penyebab power bank meledak
Aksesoris HP

Apa Penyebab Powerbank Meledak?

Sama seperti peralatan elektronik lainnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan power bank meledak. Meski kejadiannya cukup jarang, hal ini tentu mengkhawatirkan mengingat ledakan yang terjadi dapat melukai pemilik powerbank.

Bila kita mencari di beberapa portal berita ternama di Indonesia, ada cukup banyak kasus di mana power bank meledak, entah saat digunakan untuk mengisi daya hape atau saat dibawa di bus atau pesawat.

Karena itulah, tidak heran bila semua maskapai mencantumkan peraturan ketat bila ingin membawa power bank ke atas pesawat. Selain membatasi daya power bank yang bisa dibawa, kita pun tidak bisa membawanya dalam jumlah banyak.

Lalu apa penyebab powerbank meledak? lalu apa saja yang bisa kita lakukan?

Penyebab Power Bank Meledak

1. Cacat Produksi

Satu hal yang menarik, tidak semua power bank yang meledak berasal dari brand-brand kelas bawah saja, tapi juga dari brand ternama. Ini artinya tidak ada powerbank yang sempurna karena power bank yang bagus sekalipun bisa juga bermasalah, meski kemungkinannya akan jauh lebih kecil.

Hal ini umumnya terjadi karena adanya cacat pada proses produksi sehingga komponen yang harusnya bekerja dengan baik malah tidak bekerja sama sekali dan menyebabkan kerusakan pada power bank.

2. Kesalahan Desain dan Build

Sama seperti barang elektronik pada umumnya, power bank juga harus melewati serangkaian test agar bisa mendapatkan cap aman. Mengingat bahayanya menyimpan daya dalam jumlah besar, seringkali produsen powerbank menyediakan beragam fitur keamanan mulai dari temperature control, overvoltage control, hingga surge protector.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, daya yang tersimpan pada powerbank dapat lebih terkontrol dan tidak membuat alat rusak meski terjadi overcharge. Pengurangan fitur tersebut tentunya akan mengurangi kinerja powerbank dan membuatnya lebih berisiko untuk meledak.

3. Penggunaan Baterai Berkualitas Rendah

Powerbank yang ada di pasaran umumnya menggunakan baterai lithium-ion atau lithium-polymer. Perbedaan baterai li-ion dan li-poly yang paling penting ada pada penggunaan elektrolit di mana baterai li-poly menggunakan bahan kimia berbentuk gel atau benda padat yang berpori. Meski diklaim lebih aman, penggunaan baterai lithium-polymer juga membuat harga powerbank menjadi lebih mahal.

Sayangnya masih ada juga produsen powerbank murahan yang malah tidak menggunakan keduanya untuk menekan harga jual powerbank. Beberapa produsen lainnya juga ada yang menggunakan baterai hasil recycle yang jelas masih kalah berkelas dibanding baterai baru.

Tidak hanya mempengaruhi kinerjanya, penggunaan baterai yang tidak berkualitas juga akan membuat powerbank lebih berisiko seperti mudah mengembung atau bahkan meledak dan membahayakan penggunanya.

4. Human Error

Faktor terpenting yang seringkali menjadi penyebab power bank meledak adalah kelalaian penggunanya.

Tidak jarang powerbank digunakan tidak semestinya seperti sering di-charge semalaman, digunakan hingga dayanya habis, atau meletakannya di tempat dengan suhu panas. Padahal hal semacam ini dapat merusak powerbank dan meningkatkan risiko penggunaannya, apalagi jika powerbank tidak dilengkapi dengan fitur proteksi yang cukup.

5. Benturan

Benturan akibat terjatuh atau terhantam benda lain juga bisa menjadi salah satu penyebab power bank meledak. Meski hal ini tidak akan terjadi secara langsung, benturan yang cukup fatal bisa saja membuat salah satu komponen powerbank rusak dan membuatnya cepat panas atau korslet.


Ada banyak penyebab power bank meledak. Bahkan jika powrbank tidak dibuang dengan benar, alat tersebut bisa saja meledak saat terkena cairan kimia lain atau terjemur lama di bawah sinar matahari.

Untuk mengurangi risiko ini, tidak ada salahnya berinvestasi pada powerbank yang menawarkan banyak fitur proteksi, apalagi jika kamu akan sering menggunakannya. Selain itu pastikan kamu menggunakannya secara benar dan tidak mendekatkan powerbank pada tempat bersuhu tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *