obat obatan yang penting dibawa saat traveling
Traveling

8 Obat-Obatan yang Penting Dibawa Saat Traveling

Obat-obatan menjadi salah satu hal yang dilewatkan saat akan mempersiapkan bekal untuk traveling. Padahal hal ini sangat penting, apalagi jika kita ingin bepergian ke tempat baru atau ke wisata alam yang jauh dari apotik.

Namun dengan banyaknya jenis obat yang ada di pasaran, pasti bingung dong obat-obatan apa saja yang harus dibawa saat traveling?

Nah, buat kamu yang ingin bepergian, berikut adalah daftar obat yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibawa agar perjalananmu lebih aman dan nyaman.

1. Obat-Obatan Pribadi

Jika kamu sedang dalam pengobatan, obat pertama yang harus dibawa adalah obat-obat pribadimu. Dan bila kamu ingin bepergian dalam waktu lama, pastikan kamu memiliki stok yang cukup atau meminta resep tambahan agar kamu bisa menebusnya di tempat tujuan.

2. Obat Mabuk Perjalanan

Bagi yang mabuk perjalanan, bepergian jauh menggunakan bus, kereta, kapal laut, dan pesawat pasti akan sangat menyiksa. Nah, agar perjalanan lebih nyaman dan menyenangkan, jangan lupa untuk menyediakan obat untuk mengatasi mabuk perjalanan seperti hyoscine atau scopolamine.

3. Obat Panas dan Pereda Nyeri

Dengan waktu kunjungan yang terbatas, mencoba berbagai aktivitas baru di tempat tujuan tentu jadi hal pertama yang harus dilakukan traveler.

Namun sayang tubuh yang lelah seringkali membuat kita mudah terkena penyakit seperti demam atau nyeri kepala (pusing). Belum lagi jika rute perjalanan kita terlalu jauh atau muncul kendala saat bepergian, akan sangat menyulitkan jika kita sedang dalam kondisi sakit kepala bukan?

Untuk mencegah hal ini, kita bisa menyiapkan obat demam dan sakit kepala sebelum berangkat seperti parasetamol atau ibuprofen.

4. Obat Flu dan Batuk

Bila kota atau negara yang kamu kunjungi memiliki cuaca atau iklim yang berbeda, obat flu dan batuk jadi obat yang wajib kamu siapkan sebelum traveling.

Dengan suhu yang berbeda, ada kemungkinan tubuh akan sulit untuk beradaptasi dengan cepat. Hal ini bisa memicu penyakit flu dan batuk yang akan sangat menggangu momen perjalananmu. Jadi bawalah obat flu dan batuk yang sering dikonsumsi agar kamu bisa mengurangi rasa sakitnya.

5. Obat Maag

obat maag dan obat diare harus dibawa saat traveling untuk mencegah gangguan saluran pencernaan

Penderita penyakit lambung wajib membawa obat maag saat bepergian. Jadi jika maag kambuh di tengah perjalanan, kamu bisa dengan cepat meredakan rasa nyeri pada lambung.

Bawalah obat maag yang biasa dikonsumsi. Sebagai alternatif, sediakan obat seperti ranitidine atau tablet mag kunyah.

6. Obat Diare

Bepergian ke tempat baru rasanya belum lengkap tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut. Sayang rasa yang berbeda dan tidak biasa seringkali menyebabkan masalah pada saluran pencernaan.

Karena itulah, sediakan obat diare seperti attapulgite untuk orang dewasa atau zink dan lactobasillus untuk anak kecil. Selain itu konsumsilah banyak air putih untuk membantu membuang racun yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi.

7. Obat Alergi

Gatal akibat alergi jadi hal yang sangat tidak menyenangkan, apalagi jika terjadi saat kita sedang liburan dan bersenang-senang. Makanya, kamu harus selalu waspada jika kamu memiliki alergi khusus terhadap beberapa jenis makanan, debu, dan hal lainnya.

Jika kamu memiliki alergi tertentu, jangan lupa untuk menyiapkan obat alergi seperti loratadine atau Klorfeniramin maleat. Dan satu hal yang tak kalah penting, hindari pemicu alergi sebisa mungkin.

8. Vitamin

Agar kamu tetap fit dan sehat selama bepergian, jangan lupa juga untuk membawa suplemen kesehatan seperti vitamin C. Namun jika kamu tidak membawanya juga tidak masalah karena vitamin cukup mudah ditemukan di berbagai tempat.


Nah, itu dia daftar obat yang penting dibawa saat traveling. Selain, beberapa obat di atas, kamu juga mungkin perlu memperimbangkan beberapa item berikut ini, terutama jika kamu melakukan traveling outdoor seperti camping atau hiking.

  • Hand sanitizer
  • Lotion anti nyamuk
  • Plaster luka
  • Obat Antiseptik / Alkohol
  • Tabir surya (sunscreen)
  • Minyak kayu putih

Jika kamu bepergian ke luar negeri, pastikan cek terlebih dahulu ke kedutaan besar negara yang akan didatangi untuk mengetahui jenis obat-obatan yang boleh dibawa.

One thought on “8 Obat-Obatan yang Penting Dibawa Saat Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *