mobil diesel terbaik yang tangguh dan irit bahan bakar
Otomotif

7 Mobil Diesel Terbaik untuk Keluarga yang Irit dan Tangguh

Mobil dengan mesin diesel jadi salah satu pilihan alternatif dalam membeli mobil untuk keluarga. Selain dikenal bandel, mobil diesel juga dikenal irit dan tangguh. Di Indonesia sendiri kini ada cukup banyak mobil disel dengan berbagi macam merek, mulai dari yang bekas hingga keluaran terbaru.

Nah, buat kamu yang sedang hunting kendaraan roda empat yang tangguh dan irit untuk perjalanan jauh, berikut adalah beberapa pilihan mobil diesel terbaik yang bisa kamu pilih.

1. Isuzu Panther Grand Touring

Isuzu sudah lama dikenal sebagai salah satu produsen mobil diesel terbaik di tanah air. Makanya tidak heran kalau Isuzu sangat identik dengan mobil diesel, terutama bila kita mendengar nama Isuzu Panther.

Merek Isuzu Panther sendiri sudah sangat melegenda dan ada sejak dua dekade yang silam. Makanya mobil Izusu Panther lama masih jadi pilihan mobil diesel 100 jutaan terbaik. Meski keluaran yang lama tidak kalah lakunya, saat ini Isuzu Panther juga memiliki varian lain meski sekilas tidak ada banyak perubahan selain tampilan yang disesuaikan dengan gaya masa kini.

Isuzu Panther Grand Touring, mobil diesel yang hemat bahan bakar

Salah satu mobil diesel terbaik yang bisa kamu pilih adalah Isuzu Panther Grand Touring. Mobil ini sendiri menjadi varian tertinggi dari Panther yang eksklusif dan gagah, baik untuk keperluan bisnis atau sekedar menjadi mobil keluarga yang bisa diandalkan.

Mobil yang mampu memuat 7 penumpang ini juga sama tangguhnya dengan varian-varian Isuzu Panther terdahulu. Dilengkapi dengan mesin berkode 4JA1-L dan berkapasitas 2.499 cc, tenaga yang bisa dihasilkan membuat mobil ini mampu melahap segala medan. Namun teknologi OHV Direct Injection yang dipakainya membuat mobil elegan ini tetap irit bahan bakar.

2. Isuzu MU-X

Selain varian Isuzu Panther, mobil diesel lain buatan Isuzu yang juga patut dipertimbangkan adalah Isuzu Mu-X. Mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini sudah dilengkapi dengan mesin Turbo Diesel Isuzu 2.5L Commonrail VGS yang mampu menghasilkan tenaga hingga 136 PS pada 3.400 rpm dan torsi 32.6 kgm pada putaran 1.800 – 2.800 rpm.

Isuzu Mu-X, mobil diesel yang bandel dan tangguh

Satu hal yang membuat mobil ini berbeda dari mobil lain di kelasnya adalah fleksibilitasnya terhadap bahan bakar berkualitas rendah. Hal ini dimungkinkan dengan adanya lapisan khusus pada injektor bernama Diamond Like Carbon (DLC) yang lebih tahan terhadap kotoran dan gram yang terkandung pada solar biasa. Jadi tidak hanya bisa diisi Pertamina Dex atau Shell Diesel saja, Isuzu Mu-X juga bisa melahap Bio Solar milik Pertamina tanpa ada masalah.

Untuk masalah fitur pun kamu tidak perlu khawatir, Isuzu Mu-X dilengkapi banyak fitur canggih mulai dari Hill Start Assist, Hill Descent Control, Electronic Brake Distribution, Airbag, dan Electronic Stability Control yang pastinya bikin pengalaman berkendara semakin menyenangkan.

3. Toyota Kijang Innova

Bila kamu butuh pilihan yang mainstream, Toyota Kijang Innova bisa jadi mobil diesel pilihan kamu. Mungkin tidak banyak yang tahu kalau selain menggunakan mesin bensin, mobil ini juga memiliki varian yang menggunakan mesin diesel.

Toyota kijang innova, mobil diesel untuk keluarga yang irit bahan bakar

Mobil sejuta umat ini sudah dilengkapi dengan mesin 2GD FTV 4 Silinder dengan 16 buah katup dan VNT Intercooler. Dengan kapasitas mencapai 2.393 cc, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 149 PS pada putaran 3.400 rpm dan torsi 34.9 kg pada putaran 1.900 – 2.800 rpm. Sistem pengereman pun sudah menggunakan ABS + EBD yang membuat performanya lebih baik dan jauh lebih aman.

Buat kamu yang sedang mencari mobil diesel untuk keluarga, Toyota Kijang Innova bisa jadi pilihan yang pas karena mobil ini dikenal cukup lega. Selain itu Kijang Innova juga dikenal sebagai mobil diesel yang irit sehingga konsumsi solarnya tidak akan bikin kantong kamu jebol. Tidak hanya itu, beragam fitur di dalamnya juga bisa bikin perjalanan kamu beserta keluarga menjadi nyaman dan menyenangkan.

4. Toyota Fortuner

Mobil bermesin diesel lain dari merek Toyota yang bisa jadi pilihan kamu selanjutnya adalah Toyota Fortuner. Dengan tampilan yang gagah dan beragam fitur di dalamnya, Toyota Fortuner jadi salah satu SUV terbaik yang memiliki banyak peminat di Indonesia.

toyota fortuner, mobil diesel yang senyap dan tidak terlalu bising

Toyota Fortuner sudah dilengkapi dengan mesin bertipe 2GD FTV, 4 Cylinders In-Line, 4 Valve, DOHC, VNT Intercooler dengan kapasitas 2.393 cc. Dengan mesin tersebut, mobil diesel ini dapat menghasilkan tenaga besar mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40.8 kgm pada 1.600 – 2.000 rpm.

Tidak hanya itu, kendaran ini juga memiliki suspensi double wishbone dengan coil spring & stabilizer di bagian depan dan suspensi 4-link dengan lateral rod & coil spring. Selain membuat mobil dapat dikendarai dengan mudah, suspensi tersebut juga bisa meredam getaran dengan baik sehingga mobil cukup senyap dan tidak mengganggu penumpang di dalamnya.

5. Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Meski tergolong mahal, Mitsubishi Pajero Sport Dakar jadi salah satu mobil SUV yang juga memiliki banyak penggemar di Indonesia. Mobil yang sudah ada sejak tahun 2009 ini dikenal cukup tangguh namun tidak terlalu bising dibanding mobil bermesin diesel lainnya.

Mitsubishi Pajero Sport dakar, mobil bermesin diesel yang dilengkapi banyakj fitur canggih

Pada varian New Pajero Sport ini, Mitsubishi sudah membekalinya dengan 6 varian yang terbagi lagi dengan dua pilihan mesin diesel, dua pilihan penggerak, dan dua pilihan jenis transmisi. Varian tertingginya adalah Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 yang sudah menggunakan transmisi otomatis.

Pada mobil ini juga terdapat beragam fitur yang bisa menunjang kenyamanan berkendara seperti Active Cornering Light yang mampu meningkatkan visibilitas berkendara di malam hari. Selain itu terdapat pula Multi Around View Monitor yang mengaplikasikan empat kamera agar pengemudi lebih mudah saat harus bermanuver di jalan sempit atau saat sedang parkir.

6. Hyundai All New Santa Fe

Merek mobil asal Korea seperti Hyundai seringkali dianggap remeh, padahal Hyundai memiliki varian mobil diesel yang tidak kalah menarik dibanding mobil diesel lain seperti Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport, yaitu Hyundal All New Santa Fe.

All New Hyundai Santa Fe

Meski kapasitas mesinnya lebih kecil dibanding SUV asal Jepang, tenaga yang dihasilkan Hyundai All New Santa Fe ini tak bisa diremehkan. Mobil keluaran Hyundai ini dilengkapi dengan mesin diesel 2.200 cc 4-silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 202 ps pada 3.800 rpm dan torsi 441 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm.

Tidak hanya itu, mobil ini juga punya fitur keselamatan lengkap mulai dari Surround View Monitor (SVM), Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

7. Chevrolet Captiva

Mobil diesel terbaik yang terakhir adalah mobil SUV asal Amerika, yaitu Chevrolet Captiva. Mobil ini sudah dilengkapi mesin diesel berkapasitas 1.998 cc dengan tambahan Variable Geometry Turbocharger dan Intercooler yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 163 PS pada 3.800 rpm, dan torsi 400 Nm pada 2.000 rpm.

Chevrolet Captiva

Tidak hanya cantik di luar, mobil ini juga punya tampilan kabin yang terkesan mewah serta canggih. Di sini kamu bisa menemukan layar sentuh 7″ yang dilengkapi dengan teknologi Chevrolet MyLink yang akan menghibur kamu dan keluarga sepanjang perjalanan.

Tidak kalah pentingnya, fitur keamanan yang disematkan pada mobil Chevrolet Captiva pun tidak kalah canggih. Chevrolet Captiva memiliki fitur Hill Descent Control, Hill Start Assist, Rear Cross Traffic Alert, Side Blind Zone Alert, Electronic Stability Control, dan masih banyak lagi fitur yang bisa membantu kamu selama perjalanan.


Salah satu kelebihan mobil diesel adalah performanya yang tangguh dan cocok untuk segala medan. Selain itu mobil diesel pun dikenal sangat irit dan cocok untuk dibawa dalam perjalananjauh. Meski berharga lebih mahal dibanding mobil bensin biasa, mobil diesel terbaik di atas akan sangat cocok untuk kamu yang sering bepergian ke luar kota dan melewati medan-medan yang sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *