Novel yang cocok untuk belajar bahasa inggris
Produktivitas

10+ Novel yang Cocok untuk Belajar Bahasa Inggris

Mempelajari bahasa Inggris bisa dilakukan dengan cara apa saja, salah satunya adalah dengan membaca. Tidak cuma lewat situs berita atau buku pelajaran, beberapa orang lebih memilih novel berbahasa Inggris untuk membiasakan diri mereka dengan bahasa internasional tersebut.

Saat ini tidak sulit untuk menemukan buku berbahasa Inggris di toko-toko buku atau online marketplace. Jadi kamu tidak akan kesulitan jika ingin belajar bahasa Inggris dari novel.

Nah, buat kamu yang sedang mencari rekomendasi novel untuk belajar bahasa Inggris, baca dulu yuk manfaat belajar bahasa Inggris dari novel dan bagaimana cara mencari buku yang sesuai dengan gaya membaca kamu!

Manfaat Belajar Bahasa Inggris dari Novel

Dibanding belajar dari buku teks biasa, belajar bahasa Inggris dari novel memiliki beberapa manfaat tersendiri. Sebagai contoh, novel bisa mengajarkan kamu bagaimana bahasa Inggris digunakan pada situasi tertentu. Novel-novel modern juga umumnya banyak memakai istilah-istilah modern yang memang bisa digunakan di dunia nyata.

Tidak cuma itu, buku pelajaran bahasa Inggris umumnya dibuat dengan struktur yang baku. Hal ini akan sangat berbeda dengan film, novel, atau percakapan bahasa Inggris di dunia nyata yang dilakukan dengan lebih luwes.

Manfaat belajar bahasa Inggris dari novel lainnya adalah untuk menambah koleksi kosakata kamu. Sebaik apapun level bahasa Inggris kamu, kadang ada saja kata baru yang bisa kamu dapat dari sebuah novel. Beberapa novel bahkan menggunakan bahasa Inggris yang lebih advanced yang bisa cukup membingungkan, bahkan untuk mereka yang bisa mengerti dengan mudah beberapa buku berbahasa Inggris.

Dan jika kamu ingin bisa menulis dalam bahasa Inggris, beberapa pengarang hebat bisa jadi guru bahasa Inggris terbaik. Kamu bisa belajar menulis gaya penulisan yang baik yang nantinya bisa meningkatkan kemampuan grammar dan menulis kamu.

Manfaat belajar bahasa Inggris dari novel yang tidak kalah penting adalah kesenangan yang kamu dapatkan. Buku-buku cerita dengan plot yang seru pastinya tidak akan membuat kamu cepat bosan untuk belajar bahasa Inggris bukan?

Tips Memilih Novel Berbahasa Inggris untuk Belajar Bahasa Inggris

Saat ini tidak sulit untuk mencari rekomendasi novel untuk belajar bahasa Inggris. Sayangnya semua orang tidak memulai dari level yang sama. Jadi apa yang cocok untuk kamu belum tentu cocok untuk orang lain.

Agar kamu bisa memilih novel berbahasa Inggris yang baik untuk belajar bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan beberpa kriteria sebagai berikut.

  1. Pilihlah genre yang kamu suka. Ketika belajar bahasa baru lewat novel, penting bagi kamu untuk menyukai genre yang kamu sukai agar kamu betah membaca buku tersebut. Dengan begitu kamu tidak akan mudah menyerah jika menemui kesulitan dalam mencoba memahami isi buku tersebut.
  2. Pilihlah level yang sesuai dengan kemampuan kamu. Hal ini diperlukan agar kamu bisa membaca novel dengan lancar, namun tetap dapat memberikan kamu tantangan. Agar lebih mudah untuk menentukannya, bacalah 2-3 halaman pertama dan lihat apakah kamu mengerti sebagian besar kata di dalamnya.
  3. Pilihlah buku yang sudah diterjemahkan. Buku terjemahan dan aslinya kadang tidak selalu memiliki arti yang verbatim, atau sama per kata. Namun buku terjemahan bisa menjadi referensi kamu dalam memahami istilah atau kalimat yang tidak kamu mengerti di buku aslinya.
  4. Memilih buku yang sudah diadopsi ke dalam film. Sebagai alternatif, kamu juga bisa memilih buku yang sudah dibuatkan film. Hal ini mungkin akan sedikit membingungkan, terutama bila adopsi film tidak sesuai dengan cerita yang ada di dalam buku. Tapi setidaknya film tersebut dapat memberikan kamu gambaran singkat mengenai novel agar kamu lebih mudah mencernanya.
  5. Memilih dialek yang tepat. Britania Raya dan Amerika Utara memiliki banyak pengarang hebat yang karya-karyanya menjadi best seller di seluruh dunia. Namun kedua wilayah tersebut memiliki bahas Inggris yang sedikit berbeda. Jadi kamu harus bisa menyesuaikan bacaan kamu, apakah American English atau British English.
  6. Pertimbangkan genre novel yang kamu baca. Beberapa genre yang menggunakan latar belakang dunia modern umumnya akan lebih mudah dicerna karena ada banyak kesamaan dengan kehidupan kita sehari-hari. Jika ingin membaca genre science-fiction atau fantasy, bersiaplah dengan banyak istilah baru yang mungkin akan membingungkan untuk pemula.

Rekomendasi Novel untuk Belajar Bahasa Inggris

1. Buku Anak Berbahasa Inggris untuk Pemula

Jika kamu benar-benar pemula namun bersemangat untuk belajar bahasa Inggris dari novel, pilihan yang paling tepat adalah memulainya dari yang paling mudah dulu. Dan novel apalagi yang paling sederhana selain buku cerita khusus anak-anak.

Tidak perlu malu ataupun gengsi karena tidak ada yang salah dengan membaca cerita untuk anak kecil!

Buku-buku cerita tersebut umumnya dibuat dengan kata-kata sederhana yang mudah dimengerti. Selain itu ceritanya juga tidak terlalu panjang sehingga bisa kamu habiskan dengan cepat. Lagipula beberapa cerita anak memiliki plot yang cukup seru dan sudah banyak diterjemahkan ke bahasa Indonesia bila kamu butuh referensi.

Jika kamu ingin memulai dari bawah, berikut adalah rekomendasi novel anak untuk belajar bahasa inggris,

Hans Christian Andersen

Buku-buku karangan Hans Christian Andersen bisa jadi bacaan pertama kamu yang mau belajar bahasa Inggris. Pengarang asal Denmark ini jadi salah satu tokoh terkenal yang menghasilkan banyak karya seperti The Little Mermaid, The Snow Queen, Thumbelina, dan masih banyak lagi. Karya-karya klasik yang ceritanya sudah kamu kenal mungkin tidak akan membuat kamu kesulitan untuk belajar bahasa Inggris dari novel

Roald Dahl

Buku-buku karangan Roald Dahl bisa jadi rekomendasi novel untuk belajar bahasa inggris

Sama seperti Andersen, Roald Dahl juga jadi pengarang buku anak yang karyanya sudah sangat mendunia. Banyak dari ceritanya bahkan sudah diangkat ke layar lebar seperti Charlie and the Chocolate Factory, Matilda, atau The BFG.

Meski banyak ditujukan untuk anak kecil, cerita yang dibuat Roald Dahl tetap seru untuk dinikmati orang dewasa. Buku-buku karyanya bisa jadi bahan untuk belajar bahasa Inggris yang baik, terutama untuk kamu yang senang dengan cerita fantasy dan petualangan.

Rekomendasi buku anak berbahasa Inggris lainnya

Selain kedua pengarang di atas, kamu juga bisa menikmati buku anak berbahasa Inggris lainnya seperti:

  • Ballet Shoes karya Nole Streatfeild,
  • The Lorax karya Dr. Seuss,
  • Where the Wild Things Are karya Maurice Sendak,
  • Charlotte’s web karya E.B White,
  • Coraline karya Neil Gaiman.
  • Peter Pan karya J.M. Barrie

2. Buku Seri Anak Berbahasa Inggris

Buku seri anak yang masuk dalam kategori young adult (YA) jadi buku yang paling pas buat pemula yang ingin belajar bahasa Inggris. Ada beberapa faktor penting kenapa novel YA cocok untuk belajar bahasa Inggris, misalnya.

  • Banyak buku seri YA dimulai dengan bahasa sederhana yang sesuai dengan target pembaca mereka. Namun seiring berkembangnya cerita, buku di akhir seri umumnya lebih berkembang dan diceritakan dengan bahasa yang lebih kompleks.
  • Banyak buku-buku YA yang masuk dalam daftar best seller dan tidak sulit untuk mencari versi asli serta terjemahannya. Kamu bahkan bisa menemukan beberapa buku dalam kategori YA yang sudah dibuat versi film-nya.
  • Buku-buku YA memiliki lebih banyak kategori dan punya plot seru yang bahkan bisa dinikmati oleh orang dewasa sekalipun.

Jika kamu ingin membaca novel YA untuk belajar Bahasa Inggris, kamu bisa coba melihat beberapa rekomendasi berikut ini.

Harry Potter karya J. K. Rowling

Seri Harry Potter rasanya tidak perlu lagi dijelaskan panjang lebar. Orang yang belum membaca buku-buku Harry Potter bahkan akan mengenali dengan mudah tokoh sihir muda tersebut.

Karena ditargetkan untuk pembaca usia remaja dan di bawahnya, novel Harry Potter dimulai dari bahasa yang sederhana (meski beberapa istilah dalam british mungkin akan sedikit menyulitkan). Namun seiring perkembangan tokoh utamanya, ceritanya menjadi lebih kompleks dan cocok untuk kamu yang sedang belajar Bahasa Inggris lewat novel.

Seri Harry Potter jadi novel berbahasa inggris yang cocok untuk pemula

Divergent Trilogy karya Veronica Roth

Karya lain yang bisa jadi referensi kamu dalam belajar Bahasa Inggris adalah Divergent Trilofy karya Veronica Roth. Berlatar belakang kota Chicago pasca bencana besar, setiap warga kini terbagi-bagi menjadi beberapa faksi. Namun ketika tokoh itama Tris tidak mendapati dirinya tidak berada di faksi manapun, ia pun berusaha membuat pilihannya sendiri yang pada akhirnya mempengaruhi orang-orang lain di sekitarnya.

The Hunger Games Trilogy karya Suzanne Collins

The Hunger Games Trilogy karya Suzanne Collins juga bisa jadi novel yang pas untuk belajar bahasa Inggris mengingat tidak sulit untuk mencari terjemahannya, bahkan novel tersebut sudah diadopsi dalam bentuk film.

Ceritanya dimulai ketika pemerintah Panem mengirimkan 12 anak untuk berpartisipasi dalam acara televisi ang brutal. Tidak ingin adiknya terlibat, Katniss pun secara sukarela menggantikan tempatnya dalam acara tersebut. Dikemas dengan bahasa yang sederhana, The Hunger Games memiliki alur cerita yang seru dan pasti bisa membuat kamu lebih tertarik untuk belajar bahasa Inggris.

To All the Boys I’ve Loved Before karya Jenny Han

Jika kamu ingin cerita yang lebih santai, kamu bisa membaca novel To All the Boys I’ve Loved Before karya Jenny Han yang telah diadopsi dalam bentuk film oleh Netflix. Pada buku ini terdapat tokoh bernama Lara Jean yang menulis surat cinta untuk semua lelaki yang pernah dicintainya. Sayang surat yang seharusnya rahasia itu justru terkirim kepada semua lelaki tersebut. Lara yang canggung pun mau tidak mau harus menghadapi masalah yang mungkin menjadi berkah tersendiri untuknya.

Rekomendasi buku young adult berbahasa Inggris lainnya

Selain buku-buku di atas, kamu juga bisa membaca novel young adult lainnya seperti

  • Ender’s Game karya Orson Scott Card
  • The Fault in Our Stars karya John Green
  • The Perks of Being a Wallflower karya Stephen Chbosky

3. Novel Klasik

Novel lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk belajar bahasa Inggris adalah beberapa novel atau literatur klasik. Tidak hanya memberikan kamu bacaan menarik, beberapa karya klasik juga bisa memberi kamu gambaran mengenai pola hidup masyarakat di sebuah era tertentu.

Buku klasik seperti seri Sherlock Holmes jadi rekomendasi novel untuk belajar bahasa inggris yang pas untuk pemula

Dalam kaitannya dengan belajar bahasa Inggris, kebanyakan novel-novel klasik sudah dibacakan dalam bentuk audiobook sehingga kamu juga bisa melatih telinga kamu dalam menangkap kata-kata asing. Tidak cuma itu, material seputar novel klasik pun sangat mudah didapat dan kebanyakan gratis.

Jika kamu ingin belajar dari novel-novel klasik, kamu bisa membaca beberapa judul buku sebagai berikut.

  • Frankenstein karya Mary Shelley
  • The Hound of the Baskervilles karya Arthur Conan Doyle
  • The Picture of Dorian Gray karya Oscar Wilde
  • Old Man and the Sea karya Ernest Hemingway
  • Moby Dick karya Herman Melville

Itulah dia beberapa rekomendasi novel yang cocok untuk belajar bahasa Inggris. Tergantung level bahasa Inggris kamu, tidak ada salahnya untuk memulai dari bacaan anak terlebih dahulu sebelum melahap buku-buku untuk remaja. Jika kamu sudah mengerti 90% isi buku tersebut, kamu bisa coba membaca buku dengan genre fantasi atau science fiction yang biasanya ditulis dengan bahasa yang tidak umum untuk menambah kosakata bahasa Inggris kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.