pakai jam di tangan kanan atau kiri?
Men's Style

Pakai Jam di Tangan kanan atau Tangan Kiri?

Memilih untuk memakai jam tangan di tangan kanan atau tangan kiri seharusnya tidak perlu menjadi perdebatan karena pada dasarnya tidak ada masalah dengan keduanya.

Meski begitu ada aturan tidak tertulis bahwa jam lebih baik dipakaikan pada tangan yang tidak dominan. Jadi jika kamu kidal, kamu bisa menggunakan jam di tangan kanan.

Dengan melakukan hal ini, jam tangan akan lebih terlindungi dari benturan dan goresan dan akan aman dari kerusakan karena tangan yang tidak dominan akan lebih pasif dan jarang digunakan.

Meski begitu hal ini bukanlah pakem yang harus dituruti karena kebiasaan menggunakan jam tangan mungkin akan berbeda-beda tergantung situasi dan kondisinya.

Beberapa saat lalu kamu juga mungkin pernah membaca artikel mengenai kebiasaan salah satu jenderal TNI Wismoyo Arismundandar yang lebih senang menggunakan jam di tangan kanan meski beliau bukanlah orang kidal. Karena tangan kanan lebih sering digunakan, maka secara logika jam tangan akan lebih mudah diakses saat dikenakan di tangan kanan juga.

Pada akhirnya, kebiasaan beliau pun akhirnya banyak ditiru oleh banyak perwira TNI lainnya.

Satu kejadian unik mengenai pemakaian jam tangan lainnya juga terjadi di TNI AU.

Melansir tulisan dari intisari.grid.id, aturan tidak tertulis yang diberlakukan pada taruna AU untuk mengenakan jam tangan di sebelah kanan pada akhirnya membuat kebiasaan ini menjadi salah satu ciri khas TNI AU.

Perhatikan Ini Sebelum Memakai Jam di Tangan Kanan

Jika kamu ingin menggunaka jam di pergelangan tangan kanan, ada satu hal yang harus kamu perhatikan.

Produsen jam umumnya menempatkan sebuah tombol putar (crown) untuk mengatur waktu jam tangan. Karena 90% populasi dunia bertangan kanan, tombol ini biasanya diletakan di bagian kanan jam agar mudah diakses. Jika jam tangan diletakan di pergelangan tangan kanan, maka tangan kiri akan lebih sulit untuk menjangkaunya.

Untuk memudahkannya, kamu bisa mencari jam berkategori Destro. Destro sendiri berarti ‘kanan’ dalam bahasa italia. Jam ini sama pada jam pada umumnya, hanya saja tombol putar jam akan berada pada sebelah kiri jam sehingga akan cocok untuk pemakai jam di tangan kanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *