merk tweeter mobil yang bagus
Otomotif

7 Speaker Tweeter Mobil Terbaik

Tweeter adalah salah satu komponen audio mobil yang dapat menghasilkan suara frekuensi tinggi. Perangkat ini digunakan bersamaan dengan speaker mid-range sera subwoofer untuk menghasilkan suara dalam rentang yang lebih luas dan enak untuk didengar.

Perangkat yang menghasilkan gelombang suara yang kecil ini umumnya berukuran mini dan sudah terpasang saat kamu membeli kendaraan roda empat. Keberadaan tweeter memastikan audio mobil kamu tidak terdengar ‘mendem’ dan umumnya akan lebih baik saat dicorongkan kepada pendengarnya.

Nah, buat kamu yang ingin mengganti perangkat ini, berikut adalah speaker tweeter mobil terbaik yang bisa membuat kualitas audio mobil semakin jernih.

Merk Tweeter Mobil yang Bagus

1. JBL GTO 19T

merk tweeter mobil yang bagus dari JBL, JBL GTO 19T

Harga: Rp535.000

Tweeter JBL GTO-19T jadi perangkat yang cocok untuk kamu yang menginginkan kualitas suara audio mobil yang lebih jernih dibanding tweeter bawaan pabrik. Harganya yang relatif terjangkau serta instalasinya yang mudah membuat tweeter buatan JBL ini patut kamu pertimbangkan.

Sensitivitasnya yang tinggi membuat tweeter ini baik untuk menambah respon frekuensi tinggi serta meningkatkan performa keseluruhan audio mobil. Selain itu desain tepi soft-dome pada tweeter ini dapat meningkatkan daya sekaligus mengurangi distorsi frekuensi tinggi.

Tidak hanya itu, koil 3 ohm dalam tweeter berukuran 19mm ini juga bisa mengkompensasi resistansi tambahan akibat kabel speaker serta meningkatkan output perangkat ini.

2. JBL Club 750T

JBL Lcub 750 jadi salah satu tweeter mobil terbaik

Harga: Rp550.000

Dengan harga yang tidak jauh berbeda, speaker tweeter mobil lain dari JBL yang bisa masuk wishlist kamu adalah JBL Club 750T. Meski hanya berukuran 3/4 inci, tweeter ini didesain dengan sensitivitas tinggi yang dapat menghasilkan banyak suara dan membuatnya ideal dipasangkan dengan sistem audio bawaan pabrik manapun.

Meski tweeter umumnya bekerja lebih baik untuk suara dengan frekuensi tinggi, polypropylene cones yang bertekstur kuat pada JBL Club 750T membuatnya mampu menghasilkan suara bass yang cukup keras. Selain itu dome tweeters PEI yang seimbang juga memastikan kamu mendapatkan suara yang lembut.

3. Nakamichi N-T37

Nakamichi N-t37, tweeter murah dengan suara jernih

Harga: Rp450.000

Tweeter murah berkualitas selanjutnya adalah Nakamichi N-T37. Selain menghasilkan suara frekeunsi tinggi dengan tajam dan jernih, perangkat berbentuk dome ini juga dapat mengalirkan suara dengan rentang yang lebih jauh dengan distorsi yang sangat minim.

Dengan peak power mencapai 120 W, tweeter speaker mobil ini memiliki rentang frekuensi antara 1200-20,000 Hz. Selain itu perangkat ini juga menggunakan magnet neodymium yang membuat tweeter berkuran 30 mm ini ringan dan memiliki efektivitas yang tinggi.

4. Venom Inferno Vin 1

Venom Vin-1, tweeter speaker terbaik dengan suara halus

Harga: Rp1.200.000

Venom Vin 1 merupakan bagian dari seri Inferno yang dimiliki Venom bersamaan dengan midbass Vin 6 dan full-range Vin 2. Tweeter ini berjenis silk dome yang membuatnya tidak terlalu cempreng dan bisa menghasilkan suara dengan tone yang halus dan lebih seimbang.

Dengan rated input power sebesar 25 Watt dan maksimal 50 watt, tweeter ini bisa bekerja pada frekuensi 1200Hz hingga 22 kHz. Untuk mounting diameternya sendiri berukuran 44mm dengan mounting depth 16mm.

5. Pioneer TS-B350PRO

Pioneer TS-B350PRO bullet car tweeter dapat menghasilkan suara yang besar namun minim distorsi

Harga: Rp1.000.000

Pioneer TS-B350PRO bullet car tweeter bisa jadi perangkat audio pilihan kamu selanjutnya. Bentuk pada dome yang menyerupai peluru membuat tweeter jenis ini mampu menghasilkan suara yang lebih kencang. Diafragma yang terbuat dari titanium pun membuat perangkat ini mampu mengeluarkan suara yang lebih tajam dan akurat.

Sensitivitasnya yang tinggi (100dB) membuat tweeter mobil ini cocok untuk disandingkan dengan perangkat audio bawaan pabrik. Meski begitu ukuran tweeter 3,5″ menjadi yang terbesar di antara tweeter mobil terbaik di daftar ini sehingga butuh keterampilan khusus dalam memasangnya.

6. Hertz Mille MP 25.3 PRO

tweeter speaker mobil bagus Hertz Mille MP 25.3 PRO dengan kualitas premium

Harga: Rp3.100.000

Salah satu merk tweeter mobil yang bagus dan berkualitas adalah Hertz. Mereka memiliki banyak produk andalah seperti tweeter Hertz Mille MP 25.3 PRO. Tweeter mobil tetolon dome dengan 25 mm ferrofluid-cooled mobile voice coil ini mampu menghasilkan suara yang terdengar natural dengan range yang sangat besar.

Berkat center tuning duct yang terletak di tengah-tengah neodymium magnetic circuit, tweeter terbaik ini mampu menghasilkan beragam frekuensi suara dan memastikan kejernihan dengan mengurangi harmonic distortion yang dikeluarkan.

Tidak hanya itu, beragam perlengkapan pemasangan yang hadir dalam setiap paket penjualalnya, juga memastikan tweeter berukuran 29 mm ini dapat dipasang dengan mudah pada mobil apapun.

7. Kenwood KFC-T40A

Tweeter Kenwood KFC-T40A

Harga: Rp950.000

Tweeter mobil terbaik selanjutnya adalah Kenwood KFC-T40A. Sepasang dome tweeter dari Kenwood ini dapat ditambahkan untuk meningkatkan kualitas audio mobil kamu. Dengan filter inline high-pass, tweeter ini mampu berjalan dengan efisiensi tinggi serta memiliki distorsi yang minim.

Dengan diameter 40 mm, tweeter ini memiliki power handling maksimal 280 watts dan RMS 65 watts. Selain itu tweeter ini memiliki frequency response antara 3,000 – 20,000 Hz serta sensitivitas yang cukup baik dan kompatibel saat dipasangkan dengan kebanyakan merek audio lainnya.


Jika kamu sering berkendara sambil mendengarkan lagu, maka kualitas audio mobil jadi penting. Untuk meningkatkan kualitas suaranya, kamu bisa mengganti tweeter bawaan pabrik dengan tweeter mobil terbaik di atas.

Merk tweeter mobil yang bagus dapat menyediakan range suara yang lebih luas dengan tenaga yang lebih kencang. Meski begitu kualitas suara tetap dipertahankan dan memiliki distorsi yang kecil. Kamu pun bisa mendengar suara jernih meski dikelilingi suara bising kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *