rekomendasi kabel data type-c terbaik yang bisa fast charging
Aksesoris HP, Featured

10 Rekomendasi Kabel Data Type-C Terbaik yang Bisa Fast Charging

Kabel data type-C umumnya hadir pada smartphone keluaran terbaru di pasaran. bentuknya yang pipih dan simetris membuat jenis konektor kabel data ini lebih mudah dipasangkan karena bisa dipasang bolak-balik.

Namun tidak cuma itu, konektor type-C juga memiliki kelebihan dalam masalah transfer data dan kecepatan charging. Dengan mengusung teknologi terbaru, kabel USB Type-C bisa digunakan untuk memindahkan data dan mengisi daya dengan jauh lebih cepat dibanding kabel mini-USB atau micro-USB yang banyak digunakan ponsel terdahulu.

Nah, jika kamu sedang mencari rekomendasi kabel data type-C terbaik yang bisa fast charging, berikut adalah beberapa produk yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Baseus Halo Fast Charging

Harga: Rp50.000 – 60.000

Baseus adalah salah satu produsen yang banyak membuat aksesoris gadget mulai dari car charger, phone holder, powerbank, hingga kabel data dengan beragam jenis dan bentuk. Kualitas produk Baseus pun bisa diandalkan dengan pemilihan material berkualitas dan daya tahan yang baik.

Salah satu produk kabel data/charger buatan Baseus yang bisa kamu pilih adalah Halo Fast Charging.

Kabel data ini dibuat dari material aluminium alloy yang tahan dari oksidasi dan karat. Selain itu kabel data juga dibungkus dengan bahan nilon berkualitas sehingga kabel lebih awet meski sering tertekuk dan terlilit.

Dengan kabel data ini, kamu bisa melakukan pengisian dan transfer data secara bersamaan. Smart chip di dalam konektornya juga dapat menyesuaikan arus sesuai dengan perangkat yang terhubung berdasarkan teknologi identifikasi cerdas.

2. Orico AC70-20 Type-C Quick Charge Data Cable

Harga: Rp44.900

Orico adalah produsen yang dikenal banyak membuat produk yang berhubungan dengan hard drive komputer dan berbagai macam konektor USB. Untuk kabel data/charger, Orico juga memiliki beragam pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Salah satu kabel charger type-C terbaik dari Orico adalah seri AC70-20.

Kabel charger ini hadir dengan fitur pengisian daya berkecepatan tinggi. Dari hasil percobaan, untuk mengisi daya Huawei P30 Pro (4200mAh) hingga 85% hanya dibutuhkan waktu 40 menit saja. Tidak hanya itu, kabel data ini juga sudah support teknologi USB 3.0 yang mampu mentransfer data lebih cepat dibanding kabel data lain yang masih menggunakan USB 2.0.

Untuk material kabel masih menggunakan PVC. Namun kabel ini diklaim bisa menahan beban hingga 80kg dan sudah teruji tahan terhadap pembengkokan hingga 10.000 kali.

3. Vyatta Gamer Kabel Data Type-C

Harga: Rp34.900 – 50.000

Vyatta Gamer Kabel Data Type-C akan sangat cocok untuk kamu yang gemar memainkan mobile game di smartphone kamu. Dengan desainnya yang membentuk sudut 90 derajat, kabel ini akan cocok untuk digunakan menonton video hingga bermain game sambil mengisi daya. Selain itu material leather untuk pembungkus kabel juga membuat produk ini lebih awet, lentur, dan tidak mudah kusut.

Tidak hanya itu, kabel data type-C terbaik ini juga mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 9V/2.4A, 12V / 1.25A (Qualcomm QC4.0) yang 2 kali lebih cepat dibanding pengisian daya konvensional. Transfer data pun bisa dilakukan lebih cepat dengan teknologi fast data transfer yang memiliki kecepatan hingga 480Mbps.

Satu hal lain yang menjadi kelebihan kabel charger ini adalah beragam sistem proteksinya yang bisa melindungi kabel dari korsleting, tegangan berlebih, arus tinggi, serta suhu panas yang ekstrim.

4. Uneed Bolt IV LED

Harga: Rp56.900 – 89.000

Uneed Bolt IV LED akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki beragam smartphone yang sudah support fast charging namun terdiri dari berbagai merek berbeda.

Salah satu kelebihan kabel charger type-C ini adalah kemampuannya untuk support beberapa protokol fast charging dari beragam merek hp seperti VOOC dan Dual Engine Fast Charging yang digunakan Oppo, Realme, dan VIVO, Quick Charge 4+ yang digunakan Samsung, Xiaomi, Sony, Asus, dan LG, atau FCP Supercharge yang digunakan oleh hp Huawei.

Kabel dengan panjang 1 meter ini juga sudah menggunakan bahan braided nylon yang membuat kabel lebih mudah ditekuk dan memiliki ketahanan yang baik. Selain itu pada konektor juga terdapat lampi LED yang bisa menyala saat kabel digunakan untuk men-charge smartphone kamu.

5. Joyseus Kabel Data 5A USB Type C Elbow Cable

Harga: Rp54.900

Kabel data type-C terbaik lain yang bisa kamu pilih adalah Joyseus. Dengan harga yang relatif terjangkau, kamu bisa mendapatkan kabel charger type-C dengan bahan berkualitas dan performa yang baik.

Selain menggunakan material PVC terbaik, kelebihan lain kabel data ini adalah elbow design yang membuatnya tertekuk 90 derajat. Dengan begitu kamu bisa tetap nyaman menggunakan smartphone sambil mengisi dayanya. Hal ini juga akan sangat membantu saat kamu mencolokkan kabel data ke perangkat PC atau laptop.

Kabel data ini mampu menghantarkan arus yang terbilang tinggi, hingga 5 ampere. Dengan begitu kabel ini bisa digunakan bersamaan dengan charger yang sudah support fast charging agar kamu bisa mengisi daya dengan lebih cepat.

Hal lain yang membuatnya makin spesial adalah kemampuannya untuk menjamin kesehatan baterai ponsel dengan hadinrnya teknologi smart adaptive battery agar daya disalurkan sesuai dengan spesifikasi baterai untuk mencegah over charge.

6. Acome Kabel Data/Charger Type-C AKC-010

Harga: Rp45.000

ACOME juga bisa jadi merek yang kamu pertimbangkan saat mencari produk aksesoris hp berkualitas. Untuk kabel data/charger sendiri, ACOME menyediakan beragam produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tipe konektor smartphone kamu.

Salah satu produk dari ACOME yang bisa kamu pilih adalah Acome Kabel Data/Charger Type-C AKC-010.

Kabel data ini sudah dilengkapi dengan fitur Acome Intelligent Charge (AIC) yang membuatnya kompatibel dengan beragam jenis teknologi fast charging. Dengan begitu kabel ini akan sangat cocok digunakan pada banyak merek ponsel seperti Samsung, iPhone, Oppo, Xiaomi, Redmi, atau Vivo. Selain itu fitur ini juga diklaim bisa mengalirkan arus hingga 3 kali lebih cepat dibanding kabel lainnya.

Satu hal lain yang tidak kalah menarik adalah desain ujung kabel berbentuk U yang membuat bagian ujung kabel awet meski sering tertekuk dan tertarik.

7. Ugreen 2-in-1 Micro USB & Type C

Harga: Rp 60.000 – 75.000

Dengan mengusung konsep 2-in1, kabel data ini akan cocok untuk kamu yang masih menggunakan konektor micro USB dan USB type-C. Dengan kabel ini, kamu bisa menggunakan kedua konektor tersebut hanya dalam satu kabel saja.

Kabel data Ugreen 2-in-1 ini dibuat dengan material premium yang kuat dan membuat kabel sepanjang 1 meter ini tetap awet dan tahan lama tanpa khawatir mudah putus. Selain itu kabel juga sudah diberikan material PVC coating yang membuat kabel lebih kuat menahan panas.

Dengan support terhadap fitur fast charging, kabel ini bisa mengisi daya lebih cepat dengan output maksimal 2.4 A. Transfer data pun dijamin lebih cepat dengan dukungan kecepatan transfer hingga 480Mbps. Selain itu teknologi multi-layer shileding juga dapat menjaga stabilitas sinkronisasi dan proses pertukaran data.

8. V-Gen CMT1-01 Kabel Data 2-in-1

Harga: Rp31.000 – 35.000

Kabel data lain yang juga mengusung desain 2-in-1 lainnya adalah Kabel Data CMT1-01 buatan V-Gen. Dengan begitu kamu bisa mengisi daya smartphone baru yang sudah support USB type-C serta smartphone lain yang masih menggunakan konektor micro USB hanya dengan satu kabel saja.

V-gen sendiri rasanya lebih banyak dikenal sebagai produsen flash drive dan memory PC lokal, namun siapa sangka mereka juga banyak membuat kabel charger dengan harga yang sangat terjangkau.

Dengan panjang 1 meter, kabel charger 2-in-1 ini sudah support QC 3.0 yang bisa digunakan untuk mengisi daya dengan cepat dengan arus maksimal 2.4 A. Selain itu kabel data ini juga dibuat dengan material yang berkualitas dan memiliki desain yang dapat mencegah maslah puntiran atau lilitan agar kabel tidak mudah kusut dan tahan lebih lama.

9. Usams U16 Voice Reactive LED Type-C USB Data Cable

Harga: Rp55.000

Usams U16 Voice Reactive LED adalah kabel data Type-C yang unik karena dilengkapi dengan lampu LED yang akan menyala saat ada suara atau musik. Voice control intelligent chip yang terdapat pada kabel akan membuat lampu LED berwarna-warni bereaksi mengikuti irama lagu.

Kabel data ini terbuat dari tembaga murni ini yang dapat mengisi daya baterai dengan cepat dengan output hingga 2A. Konektornya sendiri terbuat dari bahan alumunium yang tahan terhadap oksidasi, sedangkan pembungkus kabel terbuat dari material high elastic TPE yang kokoh namun tetap fleksibel saat digunakan.

10. Zola Flash Fast Charge Type-C

Harga: Rp49.000 – 59.000

Rekomendasi kabel data type-C terbaik yang bisa fast charging terakhir adalah Zola. Kabel ini akan cocok untuk kamu yang sedang mencari kabel charger yang bisa support beragam protokol fast charging dari berbagai merek smartphone.

Kabel Zola dibuat dari inti tembaga berlapis timah yang membuatnya tidak mudah berkarat dan mampu melakukan transfer data serta pengisian daya dengan cepat hingga maksimal 5A. Selain itu bagian luar kabel juga sudah menggunakan bahan braided nylon yang tidak mudah kusut dan jauh lebih kuat dibanding bahan PVC.

Satu hal yang penting, dengan teknologi CSC (Compatible Speed Charging), kabel data Zola mendukung banyak protokol fast charging seperti QC3.0, SCP, FCP, AFC, PD, SuperVOOC, VOOC 3.0 dan beragam protokol Fast Charging lainnya. Tidak hanya itu, Zola Flash cable juga cocok dengan smartphone Samsung yang memakai chipset EXYNOS seperti Samsung Note 8, Note 9, S9, S10, dan masih banyak lagi.


Itu dia beberapa rekomendasi kabel data type-c yang bisa fast charging dan cocok dengan segala merek hp. Dengan harga yang sangat terjangkau, kabel charger type-C ini akan cocok untuk smartphone terbaru agar pengisian data serta proses transfer data bisa berjalan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *