olahraga yang bisa dilakukan di kantor tanpa peralatan gym
Produktivitas

7 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kantor dengan Mudah

Kesehatan jadi salah satu faktor penting dalam menunjang produktivitas kerja. Kebayang kan kalau pekerjaan harus dilakukan dalam kondisi yang tidak fit?

Sayangnya waktu yang sempit seringkali membuat kita sulit untuk mencari waktu untuk berolahraga. Apalagi bagi para karyawan yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil di rumah.

Meski begitu hal ini harusnya tidak menjadi halangan bagi kita untuk bisa berolahraga dan menyehatkan badan. Untuk melakukannya, ada beberapa tips menarik agar kamu bisa berolahraga di tempat kerja menggunakan meja dan kursi kantor.

Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Kerja

1. Chair Dips

latihan fitness menggunakan peralatan kursi kantor

Olahraga ringan ini bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan kursi kerja saja. Chair Dips akan membantu melatih otot tricep, otot dada, serta otot bahu.

Untuk melakukannya, kita hanya perlu meletakan kursi di belakang kita. Setelah itu pegang ujung tempat duduk dengan tangan lalu tekuk lutut menyerupai posisi duduk.

Setelah itu cobalah naik dan turun selama beberapa kali.

2. Push Up

Olahraga selanjutnya yang bisa dilakukan dengan mudah di tempat kerja adalah push up. Tidak perlu melakukannya di lantai, kamu bisa melakukan push up yang lebih ringan dengan menyenderkan badan pada meja kerja. Pastikan badan dan kaki dalam keadaan lurus lalu angkat dan turunkan badan selama beberapa kali.

Dengan olahraga ini, kamu bisa melatih beberapa bagian tubuh sekaligus mulai dari otot tangan, perut, dan paha.

3. Leg Raises

olahraga di tempat kerja untuk melatih otot perut dan paha

Sama seperti sebelumnya, kita hanya memerlukan kursi kerja saja untuk melakukan chair raises. Dengan olahraga ini, kita bisa melatih otot paha serta beberapa bagian otot perut.

Untuk melakukannya, duduk pada kursi kerja lalu angkat kedua kaki secara bersama-sama. Agar tubuh tetap tegak, kamu bisa berpegangan pada bagian bawah kursi.

Setelah itu gerakan kaki naik-turun secara perlahan. Ulangi beberapa kali sesuai kemampuan.

4. Stair Climbing

Jika lokasi kantor kamu berada di lantai yang tidak terlalu tinggi dan bisa diakses menggunakan tangga, ini adalah situasi yang tepat untuk dimanfaatkan sebagai olahraga.

Olahraga stair climbing sendiri termasuk salah satu olahraga kardio yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu kamu juga bisa melatih beragam otot kaki dan membuatnya lebih kuat.

Jika kamu butuh olahraga yang lebih berat, kamu bisa coba menaiki dua anak tangga sekaligus.

5. High Knees

Olaraga high knees bisa jadi alternatif jika kamu ingin olahraga kardio namun tidak memiliki tangga di kantor.

High knees sendiri tidak jauh berbeda dengan berlari/jalan di tempat. Bedanya, kamu hanya perlu mengangkat kaki hingga posisi lutut sama tingginya dengan posisi pinggul.

6. Wall Sits

olahraga mudah di kantor untuk melatih otot kaki

Gerakan olahraga selanjutnya lebih mudah karena bisa dilakukan di mana saja selama ada dinding. Jenis olahraga ini dapat digunakan untuk memperkuat otot-otot pada bagian kaki.

Untuk melakukannya, kita hanya perlu menyenderkan badan pada dinding dengan permukaan yang rata. Setelah itu turunkan badan hingga lutut tertetuk. Tahan selama 60 detik, setelah itu bangun kembali.

7. Calf Raises

Olahraga terakhir yang bisa kamu lakukan di tempat kerja adalah calf raises. Dengan olahraga ini kamu bisa melatih otot betis dan membuat kakimu tampak bagus.

Untuk melakukannya, cukup lakukan gerakan turun naik dengan mengangkat dan menurunkan tumit. Lakukan hal ini beberapa kali dengan interval tertentu selama beberapa menit.


Itu dia beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah di tempat kerja tanpa perlu menggunakan peralatan selain benda-benda yang ada di kantor. Tidak hanya menyehatkan badan, olahraga teratur juga bisa jadi salah satu cara mengatasi stres kerja yang bisa diandalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *