negara di amerika selatan yang bebas visa dengan paspor indonesia
Traveling

6 Negara di Amerika Selatan yang Bebas Visa untuk Indonesia

Pasti ada banyak pertimbangan ketika kita ingin memilih negara tempat kita berlibur. Meski kebanyakan memilih spot atau atraksi pada negara tujuan, tidak ada salahnya lho memilih negara yang memberikan kita bebas visa dengan paspor Indonesia.

Nyatanya, ada cukup banyak negara yang menyediakan kebijakan bebas visa, termasuk beberapa negara di Amerika latin. Hal ini tentu akan mempermudah liburan kamu karena kita bisa masuk ke negara lain selama berhari-hari tanpa repot mengurus visa terlebih dahulu.

Nah, buat kamu yang mau jalan-jalan ke berbagai negara di Amerika Selatan yang bebas visa untuk Indonesia, berikut adalah beberapa destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi.

1. Brazil (Bebas Visa 30 hari)

Menaiki cable car dari gunung Sugar Loaf sambil menikmati pemandangan pantai Copacabana, Brazil

Brazil adalah destinasi wisata yang sangat identik dengan pantai yang indah berpasir putih. Jumlah pantainya pun sangat melimpah mengingat garis pantai negara ini mencapai 8,000 kilometer.

Di antara banyak pantai di Brazil, Copacabana dan Ipanema di Rio de Janeiro jadi destinasi paling populer. Selain itu juga ada pantai Praia do Espelho, Ilha de Tinhare, Caraiva, serta Taipus de Fora di daerah Bahia yang patut dikunjungi.

Buat kamu yang senang dengan alam bebas, Brazil juga jadi destinasi wisata yang cocok di mana kamu bisa berkunjung ke hutan Amazon di Manaus, menikmati air terjun Iguazu, mengeksplorasi taman nasional Diamantina, atau mengunjungi padang pasir di Natal.

Dan bicara tentang Brazil, jangan lupa juga untuk mengikuti karnival seru yang diadakan selama 6 hari di akhir bulan Februari. Di karnival tersebut kamu bisa berpesta ria dengan jutaan turis lainnya dari seluruh dunia.

2. Chili (Bebas Visa 90 Hari)

Taman Nasional Torres del Paine di Chile dengan bentang alam yang menakjubkan
Taman Nasional Torres del Paine di Chile dengan bentang alam yang menakjubkan

Chili dikenal memiliki bentangan alam dengan pemandangan yang luar biasa. Bentuk negara ini sendiri memang unik dan memanjang dari utara ke selatan sepanjang 4,000 km dan membuat Chili menjadi negara terpanjang di dunia.

Keunikan ini membuat Chili memiliki 10 zona dengan iklim yang berbeda yang berpengaruh besar pada cuaca serta kehidupan di tempat tersebut. Makanya di negara ini kamu bisa melihat tempat yang dipenuhi salju hingga hutan tropis yang sangat lebat.

Karena itulah, Chili jadi destinasi wisata yang pas untuk kamu yang senang mengagumi keindahan alam. Di negara ini kamu bisa berkunjung ke beberapa lokasi alam seperti Chiloé Island & Chiloé National Park, Vicente Pérez Rosales National Park, Torres Del Paine National Park, Gua Mylodon, atau Bukit Cochamó.

Dan jika kamu ingin belajar sedikit sejarah, kamu bisa mengunjungi pulau paskah yang terkenal dengan ratusan patung Moai-nya.

3. Ekuador (Bebas Visa 90 Hari)

Serunya menaiki kereta di pinggir jurang Nariz del Diablo, Ekuador
Serunya menaiki kereta di pinggir jurang Nariz del Diablo, Ekuador

Ekuador adalah salah satu negara terkecil di Amerika Selatan dan bisa kamu jelajahi dengan mudah. Meski begitu, kamu bisa menikmati beragam lokasi menarik mulai dari kota tua Quito dan Cuenca yang masuk dalam warisan dunia UNESCO, Taman Nasional Cotopaxi dan Cajas, menaiki kereta di pingir jurang di Nariz del Diablo, atau menikmati pantai yang indah di Salinas.

Namun di antara semua atraksi tersebut, Taman Nasional Kepulauan Galapagos jadi salah satu spot wisata yang paling terkenal di seluruh dunia. Terkenal sebagai inspirasi Charles Darwin dan proses seleksi naturalnya, kepulauan ini terdiri dari 19 pulau dan terletak 1,000 km di sebelah barat Ekuador.

Dari semua pulai tersebut, kamu bisa mengunjungi Santa Cruz yang merupakan rumah dari kura-kura raksasa serta Charles Darwin Research Center. Selain itu ada Fernandina yang menjadi tempat anyak spesies unik seperti iguana laut, singa, hingga ikan paus. Selain itu ada pulau San Cristobol yang memiliki formasi bebatuan yang indah, serta ada pulau Wolf dan Darwin yang sering menjadi spot diving.

4. Guyana (Bebas Visa 30 Hari)

Stabroek Market menjadi pasar teraramai sekaligus destinasi wisata di kota Georgetown, Guyana
Stabroek Market menjadi pasar teraramai sekaligus destinasi wisata di kota Georgetown, Guyana

Guyana mungkin masih kalah populer dibanding negara lain di Amerika Selatan. Padahal negara ini juga memiliki pemandangan tropis yang tidak kalah menariknya. Satu hal lain yang patut menjadi pertimbangan adalah penggunaan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa resmi negara ini.

Lokasi pertama yang bis kamu jelajahi adalah ibukota Georgetown yang memiliki banyak bangunan kuno peninggalan Belanda, Perancis dan Inggris. Di sini kamu bisa menemukan beragam destinasi mulai dari pasar, museum, katedral, taman, serta restoran.

Buat kamu yang senang berpetualang, Guyana menawarkan banyak wisata alam yang fantastis mulai dari air terjun di Taman Nasional Kaieteur, Pantai Shell, hutan hujan Iwokrama, gunung Kanuku, serta gunung Roraima yang terkenal dengan bentuknya yang unik.

5. Kolombia (Bebas Visa 90 Hari)

Menikmati keindahan serta sibuknya kota Medellin di Kolombia
Menikmati keindahan serta sibuknya kota Medellin di Kolombia

Negara bebas visa di Amerika Selatan lain yang bisa kamu kunjungi adalah Kolombia. Meski mendapat citra buruk akibat banyaknya kartel dan penggambaran di acara televisi, Kolombia kini mulai berbenah agar menjadi negara yang aman dikunjungi oleh para traveler.

Di sini kamu bisa mengunjungi banyak kota-kota menarik seperti Cartagena yang terletak di pinggir pantai dan memiliki banyak bangunan kolonial. Selain itu ada Medellin yang dulu terkenal sebagai kota paling berbahaya di era 90-an, namun kini dibanjiri turis dari berbagai belahan dunia. Tidak ketinggalan ibukota Bogota yang juga dikenal sebagai Athena-nya Amerika Selatan. Salah satu kota terbesar di Amerika Selatan ini menyediakan beragam tempat yang bisa dikunjungi mulai dari planetarium, museum emas, event, dan kehidupan malam yang seru.

Jika kamu lebih senang menikmati alam bebas, kamu bisa berkunjung ke Taman Nasional Tayrona, menelusuri trek ke Ciudad Perdida – The Lost City, atau melihat-lihat pulau Providencia beserta keindahan alam bawah lautnya.

6. Peru (Bebas Visa 180 Hari)

Kota unik Huacachine di Peru yang dikelilingi oleh padang pasir
Kota unik Huacachine di Peru yang dikelilingi oleh padang pasir

Bicara Peru biasanya akan meningatkan kita pada suku Inca yang pernah mendiami negara tersebut. Makanya, jalur pendakian menuju Machu Pichu menjadi salah satu destinasi wisata populer dan membuat Peru menjadi salah satu negara di dunia yang terkenal dengan rute trekking-nya.

Padahal tidak hanya itu saja, Peru juga menawarkan wisata alam lain yang tidak kalah menakjubkan seperti Huascaran National Park yang terletak 6,768 meter dpl atau Colca Canyon yang menjadi ngarai terdalam kedua di dunia.

Kota-kota di Peru pun layak untuk kamu kunjungi. Mulai dari ibukota Lima yang memiliki sejarah panjang dan makanan enak, Trujillo yang memiliki banyak bangunan bekas kolonial yang megah, atau Chan Chan yang menjadi salah satu kota kuno di era pre-Kolombia.

Dan satu kota yang tidak boleh ketinggalan adalah Huacachina yang memiliki lokasi unik yang dikelilingi oleh padang pasir. Meski berukuran tidak terlalu besar, kota ini menjadi spot favorit turis dengan beragam aktivitas menarik mulai dari sandboarding, quas biking, atau menaiki mobil buggy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *