smartwatch terbaik untuk segala budget dan kebutuhan
Aksesoris HP, Men's Style

10 Smartwatch Terbaik untuk Segala Budget

Smartwatch kini menjadi salah satu aksesoris populer bagi pemilik smartphone. Tidak hanya bisa menampilkan notifikasi, pesan, dan panggilan suara saja, smartwatch kini juga dilengkapi banyak fitur dan memiliki desain yang keren dan kekinian.

Nah, jika kamu sedang mencari rekomendasi smartwatch terbaik, ada banyak model dari berbagai produsen yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget yang kamu miliki.

1. Apple Watch Series 6

Saat tulisan ini dibuat, Apple Watch Series 6 adalah smartwatch keluaran terbaru dari Apple. Jadi jika kamu menggunakan iPhone, maka aksesoris ini adalah smartwatch terbaik yang bisa kamu gunakan.

Apple Watch Series 6, smartwatch terbaik untuk pengguna iphone

Menilik desainnya, Apple watch Series 6 tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Kebanyakan fiturnya pun hampir mirip seperti Accelerometer, GPS, kompas, EGC, serta tahan air hingga kedalaman 50 meter.

Meski begitu ada juga fitur-fitur baru yang ditambahkan seperti always-on altimeter dan always-on display yang memberikan tingkat kecerahan 2,5 kali lebih baik dari seri sebelumnya.

Satu hal yang menarik, Apple Watch Series 6 ini juga memiliki fitur yang penting di masa pandemi seperti sekarang ini. Dengan fitur oximeternya, kita bisa menghitung kadar oksigen dalam darah melalui perangkat ini.

Di Indonesia, Apple Watch Series 6 hadir dalam dua varian. Untuk Apple Watch Series 6 40mm GPS dijual mulai dari Rp6.999.000, sedangkan Apple Watch Series 6 44mm GPS dijual dengan harga mulai dari Rp7.499.000.

2. Samsung Galaxy Watch 3

Smartwatch terbaik lainnya adalah Galaxy Watch 3 yang dirilis bersamaan dengan HP Samsung Galaxy Note 20.

Samsung Galaxy Watch 3, smartwatch paling cocok untuk pengguna hp samsung

Smartwatch berbentuk bulat ini dibuat dengan desain yang elegan dan mewah dan dilengkapi dengan rotating bezel. Tidak hanya sebagai pemanis, rotating bezel ini juga menawarkan cara navigasi menu yang praktis hanya dengan memutarnya saja.

Samsung Galaxy Watch 3 menggunakan layar AMOLED yang sudah dilengkapi gorilla glass. Untuk masalah performa, smartphone ini juga dilengkapi dengan chipset Exynos 9110, 1 GB RAM, dan media penyimpanan sebesar 8 GB. Sementara itu, baterai yang digunakan memiliki kapasitas 240 mAh untuk versi 41mm, dan 330 mAh untuk versi 45mm.

Seperti halnya jam tangan pintar premium lainnya, Samsung Galaxy watch 3 juga bisa digunakan sebagai fitness tracker. Selain itu smartwatch ini juga dilengkapi beragam sensor lain seperti Accelerometer, Gyroscope, Barometer, Optical heart rate sensor, ECG, dan Ambient light sensor.

Smartwatch ini hadir dalam dua varian. Samsung Galaxy Watch 3 41mm memiliki layar 1,2 inci dan dijual mulai Rp6 jutaan. Sementara Samsung Galaxy Watch 3 45mm dengan layar 1,4 inci dijual mulai Rp6,4 jutaan.

3. Oppo Watch

Bagi kamu pengguna smartphone Oppo, Oppo Watch bisa jadi smartwatch terbaik yang bisa kamu gunakan. Desainnya yang melengkung membuat jam tangan pintar ini juga cocok untuk menunjang penampilanmu.

Oppo Watch, smartwatch terbaik untuk pengguna hp oppo

Untuk urusan performa, Oppo Watch dilengkapi dengan RAM 1 GB, storage 8 GB, serta dua buah chipset, yaitu Snapdragon 3100 yang akan digunakan pada mode penuh, serta Ambiq Micro Apollo3 yang digunakan pada saat smartwatch berjalan di smart mode.

Jika kamu berminat, saat ini Oppo Watch ditawarkan dalam dua varian, yaitu Oppo Watch 41 mm berharga Rp2,5 juta dan Oppo Watch 46 mm berharga Rp3,5 juta.

4. Xiaomi Mi Watch

Seperti ketiga produsen sebelumnya, Xiaomi juga tidak mau kalah untuk membuat memproduksi smartwatch mereka sendiri. Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, Xiaomi merilis smartwatch Mi Watch.

Xiaomi Mi Watch, smartwatch terbaik untuk pengguna hp xiaomi

Mi Watch didesain dengan bentuk bulat dengan diameter 35 mm. Untuk tampilan sudah menggunakan layar AMOLED dengan resolusi maksimum 454×454 pixel dan tingkat kecerahan layar 450 nits. Jam ini pun akan terasa ringan di tangan karena bobotnya hanya 32 gram saja.

Untuk masalah performa, Xiaomi Mi Watch sudah dilengkapi dengan chipset Apollo 3, 1 GB RAM, konektivitas Bluetooth 5.0, dan baterai besar 420 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga lebih dari dua mingu.

Sama seperti smartwatch lainnya, Xiaomi Mi Watch dapat digunakan sebagai fitness tracker untuk memantau kegiatan olahragamu. Selain itu, Mi Watch juga memiliki fitur kesehatan seperti kemampuan untuk mendeteksi detak jantung dan tingkat oksigen dalam darah (SpO2).

Untuk harga, Xiaomi Mi Watch dibandrol mulai harga Rp1,6 juta dan hadir dalam tiga warna strap berbeda yaitu hitam, biru tua, dan beige.

5. Realme Watch S

Realme Watch S patut kamu perhitungkan meski tidak memiliki HP Realme. Selain harganya yang sangat terjangkau, Realme Watch S juga dilengkapi banyak fitur dan memiliki desain yang cukup menarik.

Realme Watch S, smartwatch murah untuk pengguna hp realme

Secara fisik, jam tangan pintar buatan Realme ini berbentuk bulat dengan layar corning Gorilla Glass berukuran 1,3 inci dan resolusi 360×360 piksel. Selain itu smarwatch ini dibungkus casing alumium serta menggunakan strap berbahan silikon. Jam tangan pintar ini pun memiliki baterai besar dengan kapasitas 390 mAh yang bisa bertahan hingga 15 hari dan menggunakan USB magnetic charge untuk mengisi dayanya.

Untuk fiturnya sendiri cukup melimpah, mulai dari sensor PPG untuk mengukur dan memantau detak jantung pengguna dengan tingkat akurasi yang tinggi. Selain itu, Realme Watch S juga memiliki fitur Blood Oxygen Monitor yang dapat mendeteksi kadar oksigen dalam darah serta digunakan sebagai fitness tracker

Jika berminat, smartwatch Realmi Watch S dibandrol dengan harga murah, cukup Rp1 juta saja!

6. Amazfit GTR

Selain jam tangan pintar Realme, Amazfit GTR juga bisa jadi salah satu opsi jika kamu mencari smartwatch terbaik dengan harga terjangkau. Desainnya pun cukup menawan untuk dijadikan aksesoris yang menunjang penampilanmu.

Amazfit GTR, smartwatch murah terbaik

Pada smartwatch ini terdapat beragam fitur yang bisa memudahkan kamu seperti sensor PPG yang bisa mendeteksi detak jantung. Selain itu smartwatch ini juga bisa digunakan sebagai fitness tracker untuk 12 jenis olahraga yang berbeda mulai dari treadmill, skiing, ataupun berenang.

Di Indonesia, Amazfit GTR hadir dalam dua versi. Amazfit GTR 42mm memiliki baterai dengan daya tahan hingga 12 hari dan dibandrol Rp1,3 juta. Sementara Amazfit GTR 47mm memiliki baterai dengan daya tahan hingga 24 hari dan dibandrol Rp1,45 juta.

7. Huawei Watch GT 2

Huawei Watch GT 2 sebenarnya sudah cukup lama dirilis di Indonesia, tepatnya sejak Oktober 2019. Namun jika kamu mencari smartwatch yang bisa digunakan di segala merek hape, maka produk ini bisa jadi salah satu rekomendasi.

Huawei Watch GT 2, smartwatch terbaik dengan banyak fitur

Huawei watch GT2 hadir dalam dua ukuran, yaitu 46 mm dengan resolusi 454×454 piksel serta 42 mm dengan resolusi 390×390 piksel. Selain itu kamu bisa memilih salah satu varian, yaitu Sport yang hadir dengan warna strap Matte Black dan Sunset Orange) serta Classic yang hadir dengan warna strap Pebbel Brown bermaterialkan kulit.

Untuk harga, Huawei Watch GT 2 Classic dibandrol mulai dari harga Rp2,2 – Rp2,4 juta, sementara Huawei Watch GT 2 Sports dihargai mulai dari Rp2,5 juta.

8. Garmin Vivo Active 3

Sesuai dengan namanya, Garmin Vivo Active 3 akan cocok untuk kamu yang senang bergerak aktif dan berolahraga. Tidak tanggung-tanggung, smartwatch ini mendukung lebih dari 15 aplikasi olahraga mulai dari renang, sepeda, yoga, strength training dan masih banyak lagi.

Garmin Vivo Active 3, smartwatch olahraga dengan mp3 player

Cara pemakaiannya jam tangan ini pun terbilang cukup mudah. Kamu bisa mengatur sendiri jadwal latihan sesuai keinginan dengan bantuan aplikasi Garmin Connect. Setelah itu, jam tangan pintar ini akan terus merekam gerakan yang kamu lakukan serta menampilkan perkiraan VO2 max dan stress level secara berkala. Enaknya lagi, smartwatch ini juga dilengkapi side swipe yang memudahkan kamu untuk memilih menu dengan cepat tanpa perlu khawatir terganggu oleh keringat.

Satu hal menarik lainnya, jam ini dilengkapi dengan teknologi Garmin Chroma Display yang memudahkan kamu membaca layar jam dengan mudah, meski di bawah sinar matahari langsung sekalipun. Selain itu kamu juga bisa menyimpan lagu dan memutarnya melalui earphone bluetooth.

Untuk harga, siap-siap merogoh kocek lebih dalam karena Garmin Vivo Active 3 dihargai mulai Rp4.499.000.

9. Garmin Forerunner 945

Satu lagi smartwatch buatan Garmin yang ditujukan untuk kamu yang gemar berolahraga adalah Garmin Forerunner 945. Hal ini bisa dilihat melalui sederet fiturnya seperti advanced heart rate features, sensor deteksi detak jantung serta VO2 Max, hingga race predictor yang bisa membantu kamu saat mengikuti lomba lari. Selain itu smartwatch ini juga bisa dibawa berenang hingga 5 atm atau sekitar 50 meter.

Garmin Forerunner 945, smartwatch terbaik untuk lari dan jogging

Fitur lain yang tidak kalah menarik dari smartwatch ini adalah adanya fitur MP3 music playback sehingga kamu bisa berolahraga sambil ditemani lagu favoritmu. Fitur NFC payment juga membuat jam tangan pintar ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran secara online.

Tidak hanya itu, jam tangan ini juga bisa terhubung dengan komunitas kebugaran online Garmin Connect. Data-data yang tercatat melalui smartwatch ini nantinya akan diunggah secara otomatis sehingga kamu bisa saling memberi saran atau bahkan mengikuti berbagai tantangan.

Untuk harga, Gamrin Forerunner 945 dihargai mulai Rp9.499.000.

10. Fitbit Versa 2

FitBit adalah salah produsen smartwatch yang fokus untuk kamu yang senang melakukan aktivitas fisik. Makanya di banyak jenis smartwatch yang mereka keluarkan, kamu bisa melihat banyak fitur fitness tracking di dalamnya, seperti pada jam tangan pintar FitBit Versa 2.

Fitbit Versa 2, smartphone murah untuk olahraga

Selain fitur kesehatan, Fitbit Versa 2 juga dilengkapi dengan fitur lain yang tidak kalah keren seperti dukungan Alexa atau memutar lagu melalui spotify. Menariknya, smartwatch ini dilengkapi mikrofon agar kamu bisa membalas pesan menggunakan fitur voice to text recognition.

Untuk harga, smartwatch ini dijual mulai dari harga Rp2.999.999. Kamu pun bisa memilih kombinasi warna berbeda seperti black/carbon, stone/mist grey, atau petal/copper rose.


Itulah dia beberapa smartwatch terbaik yang bisa kamu cari di pasaran. Berbeda dari jam tangan biasa, smartwatch dilengkapi dengan beragam fitur keren dan cocok untuk kamu yang aktif. Tidak hanya itu, desainnya yang kekinian juga bisa membuat jam tangan pintar ini menjadi salah satu aksesoris wajib buat kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *