perlengkapan liburan musim dingin dan bersalju
Traveling

12 Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Liburan Musim Dingin

Sebagai negara tropis, Indonesia hanya memiliki dua musim saja sepanjang tahun. Hal ini tentu berbeda dengan negara sub-tropis atau negara-negara di belahan bumi bagian utara dan selatan yang memiliki lebih dari satu musim.

Di antara banyak musim lainnya, musim salju menjadi salah satu yang paling menarik untuk warga Indonesia. Selain sulit dijumpai, suasana bersalju yang sering muncul di film atau acara televisi tentu membuat kita penasaran.

Namun sebagai orang yang tidak terbiasa dengan cuaca bersalju, tentu akan sulit untuk mengetahui apa saja perlengkapan yang harus disiapkan jika kita berlibur di negara yang dingin.

Nah, jika kamu berencana untuk pergi ke Jepang, Korea, Eropa, atau negara lain di musim salju, berikut adalah beberapa perlengkapan yang harus kamu siapkan di kopermu.

1. Obat-Obatan

Salju datang dengan cuaca yang sangat dingin dan umumnya bisa berada di bawah nol derajat. Cuaca semacam ini tentu menjadi hal yang asing bagi tubuh kita yang lebih terbiasa terpapar sinar matahari yang panas. Makanya tidak jarang kita akan merasa sakit saat berada di tempat bersalju.

Karena itulah, obat-obatan jadi salah satu perlengkapan penting yang harus selalu dibawa saat bepergian.

Tidak hanya itu, beberapa orang yang sensitif biasanya akan menimbulkan reaksi alergi saat berada di cuaca dingin. Salah satu gejalanya adalah peradangan pada area sinus yang membuat pernapasan tersumbat. Untuk meredakannya, kamu bisa menggunakan obat semprot hitung atau dekongestan seperti Afrin yang bisa membantu melegakan pernapasan.

2. Long John

long john jadi perlengkapan liburan musim dingin yang penting agar tubuh tetap hangat

Long john bukanlah pakaian yang umum digunakan oleh orang Indonesia. Namun bagi mereka yang tinggal di negara yang dingin, pakaian ini jadi salah satu aksesoris wajib agar tidak mudah kedinginan.

Long john sendiri merupakan pakaian elastis yang berbentuk ketat dan menutupi hampir seluruh tubuh. Outfit ini berguna sebagai pakaian dalam yang berfungsi untuk menahan suhu tubuh agar tetap hangat. Jadi setelah memakai pakaian dalam, kamu menggunakan long john, lalu gunakan pakaian lain di atasnya.

3. Sweater

Perlengkapan liburan musim dingin selanjutnya adalah sweater. Sweater bisa digunakan setelah pakaian kamu untuk menghalangi dingin dan membuat tubuh tetap hangat. Agar lebih optimal, gunakan sweater yang menggunakan bahan wool atau fleece.

4. Jaket

Perlengkapan lain yang tidak boleh ketinggalan dibawa saat musim dingin adalah jaket atau coat. Dibandingkan sweater, jaket dapat melindungi kita lebih baik terhadap angin dan hujan ringan. Saat memilih, gunakan jaket dengan bahan yang hangan dan cukup tebal namun tidak membuat kita berkeringat.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa membawa long coat yang berukuran lebih panjang dari jaket biasa. Jadi tidak hanya bisa melindungi bagian atas tubuh, kamu juga bisa melindungi bagian bawahnya.

5. Syal

Jika jaket yang kamu gunakan tidak melindungi area leher, kamu perlu mempertimbangkan untuk membawa syal. Dengan menggunakan syal, leher akan terlindung dari udara dingin yang bisa menyebabkan flu.

6. Kupluk

Kepala juga jadi bagian tubuh yang tidak boleh lua dilindungi dari hawa dingin yang bisa menusuk tulang. Agar kepala lebih hangat, kamu bisa menggunakan kupluk berbahan wool. Saat memilih, ada baiknya membeli kupluk berukuran besar yang juga bisa menutupi telinga kamu.

7. Earmuff

gunakan earmuff agar telinga tidak kedinginan saat liburan musim dingin

Earmuff atau penutup telinga sering kali terlewatkan saat menyiapkan perlengkapan untuk liburan musim dingin. Padahal telinga bisa sangat sensitif terhadap suhu dingin dan membuat kita tidak nyaman. Jika topi atau kupluk yang kamu bawa tidak bisa melindungi bagian kuping, ada baiknya kamu menyiapkan penutup telinga sendiri.

8. Sarung Tangan

Tangan jadi bagian tubuh lain yang sangat sensitif terhadap dingin, makanya penting untuk selalu menggunakan sarung tangan, terutama ketika berada di luar ruangan.

Saat membelinya, kamu bisa memilih sarung tangan berbahan wool yang hangat, atau sarung tangan kulit yang lebih ringan dan tahan air. Pastikan saja kamu membawa lebih dari satu pasang karena perlengkapan ini seringkali terlupa saat kita melepasnya.

9. Kaos Kaki

Tidak hanya digunakan saat berada di luar ruangan, kaos kaki juga bisa jadi penyelamat kaki kamu saat tidur di negara bermusim dingin. Namun ingat untuk membawa cukup banyak kaos kaki karena meski dingin, kaki bisa berkeringat dan membuat kaos kaki bau.

10. Sepatu

Sepatu jadi aksesoris penting saat kita berliburan, apalagi jika kamu berencana untuk berkeliling dengan jalan kaki.

Jika ingin berlibur di musim dingin, tidak ada salahnya membawa sepatu boots. Selain membuat kaki tetap hangat, sepatu boots juga tangguh untuk dibawa ke segala medan dan tahan air.

Saat memilih, pastikan sepatu memiliki bantalan yang empuk agar kaki kamu tetap nyaman saat menggunakannya.

11. Heat Pack

hand warmer heat pack untuk menghangatkan tangan

Heat Pack atau Hand Warmer adalah benda yang mungkin pernah kamu lihat di drama Korea. Dengan bentuk yang mirip teh celup, benda ini dapat mengeluarkan panas yang bisa membuat tangan dan tubuh kita tetap hangat.

12. Pelembab

Udara kering di cuaca yang dingin dapat membuat kulit terasa kering. Tidak jarang udara dingin akan membuat kulit pecah dan membuatnya berdarah.

Untuk melindungi kulit, kita bisa membawa pelembab kulit saat bepergian ke negara yang memiliki musim dingin. Tidak hanya untuk kulit wajah saja, pastikan kamu juga membawa pelembab bibir agar bibir tidak kering dan pecah.


Nah, itulah beberapa perlengkapan yang harus kamu sediakan saat akan berlibur di musim dingin. Dengan perlengkapan yang tepat, kamu bisa menikmati liburan musim dingin tanpa merasakan kedinginan yang membuat kamu tidak nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *