penyebab stres di tempat kerja yang membuat kita tidak produktif
Produktivitas

7 Penyebab Stress Kerja yang Perlu Diwaspadai

Stres adalah hal normal yang terjadi pada manusia saat ia menghadapi atau mengerjakan suatu hal yang membuatnya tidak nyaman. Stres bisa terjadi di mana saja mulai dari rumah hingga ke tempat kerja.

Saat muncul di tempat kerja, stres dapat mempengaruhi penampilan dan mood kita selama bekerja. Hal ini tentu akan berdampak langsung pada produktivitas yang menurun.

Untuk mengatasi stres kerja, kita perlu mengetahui dulu apa penyebab stres yang kita dapati di tempat kerja. Dengan begitu kamu bisa mencari solusi agar rasa stres berkurang atau malah hilang sepenuhnya dari tempat kerja kamu

Hal yang Menyebabkan Stres Kerja

1. Beban kerja yang tinggi

Setiap pekerjaan pasti menjadi beban yang harus diemban sesuai dengan tanggung jawab masing-masing pekerja. Jadi pastikan kamu bisa menyelesaikannya tepat waktu agar pekerjaan tidak menumpuk dan bertambah banyak.

Dan jika pekerjaan tampak terlalu berat, pecahlah tugas tersebut menjadi tugas-tugas kecil agar terasa lebih mudah untuk dikerjakan.

2. Melakukan pekerjaan di luar tanggung jawab kita

Setiap pekerjaan tentu memiliki beban kerja serta tanggung jawab masing-masing. Namun ada kalanya beban pekerjaan yang harus kita tanggung menjadi jauh lebih besar karena beberapa hal seperti bertambahnya tanggung jawab yang harus kita emban karena adanya pengembangan usaha dari tempat kerja, harus meng-cover pekerjaan rekan kerja kita yang berhalangan, dan lain sebagainya.

Hal-hal di luar tanggung jawab kita tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman karena kita harus melakukan pekerjaan yang sebenarnya bukan menjadi tanggung jawab kita. Jika terjadi terus-menerus, hal ini bisa saja menimbulkan stres, apalagi jika tidak ada kompensasi khusus untuk hal tersebut.

3. Deadline kerja yang ketat

Pernah lihat kenapa ada beberapa pekerjaan yang mencantumkan syarat “mampu bekerja di bawah tekanan.”

Meski sebagian hanya gimmick saja, tapi beberapa pekerjaan memang memiliki deadline kerja yang sangat ketat. Tidak hanya itu, kondisi ini juga seringkali terjadi secara terus menerus sehingga kita selalu bekerja dengan intensitas yang tinggi setiap harinya.

JIka kamu bukanlah tipe orang yang bisa bekerja dengan baik di bawah tekanan, maka hal ini bisa menimbulkan stres yang berlebihan. Jadi pastikan kamu sudha mengetahui deskripsi pekerjaan dengan baik sebelum melamar.

4. Konflik dengan atasan dan rekan kerja

Tempat kerja yang terdiri dari berbagai macam orang berpotensi untuk memunculkan gesekan sosial, terutama jika tempat kerja tidak bisa memberikan aturan yang jelas agar setiap pekerjanya bisa bekerja dalam kondisi yang ideal.

Konflik akibat gosip, perbedaan pandangan atau ketidakcocokan watak bisa saja terjadi dan menimbulkan masalah baru yang melah membuat stress. Tidak hanya bisa terjadi pada rekan kerja saja, konflik juga bisa muncul terhadap atasan kita yang bisa menimbulkan rasa stres yang lebih besar.

5. Terlalu perfeksionis

Sikap perfeksionis tidak selalu berdampak baik pada sebuah pekerjaan. Tidak jarang sikap ini malah justru menghambat pekerjaan karena orang yang perfeksionis akan selalu berusaha memperbaiki pekerjaannya hingga terlihat sempurna.

Hal ini tentu tidak masalah bagi beberapa jenis pekerjaan. Namun hal ini akan sulit dilakukan pada pekerjaan yang memiliki waktu deadline yang sangat mepet. Jika tidak bisa dikompromikan, sikap perfeksionis malah bisa membuat seseorang menjadi lebih stres dalam bekerja.

6. Status yang tidak jelas

Hal ini biasanya terjadi pada karyawan yang masih belum menjadi pegawai tetap. Kondisi stres biasanya akan muncul bila masa kontrak akan berakhir namun belum ada tanda-tanda diperpanjang atau diikat sebagai pegawai tetap. Dengan sulitnya mencari pekerjaan saat ini, hal ini malah bisa menjadi beban pikiran yang bisa membuat stres di tempat kerja.

7. Karir yang tidak berkembang

Umumnya jenjang karir seseorang akan terus naik selama ia bisa menampilkan performa yang baik saat menduduki posisinya saat ini. Namun tidak jarang promosi urung didapat meski kita sudah lama mengabdi dan menunjukan performa yang optimal. Hal ini tentu bisa menjadi penyebab stres di tempat kerja, apalagi jika posisi kita ternyata disalip oleh orang lain yang lebih terakhir masuk ke dalam tim.


Itu dia beberapa hal yang menjadi penyebab stres di tempat kerja. Dengan mengetahi penyebabnya, kita bisa melakukan pencegahan atau perbaikan yang dirasa perlu. Jika rasa stres berkurang, produktivitas kita pun akan meningkat dan kita bisa terus menampilkan performa terbaik saat bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *