oli mobil matic terbaik
Otomotif

5 Rekomendasi Oli Transmisi Mobil Matic Terbaik

Oli transmisi jadi salah satu komponen penting yang memastikan bagian mobil tersebut agar berjalan dengan optimal dan menjaga suhunya agar tetap normal. Setiap oli dirancang untuk segala kebutuhan dan tergantung pada jenis mobil yang digunakan.

Meski sama-sama oli, mobil matic dan mobil dengan transmisi manual memiliki oli khusus mereka masing-masing. Oli mobil matic umumnya lebih encer untuk mempermudah gerakan poros transmisi. Penggunanan oli biasa yang lebih kental akan membuat kinerjanya menjadi berat dan lama-kelamaan dapat merusak komponen mobil matic tersebut.

Jika kamu melakukan servis di bengkel, maka pilihan oli tidak perlu dipusingkan. Tapi jika kamu berencana untuk mengganti oli mobil sendiri, berikut adalah beberapa rekomendasi oli transmisi mobil matic terbaik yang bisa kamu beli.

1. Shell Spirax S3 ATF MD3

Rekomendasi oli mobil matic terbaik pertama adalah Shell Spirax S3 ATF MD3. Tidak hanya pada mobil matic, oli ini juga bisa digunakan untuk kendaraan besar untuk keperluan heavy duty hingga power steering units.

oli mobil matic shell spirax s3 atf md3

Pelumas ini merupakan cairan premium khusus mobil matic yang dibuat dengan kombinasi oli mineral dengan tingkat kekentalan yang tinggi serta zat aditif pilihan. Oli ini akan cocok untuk kendaraan yang menggunakan pelumas standard GM Dexron III, Ford Mercon atau Allison C-4 serta JASO 1-A dan 2A-02 1A untuk kendaraan Jepang dan Asia

Pelumas ini berfungsi untuk menyediakan sistem transmisi yang konsisten, mulus, tangguh, dan bebas masalah. Selain itu oli ini juga bisa memperpanjang usia komponen dan membuat transmisi otomatis tetap bersih.

2. Castrol Magnatec 10W-40

Rekomendasi oli transmisi mobil matic berikutnya adalah Castrol Magnatec 10W-40 yang cocok digunakan untuk semua jenis mobil, baik bensin maupun diesel. Oli berbahan dasar sintetik ini dikombinasikan dengan molekul pintar yang dapat memberikan perlindungan sejak mesin dihidupkan hingga saat melaju dalam kondisi dan suhu apapun.

oli mobil matic castrol magnatec 10w-40

Dari pengujuan API SM (Seg IVA data), pelumas ini terbukti mampu mengurangi keausan komponen hingga 70%. Spesifikasi Oli Castrol Magnatec ini pun sudah memenuhi standar spesifikasi terkini API SN/CF dan cocok untuk semua jenis mobil, termasuk mobil sport dan mobil bertenaga besar lainnya.

3. Top 1 MV ATF

Berikutnya ada Top 1 MV ATF yang merupakan pelumas transmisi buatan Amerika Serikat. Cairan transmisi ini berbahan dasar sintetik dengan teknologi aditif terkini yang diformulasikan khusus untuk berbagai jenis kendaraan.

oli transmisi mobil matic top 1 mv atf

Beberapa keunggulan oli transmisi ini antara lain memperlancar perpindahan gigi, mengurangi mechanical loss untuk memberi tenaga maksimal pada kendaraan, serta memberi perlindungan terhadap panas dan korosi.

Dengan harganya yang sangat terjangkau, Top 1 MV ATF cocok untuk banyak kendaraan spesifikasi OEM Jepang seperti TOYOTA T-IV dengan sistem ATF SLIP LOCKUP , HONDA ATF Z-1, Mitsubishi SP-III dan JASO 1A.

4. Total Fluidmatic MV LV

Total Fluidmatic MV LV adalah oli transmisi khusus mobil matic yag dapat memberi perlindungan maksimal pada kendaraan dengan sistem transmisi otomatis. Tidak hanya untuk penggunaan normal, oli transmisi ini juga dapat dipakai di kondisi medan yang sulit.

oli transmisi matic total fluidmatic mv lv

Selain memperlancar perpindahan gigi, Total Fluidmatic MV LV juga dapat meredam hentakan pada saat memindahkan transmisi, melindungi komponen dari suhu tinggi, serta membantu memperlancar putaran berat pada penggunaan ekstrim.

5. Aisin CFEx CVT Fluid

Pilihan oli transmisi matic terbaik selanjutnya adalah Aisin CFEx CVT Fluid. Prouk ini adalah cairan transmisi berkualitas yang didesain khusus untuk mobil matik dan kompatibel dengan beragam merek mobil mulai dari Toyota, Nissan, Hionda, Daihatsu, Hyundai, dan masih banyak lagi.

Penggunaan oli transmisi Aisin CFEx dapat melindungi komponen transmisi dari gesekan, meningkatkan ketahanan pada suhu tinggi, serta memberi perlindungan agar sistem transmisi tidak cepat aus.


Itu dia beberapa pilihan oli transmisi mobil matic terbaik yang bisa kamu gunakan pada kendaraan dengan sistem transmisi otomatis. Menggunakan produk yang sesuai dengan spesifikasi kendaran akan membuat komponen lebih awet dan dapat bekerja dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *