tips agar tetap termotivasi bekerja dan belajar dari rumah saat pandemi vocid-19
Produktivitas

7 Tips agar Tetap Termotivasi Saat Pandemi Covid-19

Pandemi COVID-19 telah mengubah cara hidup kita dalam banyak hal, terutama ketika beberapa pekerjaan dipaksa untuk dilakukan dari rumah.

Ketika COVID-19 pertama kali muncul, banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara melakukan rutinitas baru ini dari rumah. Hampir setahun setelah penutupan global, ternyata ada cukup banyak kekurangan jika kita harus melakukan pekerjaan dari rumah.

Tanpa tekanan untuk bangun pagi, mengikuti jadwal, atau dalam beberapa kasus menyelesaikan tugas, banyak karyawan merasa semakin sulit untuk tetap termotivasi. Jadi jika kamu merasa tidak produktif selama pandemi, kamu tidak sendirian!

Nah, agar kamu bisa tetap termotivasi selama bekerja di rumah saat pandemi, berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu agar tetap bersemangat dan produktif meski harus bekerja dari rumah.

1. Gunakan Pakaian Kerja

Mungkin kedengarannya aneh untuk menggunakan pakaian kerja meski kita tidak ke mana-mana. Tetapi berpakaian seperti pergi ke kantor akan memberi tahu otak bahwa ada sesuatu yang harus dilakukan, sehingga membantu kita untuk lebih terjaga dan fokus.

Selain itu, mengikuti rutinitas berpakaian seperti pergi ke kantor dapat membantu kita menyiapkan mindset untuk bekerja dan membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda.

2. Buat Rutinitas Harian

Agar lebih termotivasi, kita perlu mengatur diri sendiri sesuai jadwal agar dapat tetap berada di jalur yang tepat untuk sukses. Jika kamu memiliki rutinitas pagi sebelum pandemi, tidak ada alasan untuk tidak mengikutinya sekarang atau membuat rutinitas baru yang sesuai dengan kebutuhan.

Jadwalkan waktu untuk bangun, bersiap-siap, berolahraga, menyiapkan ruang kerja, mengerjakan tugas, menghabiskan waktu dengan orang yang kamu cintai, dan hal lain yang mungkin ingin kamu lakukan di waktu senggang. Memiliki rencana setiap hari akan membantu kamu tetap teratur dan termotivasi.

3. Menentukan Goal

Di awal setiap hari (atau minggu), tetapkan tujuan realistis yang ingin kamu capai. Tuliskan tujuan-tujuan ini di dalam agenda atau di tempat yang terlihat sehingga kamu bisa mengingatnya dan melacak kemajuan yang sudah kamu dapat.

4. Sediakan Ruang Kerja Terpisah

Mungkin hal ini akan sulit dilakukan sebagian orang, tapi ada baiknya jika kamu memilki ruangan terpisah khusus untuk bekerja. Menggunakan ruangan yang sama untuk aktivitas lainnya kemungkinan besar akan memengaruhi produktivitas.

Selain itu beberapa ruangan santai seperti kamar tidur bisa memberi godaan besar untuk bersantai selama bekerja. Jika kamu bisa bekerja di depan meja atau ruangan khusus selama bekerja, kemungkinan besar kamu akan lebih fokus dan dapat bekerja lebih efisien.

Agar kamu bisa tetap produktif selama bekerja di rumah, kamu bisa menggunakan beberapa tips desain ruang kerja di rumah seperti memiliki pencahayaan natural, menggunakan perabot yang nyaman, atau menjaga agar suhu ruangan tetap terjaga.

5. Tetap Bersosialisasi

tetap bersosialisasi agar kamu tetap termotivasi saat bekerja dari rumah selama pandemi

Saat bekerja secara online, kadang kita akan merasa sedikit terputus dari rekan kerja lain yang sama-sama bekerja dari rumah. Inilah alasan kenapa kamu harus berpartisipasi dan bersosialisasi dengan atasan dan rekan kerja. Tetap berhubungan dengan rekan-rekan kita akan meningkatkan semangat dan mengingatkan kita bahwa meskipun kamu sendirian di rumah, kamu masih menjadi bagian dari sebuah tim kerja.

6. Jaga Kesehatan

Banyak orang yang tidak menyadari betapa kesehatan mental dan fisik mereka memengaruhi motivasi dan prestasi akademis mereka. untuk itulah, ciptakan rutinitas yang mencakup aktivitas yang bisa menghilangkan stres dan hal-hal lain yang menyehatkan tubuuh.

Dengan begitu kamu bisa menjaga kesehatan mental dan fisik dan akan termotivasi untuk menyelesaikan tugas yang kamu miliki.

7. Beri Hadiah pada Diri Sendiri

Saat berhasil menyelesaikan pekerjaan di daftar tugas kamu, luangkan waktu untuk memuji diri sendiri dan memberi hadiah yang patut kamu dapatkan. Mengakui pencapaian membuat kamu merasa seolah-olah apa yang telah kamu lakukan itu bermakna dan penting. Ini adalah kunci utama untuk menjaga sikap positif dan tetap termotivasi saat bekerja dari rumah selama pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *