pengertian, manfaat, dan cara menggunakan teknik pomodoro agar lebih produktif
Produktivitas

Tips Agar Lebih Produktif dengan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah salah satu metode populer yang bisa membantu kamu meningkatkan produktifitas kerja. Sayangnya belum banyak yang mengenal metode ini, padahal cara ini cukup mudah dan bisa diterapkan oleh siapa saja.

Jika kamu belum mengenal apa itu Pomodoro? cari tahu dulu yuk pengertian Pomodoro serta manfaat dan cara menggunakan teknik Pomodoro untuk meningkatkan produktivitas kerja dan belajar.

Pengertian Teknik Pomodoro

Pomodoro adalah teknik yang ditemukan oleh seorang mahasiswa asal Italia bernama Francesco Cirillo pada tahjun 1980. Pomodoro sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti Tomat yang terinspirasi dari timer berbentuk tomat yang digunakan Cirillo saat menggunakan metode ini.

Konsep teknik Pomodoro sangatlah sederhana. Kita hanya perlu mengerjakan tugas dalam waktu interval waktu tertentu, antara 20-25 menit.

Saat mengerjakan tugas, kita harus fokus pada pekerjaan tersebut dan tidak boleh melakukan hal lainnya.

Setelah interval kerja tersebut selesai, kamu berhak atas waktu istirahat singkat selama 5 menit. Jika sudah, kamu bisa memulai interval kerja selanjutnya. Dan untuk setiap beberapa interval kerja tertentu, kamu bisa mengambil waktu istirahat yang lebih lama.

Manfaat Teknik Pomodoro

Meski terlihat sederhana, Pomodoro memiliki banyak manfaat, terutama dalam meningkatkan produktivitas kerja kita.

  • Lebih Fokus – Dalam teknik Pomodoro, setiap interval kerja mengharuskan kita untuk fokus hanya pada satu pekerjaan saja. Untuk hal lainnya bisa dikerjakan setelah pekerjaan selesai atau saat waktu istirahat tiba.
  • Lebih Produktif – Karena kita fokus pada satu pekerjaan, tidak terasa pekerjaan tersebut akan selesai lebih cepat karena kita tidak terdistraksi oleh hal-hal lain.
  • Lebih Sehat – Mungkin saat bekerja kita tidak akan sadar telah berada pada posisi yang sama selama berjam-jam. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh dan mental. Waktu istirahat pada teknik Pomodoro bisa dimanfaatkan untuk meregangkan tubuh, meminum cairan, atau sekedar melepas penat dengan berjalan santai.

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah sebuah teknik manajemen waktu yang memanfaatkan “jendela kerja” dengan fokus yang maksimal. Agar lebih mudah dimengerti, berikut adalah salah satu contoh bagaimana kamu bisa meningkatkan produktivitas dengan teknik Pomodoro tersebut.

  1. Tentukan proyek yang ingin diselesaikan, bila perlu pecah proyek menjadi beberapa bagiankecil agar bisa diselesaikan dengan mudah.
  2. Setel waktu menggunakan timer, jam, atau aplikasi Pomodoro.
  3. Pilih durasi yang diinginkan sesuai dengan kemmmpuan, umumnya teknik ini menggunakan interval antara 15-30 menit.
  4. Nyalakan timer dan mulailah bekerja.
  5. Saat waktu kerja habis, ambil istirahat singkat antara 2-5 menit.
  6. Setelah waktu istirahat selesai, nyalakan timer kembali dan mulai bekerja dengan interval yang sama.
  7. Untuk setiap 4 sesi, ambil waktu istirahat yang lebih lama antara 10-20 menit.

Satu catatan penting, tidak ada waktu khusus yang menjadi pakem dalam menggunakan teknik Pomodoro. Interval waktu kerja yang digunakan bervariasi tergantung tingkat kesulitan kerja.

Bila pekerjaan cukup rumit, waktu interval yang terlalu singkat malah berpotensi merusak alur kerja bukan?

Jadi jika kamu butuh fokus yang lebih tinggi, tidak ada salahnya memakai durasi kerja yang lebih lama sampai 60 menit dengan waktu istirahat antara 10-15 menit.

Aplikasi Pomodoro Terbaik

Selain menggunakan timer pada jam tangan atau ponsel, kita juga bisa lho menggunakan aplikasi Pomodoro untuk mengatur jadwal kerja kita. Sebagai rekomendasi, berikut adalah beberapa aplikasi Pomodoro terbaik yang bisa kamu gunakan gratis di Android atau iPhone.

1. Focus To-Do: Pomodoro Timer & To Do List

aplikasi pomodoro terbaik focus to-do

Sesuai dengan namanya, Focus To-Do adalah aplikasi yang mengkombinasikan teknik Pomodoro dengan sebuah To-Do list. Dengan begitu kamu bisa membuat dan mengatur tugas lalu mengerjakannya dengan mudah menggunakan metode Pomodoro.

Tugas yang ada pun bisa dibuat dalam bentuk sub-tugas yang lebih kecil. Dan untuk setiap tugas terdapt reminder yang bisa mengingatkan kita untuk tidak melewatkannya.

Satu hal yang menarik, aplikasi ini menyediakan fitur gamification berbentuk sebuah pohon yang dapat terus tumbuh selama kamu mengerjakan semua tugas dengan baik. Hal ini tentu akan membantu kamu untuk terus termotivasi dalam menyelesaikan lebih banyak tugas.

2. Tomato Timer: Pomodoro Timer & Productivity Timer

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Tomato Timer juga menggabungkan fungsi dari sebuah aplikasi to-do list dengan aplikasi Pomodoro. Jadi selain menyusun daftar tugas yang harus dikerjakan, kamu juga bisa menggunakan metode Pomodor untuk menyelesaikannya.

Satu hal yang menarik, aplikasi nin menyediakan loop mode untuk menjalankan timer secara otomatis. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan counter agar kamu bisa melihat dan melacak target pekerjaan yang sudah kamu selesaikan.

3. Pomodoro Timer

Pomodoro Timer adalah aplikasi Pomodoro sederhana yang bisa kamu pakai di Android. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur waktu interval kerja dan waktu istirahat yang kamu inginkan. Tampilanya dan desainnya pun sangat simpel dan cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *