rekomendasi buku self improvement terbaik
Produktivitas

13 Rekomendasi Buku Self-Improvement Terbaik

Mengembangkan diri dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mencari inspirasi dan motivasi melalui buku self-improvement.

Dari buku-buku tersebut, kita bisa mendapatkan insight menarik untuk mengembangkan kemampuan diri kita sendiri dan melakukan apa yang sebelumnya kita anggap tidak mungkin. Tidak hanya itu, buku self-improvement juga bisa membuat kita lebih menghargai diri kita sendiri (self-love) serta membantu kita untuk menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri.

Nah, jika kamu juga ingin mengembangkan diri, berikut adalah beberapa rekomendasi buku self-improvement terbaik yang bisa kamu baca.

Buku Pengembangan Diri Terbaik

1. 12 Rules For Life (Jordan B. Peterson)

12 Rules For Life – An Antidote To Chaos karya Jordan B. Peterson

Rekomendasi buku self-improvement pertama yang bisa kamu baca adalah 12 Rules For Life – An Antidote To Chaos karya Jordan B. Peterson. Jordan sendiri merupakan ahli filsafat modern yang dialognya cukup terkenal di dunia online dan Youtube.

Diskusinya seputar kepribadian banyak menarik minat kamu muda yang sedang berjuang dengan hidup mereka. Makanya di buku ini kamu bisa menemukan banyak nasehat bagi kamu milenial yang hidup di era serba cepat seperti sekarang.

Setiap pesan dituangkan secara empatik, dan saran yang diberikan pun cukup mudah dijalankan, mulai dari membersihkan dan merapikan kamar, hingga menjadi lebih proaktif dan bertanggung jawab atas semua hasil kerjamu.

2. The Four Agreements (Miguel Ruiz)

The Four Agreements: A Practical Guide To Personal Freedom karya Miguel Ruiz

Membaca buku The Four Agreements: A Practical Guide To Personal Freedom seperti memperoleh nasehat masa dulu yang disampaikan secara turun temurun. Tidak heran karena di buku ini pengarang bercerita mengenai nilai-nilai penting yang selalu diajarkan sesuai dengan latar belakang kebudayaannya.

Pada buku ini terdapat empat pilar penting yang bisa menjadi pegangan dalam hidup. Selalu jujur dalam bertutur kata, tidak mudah baperan, tidak membuat asumsi, serta selalu berusaha keras pada apapun yang kamu lakukan.

Meski sederhana, menemukan orang yang mampu melakukannya ternyata bukan perkara mudah. Jika kamu bisa melakukannya, hidup kamu akan terasa lebih simpel dan bahagia.

3. You Are A Badass At Making Money (Jen Sincero)

You Are A Badass At Making Money karya Jen Sincero

Setiap orang pasti ingin bisa memiliki financial freedom di mana mereka tidak perlu lagi mengkhawatirkan soal uang dan bisa lebih menikmati hidup. Sayangnya bukanlah hal yang mudah untuk mewujudkan impian tersebut menjadi realita.

Jika kamu penasaran bagaimana cara meraih impian tersebut, kamu perlu membaca buku You Are A Badass At Making Money dari Jen Sincero. Pada buku ini kamu akan menyadari bahwa satu faktor penting yang menghalangi kamu dari impian tersebut adalah diri kamu sendiri.

Dari buku ini kita bisa belajar bagaimana caranya menyiapkan mindset yang benar yang akan mengubah pandangan kita tentang uang. Dengan bantuan cerita dan pengalaman pribadi, kamu bisa menangkap pesan pengarang dan mendapatkan energi positif serta langkah-langkah praktisnya.

4. A New Earth (Eckhart Tolle)

A New Earth karya Eckhart Tolle

Eckhart Tolle dikenal sebagai pengarang salah satu buku produktivitas terbaik berjudul Power of Now. Namun bukunya yang berjudul A New Earth juga tidak kalah menarik dan bisa jadi rekomendasi buku self-improvement terbaik untuk kamu.

Pada buku ini pengarang mengajak kamu untuk membentuk dunia baru. Hal ini bisa dilakukan dengan berhenti terobsesi dengan masa depan dan hidup dengan beban masa lalu. Selain itu kamu juga harus bisa melepas keterikatan dengan ego yang bisa menciptakan perasaan negatif yang menghalangi kamu untuk menjadi orang yang lebih baik.

5. The War of Art (Steven Pressfield)

The War of Art: Break Through the Blocks and Win Your Inner Creative Battles - Steven Pressfield

The War of Art: Winning the Inner Creative Battle adalah buku yang cocok untuk kamu yang bergelut di bidang kreatif seperti penulis, pelukis, atau pekerja seni lainnnya.

Salah satu buku best seller ini banyak membicarakan mengenai procrastination atau kegiatan menunda-nunda yang banyak menimpa kita. Menariknya, pengarang buku ini juga sempat bermasalah dengan hal yang sama sebelum ia mengatasinya sendiri dan membagikan tips dan ceritanya melalui buku ini.

6. The Subtle Art Of Not Giving A F*ck (Mark Manson)

The Subtle Art Of Not Giving A F*ck karya Mark Manson

The Subtle Art Of Not Giving A F*ck karya Mark Manson adalah salah satu buku self improvement paling populer. Karyanya ini bahkan sudah memiliki terjemahan dalam bahasa Indonesia dengan judul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat.

Meski judul aslinya sedikit mencengangkan, isinya tidak seperti yang kamu bayangkan. Pada buku ini pengarang bercerita mengenai realita kehidupan yang keras dan dampaknya terhadap kesehatan mental. Dengan banyak tips inspiratif di dalamnya, kamu akan diajarkan untuk tetap kuat meski berada dalam titik terburuk, dan keluar sebagai pemenang.

7. Ikigai (Hector Garcia)

Ikigai Hector Garcia

Ikigai adalah salah satu konsep sederhana yang bisa membantu kamu menemukan sesuatu yang membuat kamu bersemangat untuk bangun di pagi hari. Dalam buku ini, Ikigai terbagi menjadi empat bagian, yaitu hal yang kita sukai, hal yang dibutuhkan dunia, hal yang bisa menghasilkan, dan hal yang kita kuasai. Jika kita bisa menemukannya, maka kita bisa memiliki hidup yang lebih kaya sekaligus membuat kita lebih bahagia.

Orang Jepang sendiri percaya bahwa setiap individu memiliki ikigai mereka masing-masing. Hal tersebut akan membantu kamu untuk mencapai keseimbangan hidup dan membuat kamu lebih bersemangat untuk menjalani hidup.

8. You Do You (Fellexandro Ruby)

You Do You: Discovering Life Through Experiments & Self-Awareness

Fellexandro Ruby adalah salah satu public speaker yang banyak digandungi anak muda. Jika kamu butuh podcast yang menambah wawasan, maka Thirty Days of Lunch yang dibawakannya akan cocok untukmu.

Selain melalui podcast dan Youtube, kamu juga bisa belajar banyak melalui karyanya yang berjudul You Do You: Discovering Life Through Experiments & Self-Awareness. Pada buku tersebut, Ruby yang selama satu dekade mencoba berbagai profesi coba membagikan pengalamannya mengenai self-awareness dan bagaimana caranya mencari ikigai kamu sendiri.

Melalui buku tersebut, Rubt akan coba membantu kamu merefleksikan diri, melihat ke dalam, mengurai situasi, dan bisa menemukan sendiri jawaban saat kamu berada di persimpangan jalan. Tidak hanya itu, buku ini juga akan membantu kamu untuk menjadi sosok yang kamu inginkan.

9. So Good They Can’t Ignore You (Cal Newport)

So Good They Can't Ignore You (Cal Newport)

Salah satu jargon yang seringkali diucapkan oleh motivator dan enterpreneur adalah, “follow your passion.” Meski tidak sepenuhnya salah, kalimat tersebut bisa berbahaya karena tidak semua orang bisa sukses hanya dengan mengikuti passionnya, bahkan hal tersebut bisa menjerumuskan orang lain.

Pada buku ini kamu akan belajar banyak mengenai cara mengejar passion dengan cara yang benar. Melalui wawancara dengan beragam orang dari berbagai latar belakang, passion ternyata bisa dikembangkan jika kita mau menginvestasikan kerja keras pada hal yang kita kerjakan, jadi bukan passion yang membuat kita mau bekerja lebih keras.

10. Atomic Habits (James Clear)

Atomic Habits - James Clear

Atomic Habits karya James Clear merupakan salah satu buku self improvement terbaik yang menjadi best seller di seluruh dunia, kamu pun bisa menemukan terjemahan Bahasa Indonesianya di toko buku terdekat.

Pada buku ini, kamu bisa belajar bagaimana caranya lepas dari kebiasaan lama dan menggantinya dengan rutinitas yang bisa membuat kamu sukses dalam langkah-langkah kecil yang mudah dilakukan.

Tidak hanya memberikan kamu teori-teori yang membosankan, James Clear juga menyediakan studi kasus dari berbagai orang yang sukses di bidangnya mulai dari atlti Olimpiade, pebisnis kelas kakap, komedian papan atas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

11. Make Your Bed (William H. McRaven)

Make Your Bed: Little Things That Can Change Your Life... And Maybe the World by Admiral William H. McRaven

Jika kamu ingin menerapkan kedisiplinan pada setiap aspek dalam hidupmu, maka buku Make Your Bed: Little Things That Can Change Your Life… And Maybe the World ini bisa jadi panduan terbaik.

Berlatar belakang Navy Seal, Admiral William H. McRaven akan memberikan pelajaran yang didapatnya selama berada di kemiliteran. Ditulis dengan bahasa yang memikat, kamu bisa belajar banyak hal mulai dari kerjasama tim, mengambil risiko, belajar dari kegagalan, hingga menjadi pribadi yang lebih tanggung dalam menghadai setiap rintangan.

12. Filosofi Teras (Henry Manampiring)

Filosofi Teras Henry manampiring

Jika kamu mencari rekomendasi buku self improvement Bahasa Indonesia, maka Filosofi Teras karya Henry Manampiring patut jadi pertimbangan. Meski judulnya terlihat menakutkan, isinya diceritakan dengan bahasa yang santai dan ringan.

Buku ini cocok untuk kamu yang khawatir dengan banyak hal, baperan, atau susah move-on dari mantan terindah. Pada buku ini kamu bisa belajar untuk menjalani hidup dengan mengendalikan emosi negatif dan membentuk mental tangguh yang penting untuk menjalani kehidupan. Isinya pun dibuat sangat relevan dengan kehidupan generasi masa kini dengan segala tantangannya sehingga cocok untuk Generasi Milenial dan Gen-Z.

13. An Astronaut’s Guide to Life on Earth (Chris Hadfield)

An Astronaut's Guide to Life on Earth karya Chris Hadfield

Chris Hadfield adalah astronot asal Kanada yang memiliki banyak kisah seru untuk diceritakan. Salah satu rahasianya dalam meraih sukses dan bertahan hidup ternyata berhubungan dengan nilai filosofi yang didapatnya di NASA, prepare for the worst, and enjoy every moment of it.

Pada buku An Astronaut’s Guide to Life on Earth, Chris bercerita banyak mengenai pengalamannya selama pelatihan hingga berada di luar angkasa. Dari perjalanan tersebut ia banyak belajar yang terdengar kontra produktif seperti tidak memvisualisasikan kesuksesan, dan selalu memberi yang terbaik, bahkan untuk usaha terkecil sekalipun.

Tidak hanya menyelami kehidupan di luar angkasa, kamu juga akan dibawa untuk melihat segala sesuatu dari kaca mata seorang astronot. Hal ini akan memberikan kamu persepsi baru mengenai hidup yang ada di bumi, terutama hidup kamu sendiri.


Itulah dia beberapa rekomendasi buku tentang self improvement terbaik yang bisa kamu baca. Tidak masalah bila kamu masih remaja, memasuki dunia kerja, atau sudah berkeluarga, tidak ada salahnya untuk mencari inspirasi dari manapun untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *