teknologi canggih smartphone yang bisa membuat kita lebih produktif
Gadget, Produktivitas

7 Teknologi Smartphone yang Bisa Membuat Kita Lebih Produktif

Smartphone mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahun. Hampir setiap beberapa bulan sekali banyak vendor meluncurkan produk yang dilengkapi dengan fitur baru atau peningkatan fitur yang lebih canggih dibanding versi sebelumnya.

Banyaknya teknologi yang tersemat dalam sebuah smartphone membuat perangkat tersebut kini menjadi lebih dari sekedar alat telekomunikasi. Beberapa teknologi yang ada pada hape bahkan bisa membuat kita lebih produktif dalam bekerja seperti beberapa contoh berikut ini.

1. Processor dan RAM

Kecanggihan smartphone kini membuatnya lebih mirip seperti komputer mini dibanding telepon biasa. Tingginya spek prosesor, RAM, hingga video card pada sebuah smartphone memungkinkan gadget tersebut untuk melakukan banyak hal mulai dari mengolah dokumen office hingga membuat dan mengedit konten Youtube.

Hal ini tentu menjadikan smartphone sebuah gadget yang dianggap penting, bahkan dibanding komputer canggih sekalipun karena kita bisa mendapatkan beragam manfaat hanya dari satu smartphone saja.

2. Layar 1 Miliar Warna

Layar smartphone sudah beranjak lama dari mulai hanya bisa menampilkan gambar dengan warna monochrome hingga kini bisa menampilkan miliaran warna sekaligus.

Hal ini menjadi berkah tersendiri bagi kreator konten yang banyak bekerja melalui smartphone mereka. Banyaknya warna yang bisa ditampilkan akan memastikan konten yang mereka buat memiliki warna yang realistis dan bagus saat ditampilkan di sosial media.

3. Lensa Kamera

Kamera menjadi salah satu fitur dasar yang ada pada sebuah smartphone. Tidak hanya smartphone kelas atas, namun juga di kelas menengah ke bawah.

Lensa kamera yang digunakan pada smartphone sendiri kini terdiri dari beragam jenis. Jadi tidak hanya bisa mengambil gambar biasa saja, kamera smartphone kini juga bisa digunakan untuk mengambil beragam jenis gambar menggunaka beragam jenis lensa seperti wide-angle, macro, fisheye, dan lainnya.

Makanya tidak heran jika ada beberapa situs microstock yang menerima gambar jepretan hape pada situs mereka.

Namun tidak hanya itu, kamera hape kini juga bisa digunakan untuk beragam hal yang bisa memantu kamu lebih produktif seperti sebagai scanner tau OCR yang bisa digunakan untuk memindai struk atau mengambil teks dari sebuah gambar.

4. Aplikasi yang Melimpah

Bicara smartphone tentu tidak lengkap tanpa menyebutkan aplikasi melimpah yang dapat diinstal ke dalamnya. Melalui Play Store (Android) atau app Store (iOS), kita bisa memasang aplikasi apa saja yang akan kita butuhkan mulai dari video player, audio player, aplikasi office, hingga game.

Agar kamu bisa lebih produktif saat mengunakan smartphone, kamu bisa memasang beberapa apliikasi yang bisa menunjang produktivitas seperti aplikasi to-do-list, email, office, PDF reader, Pomodoro, password manager, dan masih banyak lagi.

5. Portabilitas

Satu hal yang membuat smarpthone lebih dipilih dibanding komputer atau laptop adalah portabilitasnya. Meski lapot juga portable dan bisa dibawa ke mana-mana, kecilnya ukuran smartphone membuatnya tidak sulit untuk dibawa tanpa memerlukan tas khusus.

Selain itu baterainya yang tahan lama juga membuat kamu tidak melulu harus bergantung pada sumber tegangan listrik agar gadget tersebut bisa terus menyala.

6. Koneksi Cepat

Smarpthone sudah dilengkapi dengan koneksi berkecepatan tinggi yang memastikan kamu dapat terhubung dengan dunia luar tanpa tesendat-sendat.

Selain teknologi 3G dan 4G, kini sudah ada teknologi terbaru 5G yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan kecepatan akses yang jauh lebih tinggi dan stabil dibanding sebelumnya.

Dengan begitu kinerja kamu tidak akan terganggu karena sinyal yang kurang mendukung dan kamu pun bisa lebih produktif saat bekerja dari smartphone.

7. Fast Charging dan Wireless Charging

Teknolgi smarpthone lainnya yang juga bisa membantu kita untuk lebih produktif adalah fitur pengisian dayanya seperti fast charging dan wireless charging. Dengan adanya fitur fast charging, baterai smartphone dapat terisi penuh dalam waktu singkat. Hal ini tentu akan sangat membantu kamu dalam beraktivitas menggunakan smartphone karena tidak butuh waktu lama untuk dapat kembali menggunakan smartphone.

Selain iti teknologi wireless charging juga bisa membantu kamu untuk lebih produktif karena kamu tidak ribet dengan kabel charger dan cukup meletakan smartphone untuk mengisi dayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *