaan genting.

Dengan dimensi 12,9 x 3,4 cm, senter LED termasuk berukuran kecil dan dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Cocok jika kamu ingin bepergian ke tempat wisata alam yang tidak memiliki banyak alat penerangan listrik.

2. LED Flashlight Joyko FL-92LED

Merk senter lokal yang bisa jadi UV flashlight, Harga: Rp148.000

LED Flashlight Joyko FL-92LED, Merk senter lokal yang bisa jadi UV flashlight

LED Flashlight Joyko FL-92LED adalah senter unik yang memiliki mode LED flashlight sekaligus UV flashlight. Senter UV tidak hanya bisa dipakai untuk mendeteksi uang palsu, tetapi juga melihat kalajengking di malam hari, atau menemukan batu alam yang menarik.

Selain cocok untuk dibawa berpetualang di alam bebas, senter LED ini juga cocok untuk penggunaan sehari-hari. Dilengkapi dengan 3 baterai AA, senter ini mampu menghasilkan cahaya hingga 350 lumens dengan jarak 200 meter.

3. OLIGHT I3E EOS Flaslight LED

LED Flashlight berkualitas dengan harga terjangkau, Harga: Rp205.000

OLIGHT I3E EOS Flaslight LED, LED Flashlight murah berkualitas

LED flashlight berkualitas lain yang dibandrol dengan harga yang relatif murah adalah OLIGHT I3E EOS. Dengan panjang sekita 6 cm dan berat kurang dari 20 gram, senter LED ini bahkan tidak lebih besar dibandingkan kunci motor atau gantungan kunci.

Dengan ukuran yang compact tersebut, senter ini akan lebih cocok untuk menemani kamu membaca buku saat berkemah atau mencari barang di dalam kendaraan.

Senter LED ini menggunakan 1 buah baterai AAA dan mampu memancarkan cahaya hingga 90 lumens dengan jarak 44 meter. Selain itu senter ini juga sudah terstandarisasi IPX8 yang membuatnya waterproof dan tidak akan rusak saat kehujanan.

4. Xiaomi LED Flashlight 2-in-1

Senter LED 2-in1, sekaligus Powerbank Harga: Rp250.000 – 300.000

Xiaomi LED Flashlight, Senter LED 2-in1, sekaligus Powerbank

Xiaomi LED Flashlight 2-in-1 jadi opsi yang cocok untuk kamu yang ingin senter LED dengan fungsi ganda sebagai powerbank. Jadi tidak hanya bisa menerangi kamu di saat darurat, kamu juga bisa mengisi daya smartphone yang habis di perjalanan.

Ukurannya yang hanya 12 x 2,5 cm membuatnya cukup kecil untuk dibawa di dalam saku celana. Pancaran sinar yang dihasilkan pun cukup baik, 240 lumens, yang bisa digunakan dalam 11 mode penerangan yang berbeda.

Untuk baterainya, senter LED ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 3,350 mAh yang mampu menyalakan senter hingga 3,5 jam lebih. Namun jangan berharap banyak jika ingin menggunakannya sebagai powerbank, karena mungkin daya sebesar itu hanya cukup untuk mengisi setengah daya smartphone saja.

5. NiteCore MH12S LED Flashlight

Tactical flashlight yang sudah waterproof, Harga: Rp885.000

NiteCore MH12S LED Flashlight, Tactical flashlight yang sudah waterproof

NiteCore adalah salah satu merek senter LED terbaik di dunia yang banyak memproduksi alat-alat penerangan berkuaitas, salah satunya adalah Nitecore MH12S Tactical Senter LED.

Berkat LED Cree SST-40-W, senter ini mampu menghasilkan cahaya hingga 1,800 lumens dengan jarak sorot mencapai hampir 300 meter. Dengan tombol tactical switch yang diletakan di bagian belakang senter, senter LED ini bisa dinyalakan dengan cepat menggunakan satu tangan saja. Selain itu senter ini juga bisa digunakan dalam air hingga kedalaman 2 meter.

Senter LED ini menggunakan sebuah baterai 18650 atau 2 buah baterai CR123 dengan total kapasitas daya sebesar 5,000 mAh. Kamu pun dapat mengisi ulang daya langsung melalui port usb yang terdapat pada senter dengan menggunakan kabel Micro USB..

6. Nitecore Tip2 LED Mini Flashlight

Senter LED mini bagus seukuran gantungan kunci, Harga: Rp490.000

Nitecore Tip2 LED Mini Flashlight, Senter LED mini bagus seukuran gantungan kunci

Produk Nitecore lain yang tidak kalah seru dibawa jalan-jalan adalah Nitecore Tip2 LED Mini Flashlight. Dengan ukuran 6,25×1.4×2.7 cm, senter LED ini cuma sebesar gantungan kunci saja. Walau begitu kamu tidak perlu khawatir hilang, karena senter ini memiliki magnet pengaman yang bisa menahan beban hingga 2,5 kg.

Meski kecil, baterai ini terbuat dari bahan alumunium alloy yang tangguh, tahan panas, waterproof, serta tahan jatuh dari ketinggian 1 meter. Cahaya yang dihasilkan pun cukup baik, hingga 720 lumens dan mampu memancarkan cahaya sejauh 93 meter.

Untuk baterai, senter LED ini menggunakan batera 500 mAh yang dapat diisi ulang (rechargeable). Dengan baterai tersebut, kamu bisa menggunakan senter dalam mode low selama 55 jam untuk penggunaan cahaya redup.

7. Fenix E12 LED Flashlight

Senter LED murah untuk traveling dan pemakaian sehari-hari, Harga: Rp450.000

Fenix E12 LED Flashlight, Senter LED murah untuk traveling dan pemakaian sehari-hari (EDC)

Fenix E12 adalah senter ECD (Every Day Carry) yang ultra ringkas dengan ukuran 77,6 x 19 x 17,6 mm serta berat kurang dari 30 gram.

Senter LED ini menggunakan satu buah baterai AA yang mudah dijumpai di mana-mana. LED flashlight ini juga dilengkapi MATCH CA18 LED yang tahan lama dan memiliki masa pakai hingga 50,000 jam. Selain itu senter ini mampu menghasilkan output maksimum 160 lumens dan memancarkan cahaya hingga 68 meter.

Bodi senter terbuat dari alumunium alloy yang kuat dan tahan panas. Selain itu terdapat klip dua arah untuk memudahkan kamu menyimpan senter ini. Kamu pun tidak perlu khawatir kehujanan karena senter ini sudah waterproof dengan rating IP68.


Itulah beberapa merek senter paling bagus untuk traveling yang bisa kamu beli sesuai kebutuhan. Beberapa akan lebih cocok digunakan sebagai perlengkapan darurat, sementara yang lain dapat digunakan untuk tugas yang lebih berat jika kamu senang traveling ke alam bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *