smartwatch hybrid terbaik
Aksesoris HP, Men's Style

7 Smartwatch Hybrid Terbaik di 2021

Dibandingkan jam tangan analog biasa, smartwatch memiliki lebih banyak fitur dibanding sekedar pengingat waktu biasa. Meski begitu masih banyak orang yang lebih memilih jam tangan analog dibanding smartwatch sebagai aksesoris andalan mereka.

Salah satu alasannya adalah tampilan jam tangan analog yang lebih klasik. Meski didesain secara menarik, tampilan smartwatch yang modern dan sedikit futuristik mungkin tidak terlalu cocok dengan sebagian orang.

Nah, sebagai alternatif, kini ada smartwatch hybrid yang dibuat dengan desain klasik namun tetap memiliki fitur-fitur yang umumnya ada pada sebuah smartwatch.

Jadi sekilas jam tangan pintar ini akan tampak seperti jam tangan analog pada umumnya. Layarnya pun tidak menggunakan layar sentuh yang membuatnya tidak terlihat seperti sebuah gadget.

Nah, jika kamu sedang mencari smartwatch hybrid terbaik yang bisa kamu pakai, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu gunakan.

1. Xiaomi Mijia Quartz

Smartwatch hybrid pertama yang bisa kamu pertimbangkan adalah Xiaomi mijia Quartz. Dengan harganya yang terjangkau, jam tangan pintar ini akan cocok untuk kamu yang sedang mencari smartwatch murah terbaik di bawah 1 juta.

smartwatch hibrida xiaomi mijia quartz

Meski dibandrol dengan harga yang relatif murah, Xiaomi Mijia Quartz memiliki tampilan yang cukup mewah dan dilengkapi dengan banyak fitur canggih.

Pada smartwatch ini terdapat motion sensor dan pedometer untuk merekam langkah kamu setiap harinya. Teknologi IP67 Waterproof-nya juga membuat jam tangan pintar ini tahan air dan bisa digunakan di segala cuaca atau untuk berenang.

Selain itu fitur Bluetooth 4.0 Chip-nya membuat smartwatch ini bisa dipasangkan pada beragam hp yang sudah menggunakan OS Android 4.4 atau iOS 7.0 ke atas. Jam tangan pun akan secara otomatis melakukan kalibrasi waktu sesuai denganzona waktu di ponsel kita

2. Nokia Steel HR

Merek Nokia rasanya tidak perlu mendapat penjelasan lebih lanjut karena mereka merupakan salah satu raksasa di dunia ponsel meski kini pamornya meredup. Dikenal karena produk ponsel tangguh mereka, nokia ternyata juta memproduksi beberapa produk wearable, salah satunya adalah smartwatch hybrid Nokia Steel HR.

jam tangan pintar nokia steel hr

Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, Nokia Steel HR sekilas tampak seperti jam tangan analog biasa. Modelnya pun sangat modis dan bisa dipadukan dengan beragam outfit yang kamu miliki. Namun di balik itu, ada banyak fitur canggih smartwatch yang bversembunyi di balik jam tangan ini.

Sebagai contoh, pada bagian atas jam tangan ada sedikit layar kecil yang bisa menampilkan beberapa hal seperti jumlah langkah kaki atau denyut jantung yang dapat diatur menggunakan dial kecil pada bagian samping jam tangan. Jam tangan hibrida ini pun tahan air dan bisa digunakan di segala cuaca atau aktivitas lain di luar ruangan.

3. Samsung Galaxy Watch 3

Smartwatch hybrid selanjutnya adalah Samsung Galaxy Watch 3. Jam tangan pintar ini hadir dalam dua ukuran, 41mm dan 45mm.

samsung galaxy watch 3

Samsung Galaxy Watch 3 memiliki desain bulat yang tampak elegan dan mewah dengan strap berbahan kulit. Pada bagian luar jam terdapat rotating bezel yang membuat tampilannya tampak lebih kokoh sekaligus memberi kemudahan untuk mengakses menu navigasi hanya dengan memutarnya saja.

Layar smartwatch ini sudah dilengkapi dengan AMOLED dengan gorilla glass. Untuk masalah performa, smartwatch ini sudah menggunakan chipset Exynos 9110, RAM 1GB, storage 8GB, serta baterai besar berkapasitas 240mAh (41mm) dan 330mAh (45mm) yang membuatnya menjadi salah satu smartwatch terbaik.

Seperti jam tangan pintar lainnya, Samsung Galaxy Watch 3 juga diengkapi beragam fitur. Selain bisa digunakan sebagai fitness tracker, smartwatch ini juga dilengkapi sensor accelerometer, gyroscope, barometer, optical heart rate sensor, serta ambient light sensor.

4. Fossil Q Commuter

Fossil bukanlah nama asing jika bicara mengenai jam tangan. Selain memproduksi jam tangan dan aksesoris mewah lainnya, Fossil kini juga ikut merambah pasar jam tangan pintar hibrida yang populer di pasaran.

smartwatch hybrid fossil q commuter

Salah satu smartwatch hybrid terbaik andalan mereka adalah Fossil Q Commuter. jam tangan pintar ini dapat dihubungkan dengan beragam ponsel yang sudah memiliki OS Android 5+ atau iOS 12.0+.

Dengan jarum jam berbentuk analog serta strap berbahan kulit, rasanya tidak akan ada yang menyangka jika jam tangan ini merupakan sebuah smartwatch.

Melalui smartwatch ini, kamu bisa mendapatkan notifikasi dari email, pesan teks, alarm, dan sosial media. Selain itu kamu juga bisa memakai smartwatch ini untuk mengontrol aplikasi musik, menjalankan sleep tracker, atau memakai gadget ini untuk mengambil gambar.

5. Garmin Vivomove HR

Merek Garmin identik dengan wearable device yang bermodel sporty dan banyak digunakan untuk menunjang aktivitas olahraga. Tapi ternyata ada juga beberapa smartwatch hybrid yang tampil dengan model klasik namun tetap kekinian.

garmin vivomove hr, smartwatch hybrid terbaik untuk yang gemar olahraga

Salah satu jam tangan pintar hibrida andalan Garmin adalah Vivomove HR yang kompatibel dengan ponsel Android maupun iPhone.

Meski tampak sederhana, smartwatch ini memiliki banyak sensor seperti Wrist Heart Rate Monitor, Barometric Altimeter, Accelerometer, Ambient Light Sensor. Ini membuat jam tangan ini bisa digunakan bersamaan dengan aplikasi fitness tracker untuk memonitor dan memantau kondisi kita saat berolahraga.

Satu fitur yang menarik dari jam tangan hibrid ini adalah kemampuannya dalam memonitor level stress dalam skala 0-100. Hal ini dilakukan denagn menganalisa detak jantung saat kita sedang dalam keadaan tidak aktif. Agar hasilnya lebih akurat, kamu disarankan untuk tidur menggunakan smartwatch ini.

6. Misfit Command

Misfit adalah merek jam tangan yang masih berada dalam naungan Fossil Group. Salah satu varian smartwatch hybrid terbaik yang mereka andalkan adalah Misfit Command yang kompatibel dengan Android 4.4+ dan iOS 8.2+.

misfit command, jam tangan pintar hibrida misfit command yang cocok untuk iOS dan Android

Desain jam berbentuk bulat berdiameter 44mm dengan casing stainless steel dan strap silikon. Pada layar jam terdapat penanda waktu dan tanggal pada bagian kanan dan kiri jam.

Dengan smartwatch ini, kita bisa memonitor aktivitas serta tidur kita, serta melihat notifikasi email, sms, dan panggilan. Selain itu kita juga bisa menggunakan jam tangan untuk memainkan musik dari smartphone kita. Pada jam tangan pun terdapat tombol pintar yang memungkinkan kita untuk mengambil foto atau bahkan melakukan panggilan.

7. Withings Steel HR

Withings adalah salah satu perusahaan elektronik asal Perancis yang dikenal banyak membuat alat inovatif seperti monitor tekanan darah atau jam tangan pintar. Satu fakta menarik, perusahaan ini pernah diakuisisi oleh Nokia pada tahun 2016 sebelum akhirnya kembali berdiri sendiri pada tahun 2018.

smartwatch hybrid withings steel hr buatan perancis

Salah satu produk jam tangan pintar buatan mereka adalah Withings Steel HR. Smartwatch ini dilengkapi monitor detak jantung, kemampuan water resistant hingga kedalaman 50 meter, serta mampu menampilkan beragam notifikasi mulai dari telepon, pesan SMS dan pemberitahuan dari aplikasi lainnya.

Selain itu smartwatch ini memiliki fitur Multisport tracking yang bisa membantu aktivitas olahraga kita. Fitur ini bisa dijalankan bersamaan dengan aplikasi Health Mate yang juga kompatibel dengan aplikasi fitness tracker lainnya seperti Google Fit, Strava, atau MyFitnessPal.


Smartwatch hybrid menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin mendapatkan fitur dari sebuah jam tangan pintar namun tetap ingin memiliki tampilan klasik dari sebuah jam tangan analog. Dan jika butuh rekomendasi, beberapa smartwatch hybrid terbaik di atas bisa jadi pertimbangan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *