tips agar lebih produktif di pagi hari
Produktivitas

5 Tips agar Kamu Lebih Produktif di Pagi Hari

Bagi sebagian besar orang, pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk beraktivitas karena kondisi tubuh dan pikiran yang masih fresh setelah beristirahat semalaman. Lagipula waktu pagi akan menentukan mood kerja kamu pada sisa harinya, jadi akan sangat disayangkan bukan jika waktu tersebut digunakan untuk hal-hal yang lebih dulu menguras energi?

Nah, agar pagi hari kamu bisa jadi lebih produktif, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Jangan Membuat Jadwal Harian

Membuat jadwal kerja harian sebenarnya merupakan salah satu kunci sukses agar kamu bisa menjalani hari dengan lebih produktif. Dengan adanya jadwal yang tersusun rapi, kamu bisa mengalokasikan semua waktu yang kamu miliki untuk memastikan semua pekerjaan selesai tepat waktu.

Meski begitu hindari untuk membuat jadwal harian di pagi hari agar waktu produktifmu tidak terbuang untuk menyusun tugas yang harus dilakukan.

Ada baiknya jika jadwal harian dibuat malam sebelumnya. Selain bisa membuatmu langsung produktif di pagi harinya, kemungkinan besar kamu tidak akan lupa tugas apa yang harus diselesaikan esok harinya. Kamu juga tidak perlu terburu-buru dalam menyusun jadwal harian tersebut.

2. Isi perut dengan makanan bergizi

Banyak orang yang lebih memilih untuk melewatkan sarapan dan langsung bekerja hanya dengan bekal secangkir kopi atau teh. Meski hal ini akan tergantung pada masing-masing individu, ada baiknya jika kamu meluangkan sedikit waktu untuk mengisi perut dengan makanan bergizi tinggi. Apalagi perut dalam kondisi kosong setelah berjam-jam tidur.

Agar kamu memiliki energi yang cukup untuk memulai hari, ada baiknya jika kamu mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti susu, keju, telur, atau membuat protein shake.

3. Bangun Lebih Pagi

Jika kamu belum pernah mencoba bangun pagi sebelumnya, baiknya kebiasaan ini kamu coba dari sekarang.

Dari sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Applied Social Psychology, orang yang bangun pagi akan lebih proaktif dibanding orang yang lebih telat bangun. Lagipula bangun lebih pagi akan membuat kamu memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan harimu.

4. Hindari Sosial Media

hindari sosial media agar lebih produktif di pagi hari

Membuka sosial media jadi hiburan tersendiri di pagi hari, apalagi jika ada banyak berita menarik dari akun-akun yang kamu ikuti. Namun jika ingin pagimu lebih produktif, ada baiknya kamu menghindari sosial media di pagi hari, kecuali kamu bekerja tidak jauh dari sosmed.

Sebenarnya hal ini tidak masalah selama kamu bisa mengontrol penggunaan sosial mediamu. Hanya saja kadang sulit untuk menghindari godaan-godaan lainnya, yang ujung-ujungnya malah menghabiskan waktu pagimu dan membuat kamu melupakan hal penting lainnya.

5. Mulai Hari dengan Mindset yang Positif

Seberat apapun hari yang kamu jalani akan terasa lebih ringan saat dilalui dengan mindset yang positif. Makanya, carilah cara agar di pagi hari kamu bisa memulai tugas dengan pikiran yang jernih, fokus, dan penuh dengan hal-hal positif.

6. Buat Rutinitas Kecil

Belajar dari salah satu buku produktivitas terkenal, The Power of Habits, kita bisa membuat kebiasaan atau rutinitas kecil yang bisa memicu kita untuk mulai bekerja dan jadi lebih produktif. Dengan melatih kebiasan tersebut, otak akan secara otomatis menangkap sinyal bahwa mereka akan diperlukan untuk sebuah rutinitas baru yang akan menguras energi.

7. Lakukan Olahraga Ringan

“Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat.”

Memang olahraga memiliki banyak dampak positif, tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan mentalmu. Dan dalam jangka panjang, olahraga secara rutin juga akan membuat kamu memiliki lebih banyak energi untuk bekerja seharian dan mencegah kamu lebih cepat lelah dibanding orang yang lebih senang bermalas-malasan di pagi hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *