Otomotif

11 Perlengkapan Cuci Mobil Sendiri di Rumah

KisahBeruang.com – Menjaga kebersihan mobil adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua pemilik mobil. Bukan cuma bikin mobil kelihatan kinclong, membersihkan mobil secara berkala juga bisa membuat komponen mobil lebih awet.

Meski sepele, mencuci mobil tidak boleh sembarangan. Misalnya saja, sabun dan peralatan yang dipakai sebisa mungkin memakai produk khusus untuk mobil. Jika pakai yang biasa saja, mobil malah bisa terlihat kusam atau bahkan merusak cat mobil.

Agar lebih optimal, cuci mobil di pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik. Dnegan begitu kita bisa meminimalisir waterspot yang muncul saat mencuci mobil.

Nah, sebagai pelengkap, beberapa peralatan dan perlengkapan ini bisa bikin cuci mobil di rumah lebih mudah!

Peralatan dan Perlengkapan Cuci Mobil di Rumah

1. Kit Wash and Glow

Untuk mencuci mobil, sabun/shampoo yang kita gunakan tidak boleh sembarangan. Kadar PH yang terlalu tinggi dalam shampoo dapat membuat warna cat mobil menjadi kusam dan bahkan merusak lapisan cat jika terlalu sering digunakan.

Nah, salah satu produk khusus yang bisa digunakan untuk mencuci mobil adalah Kit Wash and Glow. Dengan PH yang lebih seimbang, produk ini lebih cocok digunakan untuk mencuci segala jenis cat mobil. Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki kandungan premium polymer yang bisa melindungi dan menjaga kilau cat mobil.

2. 3M Car Wash Soap

Selain Kit, merek yang menyediakan shampoo khusus mobil adalah 3M. Dan salah satu varian produk yang bisa kita pakai adalah 3M Car Wash Soap Gold Series.

Selain memiliki PH netral anti korosif yang aman untuk kendaraan, produk ini juga memiliki anti static agent yang bisa mencegah debu, kotoran, serta air agar tidak menempel pada permukaan car.

Selain itu produk ini juga dilengkapi dengan high gloss formula yang bisa membuat cat mobil tampak lebih berkilau.

3. Sponge Busa

Peralatan penting dalam mencuci mobil adalah sponge busa. Sponge yang baik tidak hanya bisa menyerap air dan menghasilkan banyak busa, tapi juga memiliki tekstur yang baik dan tidak membuat cat mobil menjadi lecet.

Saat ini ada banyak pilihan bisa cuci mobil mulai dari yang 10 ribun hingga di atas 50 ribu Rupiah. Saat memilih, pastikan saja busa berukuran cukup besar dan memiliki permukaan yang lembut.

4. Microfiber Wash Glove

Selain memakai sponge busa, kita juga bisa mencuci mobil menggunakan sarung tangan yang sudah dilapisi busa atau kain microfiber. Karena berbentuk sarung tangan, perlengkapan cuci mobil ini akan sangar baik dipakai mencuci bagian-bagian sulit.

5. Foldable Bucket

Saat mencuci secara manual, biasanya kita akan meletakan air yang sudah dicampur dengan shampoo pada sebuah ember. Nah, sebagai alternatif, sekarang ada lho ember lucu yang bisa dilipat.

Sama seperti ember biasa, foldable bucket ini bisa dipakai untuk menampung air seperti biasa. Jumlah air yang bisa ditampung pun cukup banyak, bisa 9-11 liter! Bedanya, ember ini bisa langsung dilipat setelah selesai digunakan.

6. Selang Magic X Hose

Buat yang pernah cuci mobil sendiri di rumah pasti tahu dong sulitnya mengatur selang saat menyiram mobil. Selain mudah melilit, kita juga harus bolak-balik untuk menyalakan atau mematikan keran sesuai kebutuhan.

Nah, biar tidak repot, salah satu peralatan penting yang bisa kita pakai adalah selang Magic X Hose. Dibuat dari bahan berkualitas, selang ini tidak akan mudah melilit atau terlipat saat digunakan. Selain itu selang ini berukuran pendek namun dapat memanjang saat ditarik.

Pada bagian ujungnya, terdapat gun sprayer yang dilengkapi dengan beberapa mode tertentu mulai dari jet shower, mist, hingga semprotan air berbentuk kerucut.

7. Pressure Washer

Buat yang ingin hasil yang lebih cepat seperti tempat cuci mobil pada umumnya, kamu bisa membeli pressure washer sendiri di rumah.

Dengan alat ini, air yang keluar akan jauh lebih kencang dan bisa digunakan lebih baik dalam membersihkan mobil dari noda. Selain itu proses membilas juga akan lebih mudah dan kotoran serta sisa sabun akan tersapu habis dalam sekejap.

8. Lap Chamois

Lap chamois, atau yang sering disebut Kanebo, adalah lap serbaguna yang harus kamu punya jika ingin mencuci mobil sendiri di rumah. Fungsi dari lap ini sendiri adalah untuk menghilangkan sisa-sisa air pada mobil agar tidak mengering dengan sendirinya dan menimbulkan bercak waterspot pada bodi mobil.

Beda dengan lap biasa, lap chamois memiliki tekstur yang lembuat dan aman untuk bodi serta kaca mobil. Selain itu daya serap airnya sangat baik dan dan bisa dikeringkan dengan lebih cepat.

9. Wax

Buat yang ingin tampilan mobilnya lebih berkilau, setelah selesai dicuci mobil bisa dipoles menggunakan wax. Tidak hanya membuat mobil tampak lebih keren, lapisan wax juga berfungsi sebagai lapisan perlindungan tambahan bagi cat mobil. Wax sendiri sebenarnya tidak perlu dilakukan setiap kali kita mencuci mobil. Cukup lakukan 2-3 bulan sekali saja tergantung pemakaian.

10. Mesin Poles Mobil

Buat yang sering pakai wax untuk mobil rasanya perlu juga punya alat polesnya sendiri. Dengan alat ini, proses waxing jadi lebih mudah dan tidak melelahkan. Mobil pun bisa terlihat lebih mengkilap. Dan jangan khawatir harganya akan mahal, karena alat ini lumayan bervariatif harganya mulai dari ratusan ribu saja.

11. Semir Ban

Perlengkapan cuci mobil terakhir di daftar ini adalah semir ban. Berbentuk wax atau spray, semir ban dapat membantu membersihkan ban, melindungi ban, serta memberikan kesan wet look pada ban.Pemakaiannya pun cukup mudah karena kita hanya perlu mengoleskan semir secara merata saja pada ban.


Nah, itu dia 11 peralatan dan perlengkapan untuk membantu kamu mencuci mobil sendiri di rumah. Kira-kira, mana nih perlengkapan yang belum kamu miliki?

You may also like

Comments are closed.

More in Otomotif