perbedaan mobil mpv dan suv
Otomotif

6 Perbedaan Mobil MPV dan SUV

Saat membeli mobil keluarga berkapasitas besar, Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadi pilihan yang paling populer. Namun dengan tampilan yang hampir mirip, sekilas akan cukup sulit untuk melihat perbedaan mobil MPV dan SUV.

Makanya, jika masih bingung memilih antara mobil MPV atau SUV, simak dulu yuk beda keduanya agar tidak salah pilih!

Ini Dia Bedanya MPV dan SUV

1. Kapasitas Penumpang

Sepintas, baik MPV maupun SUV umumnya sama-sama dirancang dengan tiga baris kursi yang bisa menampung 7-8 orang penumpang.

Beda dengan SUV, kabin mobil MPV terasa lebih lega sehingga tidak akan terasa sesak saat diisi pada kapasitas maksimumnya. Hal ini tentu akan sangat berguna saat kita juga membawa banyak barang di dalam mobil.

2. Kapasitas Mesin

Selain kapasitas penumpang, kapasitas mesin juga jadi satu perbedaan mencolok antara mobil SUV dan MPV.

Karena SUV duperuntukan untuk melewati jalanan yang lebih menantang, mobil tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan mesin berkapasitas besar. Rata-rata mobil SUV sudah dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1500 cc atau lebih. Beda dengan mobil MPV yang kebanyakan menggunakan mesin berkapasitas 1500 cc ke bawah.

Meski begitu hal ini memiliki efek samping di mana mobil SUV menjadi lebih boros bahan bakar dibanding mobil MPV.

3. Sistem Penggerak

Hampir semua mobil MPV menggunakan sistem penggerak dua roda, baik roda depan maupun belakang. Selain sesuai dengan kebutuhan mereka, hal ini membuat mobil MPV lebih irit bensin.

Mobil SUV sendiri banyak menggunakan sistem penggerak 4 wheel drive (4WD), meski ada beberapa juga yang menggunakan sistem penggerak dua roda untuk menghemat bahan bakar.

Sistem penggerak 4WD membuat mobil SUV teras lebih bertenaga dan memiliki traksi yang baik saat digunakan di jalanan off road.

4. Bodi Mobil

Sesuai dengan tujuannya, mobil SUV dirancang agar dapat melalui berbagai macam medan yang akan sulit ditempuh dengan kendaraan biasa.

Karena itulah, mobil SUV memiliki struktur bodi mobil yang diposisikan di atas sasis. Hal ini membuat ground clearance atau jarank dari bodi ke tanah mobil SUV menjadi lebih tinggi.

Untuk mobil MPV sendiri dirancang agar memiliki kabin yang lebih tinggi sehingga rata-rata mobil tersebut memiliki ground clearance yang lebih rendah.

5. Profil Ban

Perbedaan SUV dan MPV lainnya adalah profil ban yang digunakan.

Karena SUV dibuat agar dapat melintasi jalan yang tidak biasa, mobil ini menggunakan pelek berukuran minimal 15 inci. Selain itu ban yang digunakan pun biasanya cukup tebal dengan alur kotak-kotak agar mobil tidak mudah tergelincir saat melalui jalanan basah, berlumpur, dan berpasir.

Mobil MPV juga banyak yang menggunakan pelek berukuran besar agar terlihat lebih kekar dan gagah. Namun untuk kelas low end biasanya masih menggunakan ban berukuran standar yang lebih tipis meski bisa menggunakan pelek besar.

6. Harga Mobil

Harga mobil sebenarnya tidak bisa langsung dibandingkan antara SUV dan MPV. Namun di pasaran, harga mobil SUV umumnya lebih mahal dibanding mobil MPV.

Selain karena adanya tambahan fitur pada mobil SUV, harga mobil MPV lebih murah karena memang mereka membidik pasar keluarga yang jauh memiliki lebih banyak pesaing dan peminat.

Meski begitu ada juga mobil MPV dengan harga selangit yang memiliki fitur-fitur premium yang tidak ditemukan pada mobil MPV standar.

SUV vs MPV, Bagus Mana?

Sama-sama bisa digunakan sebagi mobil keluarga, memilih antara SUV atau MPV bisa dilihat dari tujuan penggunanya.

Dengan bodi besar dan ground clearance yang tinggi, mobil SUV dirancang agar dapat melewati jalan raya maupun jalan dengan medan yang sulit. Cocok untuk kamu yang gemar berpetualang dan sering mengunjungi tempat yang sulit dijangkau dengan mobil biasa.

Sedangkan MPV dirancang dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Ground clearance yang rendah membuat mobil ini memiliki ukuran kabin yang lebih terasa luas dan bisa digunakan untuk menampung semua anggota keluarga.

Apapun pilihannya, baik SUV dan MPV sama-sama jadi mobil yang cocok untuk road trip dan traveling, pastikan saja kamu menyesuaikannya dengan kebutuhan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *