Perlengkapan yang harus dibawa saat liburan ke pantai
Traveling

15 Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Pantai

Berlibur ke pantai jadi salah satu kegiatan seru yang bisa kamu lakukan, terutama di musim panas. Apalagi Indonesia sendiri tidak kekurangan pantai indah yang bisa kamu kunjungi di berbagai daerah.

Agar lebih seru, kamu bisa menyiapkan beberapa perlengkapan ke pantai agar liburan kamu makin nyaman. Meski beberapa bisa disewa atau dibeli di tempat tujuan, kamu juga bisa mempersiapkan beberapa perlengkapan untuk liburan ke pantai kamu sendiri dari rumah.

Perlengkapan Berlibur ke Pantai

1. Tabir Surya

Berlibur ke pantai umumnya lebih seru saat musim panas di mana langit sedang sangat cerah. Sayangnya terik sinar matahari bisa cukup menyengat dan tidak jarang membakar kulitmu.

Agar kulit bisa lebih terlindungi, tabir surya atau sunscreen jadi barang yang harus dibawa saat liburan ke pantai. Pelindung anti UV ini bisa kamu oleskan ke beberapa bagian yang tidak terlindungi pakaian seperi muka, leher, tangan, dan area tubuh lainnya. Supaya lebih efektif, pastikan kamu menggunakan sunblock 20-30 menit sebelum bermain di pantai.

2. Topi & Kacamata Hitam

Barang lain yang juga penting untuk dibawa ke pantai adalah topi dan kacamata hitam. Tidak hanya membuat kamu tampil lebih trendy, keduanya juga bisa melindungi kamu dari sengatan sinar matahari dan membuat pandangan kamu tidak silau saat berada di pantai.

3. Perlengkapan Renang dan Menyelam

Berlibur ke pantai tentu tidak akan lengkap tanpa bermain di air seperti berenang, menyelam, atau permainan air lainnya bukan?

Jika kamu berencana untuk menikmati kegiatan tersebut, pastikan kamu juga sudah membawa perlengkapan yang dibutuhkan. Meski beberapa perlengkapan berenang dan menyelam bisa disewa di tempat tujuan, membawanya sendiri bisa jadi opsi agar kamu lebih leluasa saat bermain di laut.

4. Perlengkapan Mandi

Meski sama-sama air, bukan berarti kamu bisa langsung mengganti pakaian bersih setelah selesai bermain di laut. Kamu tetap perlu mandi dan membersihkan diri terlebih dahulu setelah berendam di pantai.

Agar kamu bisa melakukannya, perlengkapan mandi seperi sabun dan handuk mandi jadi barang bawaan liburan ke pantai yang tidak boleh ketinggalan.

Satu hal lagi, udara yang panas dan air laut dapat membuat rambut kamu kering dan mudah rusak. Jadi pastikan kamu juga tidak lupa membawa sampo dari rumah. Akan lebih baik lagi jika kamu juga membawa kondisioner rambut untuk mengembalikan kelembaban alami rambut kamu.

5. Sandal Jepit Karet

Sandal jepit karet jadi alas kaki yang paling pas untuk dibawa liburan ke pantai. Selain mampu melindungi kaki dengan baik, sandal jepit karet juga tahan air dan mudah untuk disimpan di dalam tas. Jadi daripada merusak sandal kulit atau sepatu kamu, ada baiknya kamu mempersiapkan sandal jepit karet saat berlibur ke pantai.

6. Dry Bag

Dry bag jadi perlengkapan berlibur ke pantai yang bisa dipakai untuk membawa baju kotor dan basah

Dry bag merupakan tas waterproof yang memastikan barang bawaan kamu tetap kering saat melakukan aktivitas outdoor seperti memancing, hiking, surfing, atau sekedar liburan di pantai.

Ukurannya yang ringkas memastikan tas ini dapat kamu sempilkan dengan mudah di kendaraan. Tidak hanya itu, bahannya yang tahan air juga membuat dry bag cocok untuk menyimpan baji yang basah setelah bermain-main di pantai.

7. Kantong Plastik

Jika kamu tidak memiliki dry bag, cara paling mudah untuk menyimpan baju-baju basah dan kotor kamu adalah dengan menggunakan kantung plastik biasa. Selain itu kamu juga bisa membawa kantung plastik tambahan untuk membuang sampah makanan kamu sendiri. Jadi kamu tidak perlu bingung bila tidak menemukan tempat sampah di pantai yang kamu kunjungi.

8. Tikar/Beach Mat

Bila kamu mau liburan ke pantai sambil berpiknik ria, maka alas duduk seperti tikar jadi barang yang tidak boleh ketinggalan. Namun dibanding tikar biasa, kamu akan jauh lebih nyaman bila membawa tikar khusus pantai (beach mat).

Selain lebih enak digunakan sebagai alas untuk berjemur, beach mat juga memiliki bahan yang tahan air dan bisa dibersihkan dari pasir pantai dengan mudah. Bentuknya pun lebih praktis dan tidak memakan tempat saat dibawa bepergian.

9. Waterproof/Underwater Phone Case

Underwater phone case jadi barang yang harus dibawa saat liburan ke pantai untuk berenang

Liburan pastinya kurang seru tanpa membawa hp untuk mengabadikan semua momennya. Sayangnya pantai dan air laut bukan hal yang sangat bersahabat dengan gadget-gadget kamu.

Supaya kamu tetap bisa menggunakan smartphone dengan leluasa di pantai, kamu bisa membawa waterproof atau underwater phone case yang bisa digunakan untuk melindungi hp kamu, bahkan saat dibawa menyelam.

Tidak hanya melindungi hp, kamu juga bisa menggunakan perlengkapan ini sebagai dompet kecil untuk menyimpan tiket, uang kecil, atau kartu debit kamu.

10. Kipas Portabel

Berada di tepi pantai bisa cukup panas, terutama menjelang siang hari. Terkadang hembusan angin pantai atau berteduh saja belum cukup untuk mengusir hawa panas tersebut. Bila kamu mudah kegerahan, kamu bisa membawa kipas portable yang bisa dibawa ke mana-mana. Beberapa kipas portable tangan memiliki kapasitas baterai cukup besar yang mampu bekerja selama beberapa jam.

11. Camilan

Meningat harga makanan di tempat wisata bisa cukup mahal, kamu bisa mempertimbangkan untuk membawa camilan kamu sendiri dari rumah. Dengan begitu kamu bisa menghemat pengeluaran dan memakainya untuk menikmati lebih banyak wahana di pantai.

12. Cooler Bag

Jika kamu membawa makanan hangat atau minuman dingin, cooler bag jadi salah satu perlengkapan liburan ke pantai yang bisa kamu persiapkan.

Berbeda dengan tas biasa, cooler bag memiliki lapisan insulasi dari alumunium yang mampu menjaga suhu di dalam tas tersebut. Dengan begitu makanan dan minuman yang kamu bawa akan tetap hangat atau dingin dalam waktu yang lebih lama.

Bila kamu menggunakannya untuk membawa minuman dingin, kamu juga bisa menambahkan kantong ice pack dari gel yang mampu menyimpan dingin tanpa membuat isi tas kamu menjadi basah.

13. Baju Atasan/Outer

Baju luaran jadi perlengkapan yang bisa dibawa saat piknik ke pantai rekreasi

Bagi perempuan yang menggunakan bikini saat berlibur ke pantai, baju atasan, outer atau penutup bikini bisa jadi perlengkapan yang bisa dibawa. Dengan baju tersebut, kamu bisa tampak lebih modis saat berjalan-jalan di tepi pantai. Kamu pun tidak perlu repot gonta-ganti baju saat berenang dan bepergian di sekeliling pantai.

14. Mainan Cetakan Pasir

BIla membawa anak kecil, membawa mainan cetakan pasir bisa membuat mereka tetap sibuk di pantai saat rekreasi. Tidak cuma mereka, kamu pun mungkin bisa menemukan kesenangan tersendiri saat membentuk pasir-pasir pantai menjadi sebuah karya yang mengagumkan.

15. P3K

Perlengkapan untuk liburan ke pantai yang terakhir adalah kotak P3K. Paling tidak kamu membawa plester luka untuk menutup luka sementara sampai kamu menemukan tempat pengobatan di sekitar pantai.


Jika kamu masih bingung apa saja yang harus dibawa saat liburan ke pantai, daftar di atas bisa jadi panduanmu. Dengan membawa perlengkapan yang tepat, rekreasi di pantai akan terasa lebih nyaman dan bisa berjalan lancar sesuai rencana kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *