podcast inspiratif berisi tema pengembangan diri yang bisa menambah wawasan
Produktivitas

10 Podcast Pengembangan Diri yang Inspiratif dan Menambah Wawasan

Mendengarkan podcast bisa jadi hal produktif yang bisa kamu lakukan di waktu luang. Tidak melulu membahas hiburan, kini ada banyak podcast yang hadir dengan tema pengembangan diri yang pastinya inspiratif dan menambah wawasan.

Podcast sendiri awalnya lebih terkenal di luar negeri, namun kini ada cukup banyak podcast lokal yang juga dikemas secara profesional dan penuh topik menarik.

Nah, jika kamu butuh rekomendasi podcast yang bisa menambah wawasan kamu di kala senggang, beberapa podcast ini patut kamu coba!

1. Sudut Pandang

Sudut pandang adalah podcast yang dibawakan oleh Aria Notharia yang kebanyakan membahas fenomena yang banyak terjadi di kalangan generasi milenial. Dengan monolog yang menarik, Sudut Pandang dapat memberikan kamu sebuah persepsi baru mengenai sebuah kejadian.

Pada podcast ini terdapat beberapa bahasan menarik seperti “Memori yang Terkontaminasi” yang membahas mengenai memori yang terkadang bisa menjebak kita., “Bacot as Survival Kit” yang membahas skill yang terkesan negatif tersebut sebagai alat untuk bertahan hidup, serta “Quarter Life Crisis” yang membahas impian dan realitanya.

2. Subjective

Podcast menarik selanjutnya adalah Subjective yang dibawakan oleh Iqbal Hariadi. Pada podcast ini kamu bisa mendengarkan lebih dari 100 episode yang membahas beragam topik seputar anak muda mulai dari self-development, karir, atau berkarya di era digital.

Tidak jarang podcast ini juga melakukan interview dan memberikan kisah inspiratif yang nantinya akan dibahas dari sudut pandang podcaster. Sebagai contoh, ada kisah menarik dari pasangan yuyus dan Yuzy yang sama-sama berhasil mendapatkan beasiswa S2 & S3 di Jepang. Simak juga obrolan dengan Indraka Fadillah, COO Aruna.id yang berhasil mengelola bisnis perikanan dan membantu ribuan nelayan di Indonesia.

3. Finfolk Podcash

Bayangkan kalau kamu sedang bersantai di minggu siang bersama seorang teman yang bisa memberikan kamu ide brilian seputar uang dan investasi. Dijamin hari kamu akan jauh lebih berarti bukan?

Hal inilah yang ingin coba disampaikan Finfolk melalui podcast mereka. Dengan konsep ‘rethinking money’, podcast ini akan cocok untuk kamu yang ingin belajar mengelola keuangan pribadi dan menginvestasikan uang melalui saham, kripto, obligasi, dan beragam instrumen investasi potensial lainnya.

4. Thirty Days of Lunch

Dilihat dari namanya, podcast ini bukan berbicara mengenai kuliner lho!

Podcast Thirty Days of Lunch terinspirasi dari acara dengan konsep serupa dari pengusaha asal Hongkong bernama Li Ka Shing. Duo podcaster Fellexandro Ruby dan Ario Pratomo akan membawa narasumber terpercaya untuk membicarakan isu tertentu sesuai bidang mereka.

Bintang tamu yang tampil di acara ini pun tidak main-main. Di sini kamu bisa mendengarkan kisah inspiratif dan informatif dari Jonathan Sudharta founder HaloDoc, Fredy Handjaja CEO BMW Astra, enterpreneur Gary Vee, hingga dari kalangan artis seperti Maudy Ayunda dan Pandji Pragiwaksono.

5. Muda Cuma Sekali

Podcast Muda Cuma Sekali akan cocok untuk kamu yang masih sekolah, kuliah, kerja, dan siapa saja yang ingin merasakan kebebasan dalam bekerja. Dipandu oleh host yang dipanggil Ogut, kamu bisa belajar membangung personal brand sebagai konten kreator di sosial media. Makanya di podcast ini kamu bisa menemukan beragam topik seperti pengembangan diri, personal branding, motivasi, passion, cara mencari uang lewat internet, sampai menggali kisah inpiratif dari berbagai narasumber.

6. Makna Talks

Podcast inspiratif yang menambah wawasan selanjutnya adalah Makna Talks yang diproduseri pendiri Makna Creative. Di podcast yang dipandu oleh Iyas Lawrence ini kamu bisa belajar banyak hal mulai dari isu terkini, pengembangan diri, sampai mendengarkan cerita penuh makna di sesi ‘Kelas Puber’.

Selain itu kamu juga bisa mendengarkan cerita dari berbagai narasumber yang berbicara mengenai isu di sekitar mereka serta kisah hidup mereka hingga sukses seperti sekarang. Selain bintang tamu dari kalangan artis seperti Pamungkas, Deddy Corbuzier, atau Rich Brian, kamu juga bisa mendengarkan interview menarik dari kalangan lain seperti founcer Bukalapak Ahmad Zaky, Ahok (BTP), atau Helmy Yahya.

7. Hiduplah Indonesia Maya

Buat kamu yang ingin mendapatkan wawasan baru sambil mendengarkan obrolan santai yang menghibur, coba deh dengan podcast Hiduplah Indonesia Maya. Dipandu langsung oleh stand-up comedian Pandji Pragiwaksono, kamu bisa mengetahui segala keramaian di dunia maya yang dikemas secara ringan dan penuh dengan anekdot jenaka. Tapi tidak cuma itu, di podcast ini kamu juga bisa menyimak kiat-kiat dari seorang Pandji dalam meraih sukses, enterpreneurship, dan bagaimana cara menghasilkan karya kamu sendiri.

8. Satu Persen

Satu Persen podcast cocok untuk kamu yang senang dengan tema psikologi mulai dari relationship, growth mindset, kesehatan mental, serta edukasi life-skills. Pembahasannya pun dibahas dengan gaya anak muda dan cocok untuk generasi Z, kayak belajar bagaimana caranya jadi lebih tangguh ala Levi Ackerman-nya Attack on Titans.

Setiap tema pun akan dibahas bersama mentor psikolog profesional. Jadi kamu tidak cuma akan mendengar obrolan yang ngalor-ngidul saja, tapi juga lengkap dengan pembahasan dan solusi yang bisa kamu lakukan. Dan jika kamu lebih senang menonton video, Satu Persen juga memiliki channel Youtube inspiratif mengenai produktivitas yang bisa kamu ikuti.

9. Ngobrolin Startup dan Teknologi

Buat kamu yang tertarik sama startup dan teknologi, podcast yang dibawakan Imre Nagi ini bisa jadi pilihan. Pada podcast ini kamu bisa membuka wawasan dan mendengarkan diskusi seputar pengalaman kerja, teknologi, marketing, finance, dan banyak hal lain yang berhubungan dengan startup. Bintang tamunya pun keren-keren dan pernah bekerja di startup besar di Indonesia mulai dari Gojek, Flip.id, OLX, dan Kata.ai.

10. Kepo Buku

Buat kamu yang senang menambah wawasan dari buku, kamu harus dengar podcasr Kepo Buku yang digawangi oleh tiga teman dari tiga negara, yaitu Steven Sitongan, Hertoto Eko, dan Rane Hafied.

Sesuai dengan namanya, podcast ini membahas dan mengupas tuntas beberapa buku yang jadi rekomendasi mereka. Buku-buku yang dibahas pun memiliki topik yang sangat beragam mulai dari buku sastra, non-fiksi, sampai komik dan novel grafis. Tidak jarang di podcast mereka juga ada bintang tamu yang pastinya membahas buku favorit mereka masing-masing.


Nah, itulah dia beberapa podcast menarik yang pastinya seru dan bisa menambah wawasan kamu. Jadi daripada dengar gosip dan ghibahin orang, lebih baik cari ilmu baru lewat podcast inspiratif di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *