penyebab oli keluar dari selang pernafasan mobil
Otomotif

Penyebab Oli Keluar dari Selang Pernafasan Mesin

Oli sejatinya akan terus melekat pada komponen mesin dan menjaganya dari gesekan dan aus. Namun pada beberapa kasus, oli bisa keluar dari berbagai celah seperti selang pernafasan mesin.

Pada keadaan normal, selang pernafasan hanya berfungsi untuk mendorong gas dan udara lainnya dari dalam mesin. Namun saat ada masalah, oli juga bisa keluar dari selang pernafasan tersebut.

Hal ini tentunya menimbulkan banyak pertanyaan baru, seperti apakah oli mesin nantinya bisa naik ke filter udara? Hal ini mungkin saja terjadi bila oli ditambahkan melebihi kapasitas yang direkomendasikan sehingga beberapa tumpah ke filter udara dan membuat tarikan mesin menjadi lebih berat.

Jadi bila ada oli keluar dari selang pernafasan mesin, maka kamu patut curiga. Untuk mengatasinya, kamu bisa memeriksa beberapa penyebabnya terlebih dahulu.

1. Oli Mesin Terlalu Banyak

Setiap mesin memiliki takaran olinya masing-masing. Bila oli dituangkan dalam jumlah yang melebihi kapasitasnya, oli akan sulit untuk bersirkulasi dengan baik di dalam mesin. Salah satu efek yang ditimbulkannya adalah keluarnya sebagian oli tersebut dari selang pernafasan mesin.

Untuk mengatasinya, pastikan oli dituangkan sesuai dengan takaran yang direkomendasikan untuk masing-masing mesin. Bila ada oli tersisa, kamu bisa menyimpannya untuk keperluan lain dan tidak perlu memaksakan untuk mengisi semuanya ke dalam blok mesin.

Masing-masing mesin sendiri sudah memiliki indikator yang memudahkan kita saat menuangkan oli ke dalam mesin. Jadi pastikan jumlah oli tidak melebihi takaran yang terdapat pada alat ukur tersebut.

2. Oli Palsu

Selain jumlah yang tidak tepat, penyebab oli keluar dari selang pernafasan mesin lain yang cukup umum terjadi adalah akibat penggunaan oli palsu.

Oli palsu seringkali dibuat tidak sesuai dengan kebutuhan mesin sehingga dalam penggunaannya malah akan membawa masalah baru pada mesin kendaraan. Salah satu yang sering terjadi adalah bedanya tingkat kekentalan oli palsu dan asli.

Tingkat viskositas oli yang tidak sesuai tidak hanya membuat mesin cepat panas, tapi juga membuatnya mudah keluar dari selang pernafasan mesin.

3. Ring Piston yang Aus

Penyebab oli keluar dari selang pernafasan mesin lainnya adalah ausnya ring piston mesin. Hal ini bisa terjadi karena faktor umur atau penggunaan mesin di atas beban yang seharusnya.

Ring piston yang aus dapat menyebabkan beragam masalah pada mesin. Selain tenaga mesin yang berkurang, keausan pada ring piston juga bisa membuat oli keluar dari mesin karena tekanan kompresi hasil pembakaran tidak lagi mampu ditahan oleh ring piston tersebut.

Untuk mengatasinya, kamu harus mengganti ring piston sesegera mungkin untuk mencegah kebocoran oli lebih lanjut. Dan pastikan kamu menggunakan ring piston asli agar kinerjanya lebih optimal dan tidak lagi bermasalah dalam waktu dekat.

4. Kerusakan Pompa Oli

Penyebab oli bocor dan keluar lewat selang pernafasan mesin lainnya adalah karena adanya kerusakan pada pompa oli. Hal ini bisa terjadi karena beberapa kondisi seperti terpisahnya poros pompa dan poros engkol.

Untuk mengatahuinya, kita bisa melihat kondisi lampu indikator oli. Indikator ini menggunakan sensor tekanan oli pada rongga mesin dan akan menyala saat mendetekasi adanya perbedaaan tekanan normal di dalam kompartemen mesin tersebut.


Itu dia beberapa penyebab oli keluar dari selang pernafasan mesin yang bisa kamu periksa terlebih dahulu. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu akan lebih mudah dalam memperbaiki masalah tersebut sebelum bertambah parah dan merusak mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *