Rekomendasi aplikasi lari terbaik iOS dan Android
Aplikasi

11 Rekomendasi Aplikasi Lari Terbaik iOS dan Android

Lari jadi salah satu olahraga terbaik yang mudah dilakukan tanpa perlu banyak peralatan. Namun jika kamu memutuskan untuk melakukannya, adanya aplikasi lari terbaik di iPhone atau Android kamu akan sangat membantu lho!

Tidak cuma mampu menjadi alat pengukur atau penghitung jarak lari saja, aplikasi tersebut juga bisa mencatat waktu tempuh kamu, menghitung jumlah kalori yang berhasil kamu bakar, hingga menampilkan peringkat kamu melawan pengguna aplikasi lainnya.

Kombinasi aplikasi lari dengan beberapa smartwatch terbaik juga bisa memberi kamu informasi tambahan seperti tingkat saturasi oksigen, tekanan darah, serta tingkat detak jantung kamu selama berlari.

Nah, jika kamu memutuskan untuk jogging atau lari, jangan lupa untuk menginstal salah satu rekomendasi aplikasi lari terbaik di iOS dan Android berikut ini.

Aplikasi Lari Gratis Terbaik

1. C25K

Jika kamu baru mau mencoba untuk lari atau jogging, C25K (Couch to 5K) adalah aplikasi lari yang cocok untuk pemula. Sesuai dengan namanya, aplikasi penghitung lari ini dirancang khusus untuk kamu yang lebih sering duduk di sofa agar bisa berlari 5 kilometer dalam sembilan minggu.

C25K, aplikasi lari terbaik untuk pemula

Jarak 5 km umumnya dapat diselesaikan pelari pemula kurang dari 1 jam. Namun hal ini tentu bukan hal yang mudah untuk kamu yang belum pernah lari sebelumnya bukan?

Karena itulah kamu perlu ‘menu’ khusus yang dapat membuat kamu untuk mencapai target tersebut. Dengan program couch to 5K, kamu akan mendapatkan menu latihan selama 9 minggu yang terdiri dari latihan 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Beberapa minggu pertama akan terasa mudah karena menu yang kamu dapat kebanyakan berupa berjalan kaki saja. Namun minggu-minggu berikutnya, latihan akan lebih intens dan sulit sampai kamu mampu menembus batas 5 km.

Semua menu latihan tersebut bisa kamu nikmati secara gratis. Jika kamu membeli versi Pro, kamu akan mendapatkan fitur tambahan seperti musik yang bisa disesuaikan dengan tempo lari, menghitung kecepatan lari, atau fitur statistik tambahan lainnya.

Download C25K di Android dan iOS

2. Strava

Strava dipasarkan tidak hanya sebagai aplikasi lari terbaik saja, tetapi juga sosial media untuk penggemar olahraga tersebut. Jadi tidak hanya melacak kebugaran, kamu pun bisa terhubung dengan pengguna lain layaknya aplikasi sosial media pada umumnya.

Strava, aplikasi lari terbaik

Bicara kelengkapan, Strava memang jadi salah satu yang terbaik. Tidak hanya mampu mengukur jarak dan waktu dengan akurat, kamu pun bisa mendapatkan data kalori, jumlah jarak tempuh mingguan, dan masih banyak lagi. Agar metrik yang dicatat lebih baik, kamu bisa memasangkan aplikasi Strava dengan smartwath yang kompatibel seperti Garmin atau Apple Watch.

Tidak cuma bisa dipakai untuk lari, kamu pun bisa memakai Strava untuk bersepeda. Dan kalau kamu punya smartwatch tahan air, kamu juga bisa menggunakan Strava untuk berenang lho!

Download Strava di Android dan iOS

3. Adidas Running

Adidas Running (sebelumnya bernama Runtastic) adalah aplikasi tracking lari terbaik yang luar biasa dalam melacak jarak tempuh, kecepatan, dan statistik lainnya. Tidak cuma untuk berlari, aplikasi ini juga melacak jalan kaki, hiking, bersepeda, yoga, dan banyak lagi.

Adidas Running, aplikasi penghitung lari terbaik

Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa membuat personal goal seperti jarak yang ingin ditempuh, durasi lari, atau sekedar mengukur konsistensi dalam berlari. Kamu pun bisa mengkombinasikannya dengan aplikasi fitness tracker lain untuk mendapatkan data yang lebih optimal.

Seperti Strava, ada juga fitur berbagi sosial untuk memamerkan kemajuan yang sudah kamu buat. Kamu pun bisa bergabung dengan komunitas lari agar kamu tetap termotivasi, atau sekadar mengikuti newsfeed yang penuh dengan beragam artikel bermanfaat seputar dunia fitness.

Download Adidas Running di Android dan iOS

4. Map My Run

Jika kamu menggunakan iPhone, Map My Run adalah aplikasilari terbaik di iOS yang harus kamu coba. Apalagi aplikasi ini kini dimiliki oleh Under Armour yang melakukan banyak update dan tambahan fitur baru pada aplikasi ini.

Map My Run, aplikasi pengukur lari terbaik di Android dan iOS

Seperti namanya, Map My Run adalah aplikasi penghitung dan pemetaan lari yang memungkinkan kamu melacak dan menganalisis rute dan statistik lari kamu. Pelacakan jaraknya punsangat akurat, terutama pada ponsel yang lebih baru yang memiliki fitur GPS yang lebih baik.

Map My Run juga melacak sebagian besar aktivitas kebugaran lainnya, seperti berjalan kaki, gym, yoga, dan lainnya. Paket premium memiliki rencana pelatihan terperinci yang dapat kamu ikuti, tetapi bahkan versi gratisnya saja cukup penuh fitur.

Jika kamu memiliki produk dari Under Armour, aplikasi ini juga bisa disinkronkan dengan sepatu pintar mereka. Namun jika kamu belum memilikinya, aplikasi ini juga bisa dipasangkan dengan smartwatch Garmin, Apple Watch, dan jam tangan pintar lainnya.

Download Map My Run di Android dan iOS

5. Nike Run Club

Jika kamu lebih suka melacak lari di Apple Watch, kamu bisa menggunakan aplikasi pelacakan kebugaran bawaan, atau menyinkronkan data jam tangan ke opsi pihak ketiga yang kompatibel seperti Nike Run Club.

Nike Run Club, aplikasi lari gratis terbaik di iOS dan Android

Nike Run Club memiliki aplikasi yang dibuat khusus untuk Apple Watch, dan juga memiliki aplikasi standar untuk iPhone dan ponsel Android. Selama kamu menggunakan akun yang sama, semuanya akan disinkronkan, sehingga kamu dapat menggunakan aplikasi jam tangan untuk melacak data, dan menganalisisnya.

Nilai jual lain dari Nike Run Club adalah fitur “running coach” yang ekstensif. Ada rencana pelatihan terperinci yang dapat kamu ikuti, dan bahkan latihan dengan panduan audio untuk latihan interval atau teknik lanjutan lainnya. Perhatikan bahwa banyak dari fitur pelatihan ini hanya disertakan dengan langganan berbayar.

Download Nike Run Club di Android dan iOS

6. Zombies, Run!

Bagi kebanyakan orang, berlari bukanlah kegiatan yang menyenangkan. Kamu bisa mengubah anggapan tersebut dengan menggunakan metode gamifikasi melalui aplikasi lari terbaik Zombies, Run!

Zombies, Run! aplikasi lari sambil main game

Aplikasi unik ini memungkinkan kamu bermain peran sebagai manusia yang selamat di dunia yang dikuasai oleh zombie. Setiap lari menjadi misi untuk bertahan hidup, mengumpulkan perbekalan, mencari survivor lainnya, dan menghindari zombie!

Alur ceritanya ditulis dengan baik dan menarik, dengan lebih dari 500 “misi” untuk dijelajahi. Hampir semuanya berbasis audio, jadi kamu bisa memasukkan ponsel ke dalam saku dan pergi ke jalan. Setelah kamu pulang, kamu bisa menganalisis statistik kamu, dan menggunakan rampasan misi lari kamu untuk memperkuat basis kamu dalam game.

Bagi kamu yang kesulitan untuk mencari motivasi lari, Zombies, Run jadi aplikasi lari terbaik yang pastinya cocok untuk kamu. Dan jangan khawatir mengenai level kebugaran kamu karena aplikasi ini juga memiliki mode untuk pelari pemula yang masih lebih banyak berjalan kaki, atau pelari veteran yang butuh mode lebih ‘sadis’ melalui latihan interval.

Download Zombies, Run! di Android dan iOS

7. Runkeeper

Runkeeper adalah salah satu rekomendasi aplikasi penghitung lari lainnya yang juga patut kamu pertimbangkan. Aplikasi ini memiliki semua fitur pelacakan dan GPS yang kamu harapkan, dan dapat disinkronkan dengan smartwatch dari Apple, Garmin, FitBit, dan masih banyak lagi.

Runkeeper, aplikasi lari gratis paling akurat

Satu fitur menarik dari Runkeeper adalah adanya umpan balik audio yang dapat kamu kalibrasi sesuai keinginan. Misalnya, kamu bisa mendengarkan musik di ponsel, tetapi mengaturnya agar Runkeeper tetap dapat memberi tahu kamu kecepatan rata-rata serta jarak yang sudah kamu tempuh.

Jika kamu beralih ke Runkeeper GO, kamu juga akan mendapatkan beberapa fitur tambnahan seperti menu latihan khusus, latihan interval (dengan isyarat audio), atau menu latihan untuk lomba/balapan. Untuk pelari yang lebih mahir, Runkeeper GO ($9,99/bln atau $39,99/tahun) bisa jadi investasi yang layak untuk kamu ambil.

Download Runkeeper di Android dan iOS

8. Pacer

Jika kamu hanya butuh aplikasi lari yang bisa membantu kamu untuk menghitung jumlah langkah, maka Pacer bisa jadi aplikasi yang paling pas. Dengan Pacer, kamu bisa memiliki pedometer yang dapat dengan mudah digunakan kapan saja.

Pacer, aplikasi lari sederhana

Tidak cuma menghitung langkah kaki, Pacer juga bisa dipakai untuk menghitung jarak tempuh, waktu aktif, sampai jumlah kalori yang dihabiskan. Makanya, aplikasi ini cocok untuk kamu yang mencari aplikasi yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan.

Satu hal yang menarik, aplikasi ini juga bisa digabungkan dengan aplikasi fitness tracker lain seperti MyFitnessPal atau FitBit. Dengan begitu kamu bisa melakukan lebih banyak hal seperti memantau BMI atau memilih sendiri menu olahraga yang sesuai goal kamu.

Download Pacer di Android dan iOS

9. Relive

Relive adalah aplikasi lari gratis terbaik untuk kamu yang senang jogging, bersepeda, hiking atau melakukan petualangan lain di alam bebas. Sama seperti aplikasi lari lainnya, kamu bisa menghitung jarak dan kecepatan dengan bantuan GPS. Rute yang kamu ambil pun nantinya bisa kamu lihat dalam bentuk 3D landscapes lho!

Relive, aplikasi lari untuk yang aktif di sosial media

Jika kamu ingin bisa melacak metrik lainnya, kamu bisa menghubungkan Relive dengan aplikasi lain seperti Suunto, Garmin Connect, MapMyRun, dan masih banyak lagi.

Meski begitu hal utama yang menjadi kelebihan aplikasi ini adalah fitur sosial medianya. Bila kamu senang berbagi aktivitas outdoor kamu, Relieve dapat membantu kamu dalam mengabadikan momen, membuat video story, sampai membagikan highlight aktivitas kamu ke Facebook, Instagram, Twitter dan masih banyak lagi.

Download Relive di Android dan iOS

10. Running Distance Tracker+

Sesuai dengan namanya, Running Distance Tracker+ adalah aplikasi yang dapat membantu kamu untuk menghitung jarak lari kamu. Namun di balik itu, kamu juga akan mendapatkan aplikasi lari paling akurat yang dapat mengukur metrik lain seperti kecepatan lari hingga jumlah kalori yang dikeluarkan.

Running Distance Tracker, aplikasi penghitung lari paling akurat di Android dan iOS

Selain dibekali tampilan yang keren, aplikasi ini juga memiliki music player built-in yang dapat menemani kamu saat berlari. Kamu pun bisa mendapatkan panduan audio yang akan menuntuk kamu untuk meraih target waktu atau jarak tertentu.

Hal lain yang tidak kalah penting, aplikasi lari ini juga akan merekam semua data kamu sehingga kamu bisa melihat perkembangan kamu dari waktu ke waktu.

Download Running Distance Tracker di Android dan iOS

11. Google Fit

Rekomendasi aplikasi lari terbaik yang terakhir adalah Google Fit. Google Fit sendiri merupakan aplikasi yang benar-benar gratis dan bisa digunakan untuk memantau semua aktivitas kamu, baik saat berjalan, berlari, atau bersepeda.

Google Fit, aplikasi lari sekaligus fitness tracker terbaik

Jika kamu menghubungkannya dengan smartwatch Wear OS, kamu bisa memantau lebih banyak hal seperti detak jantung, pola tidur, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini pun dapat dipasangkan dengan aplikasi lari lainnya seperti Strava atau Runkeeper agar kamu bisa memantau aktivitas kamu sembari mengecek tingkat kesehatan yang kamu miliki.

Satu hal yang menarik, Google Fit dibuat bekerja sama dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan American Heart Association (AHA). Aplikasi ini sendiri menggunakan sistem poin untuk menilai kualitas kesehatan kamu di mana setiap aktivitas akan diberikan nilai 1 atau 2 tergantung intensitasnya.

Kamu pun memiliki goal untuk berolahraga setidaknya 30 menit selama 5 hari dalam seminggu sebagai batas minimum agar kamu bisa terhindari dari risiko penyakit jantung, masalah kesehatan mental, sampai meningkatkan kualitas tidur kamu.

Download Google Fit di Android dan iOS


Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi lari gratis yang bisa kamu gunakan di hp Android dan iOS. Selain bisa digunakan sebagai aplikasi penghitung lari, tools tersebut juga bisa dipakai untuk melihat rute memilih menu latihan yang sesuai kondisi fisik kita, hingga membantu untuk memantau kesehatan kita secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.