Tips aman saat bepergian sendiri dan solo traveling ke luar negeri
Traveling

9 Tips agar Tetap Aman Saat Bepergian Sendirian

Tidak ada perjalanan yang seratus persen aman. Setiap kali bepergian, risiko keamanan pasti akan selalu ada, meski kamu mengunjungi negara yang diklaim paling aman sekalipun.

Meski begitu jangan jadikan ketakutanmu penghalang untuk menikmati dunia yang tidak pernah kamu jelajahi sebelumnya. Bagaimanapun melompat ke tempat yang tidak diketahui, mengambil risiko, dan menantang diri sendiri adalah bagian dari sensasi traveling.

Agar kamu bisa tetap aman selama traveling, berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan, meski kamu sedang solo traveling sekalipun.

Tips Aman saat Solo Traveling

1. Ambil dan simpan foto paspor

Kehilangan paspor jadi salah satu masalah penting yang seringkali terjadi pada traveler yang bepergian ke luar negeri. Padahal paspor merupakan dokumen penting yang perlu dibawa, dan akan sangat merepotkan saat kita tidak membawanya di negara-negara tertentu.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah memiliki salinan digital yang tersedia jika kamu kehilangan paspor. Tidak hanya menyimpannya di ponsel, ada baiknya jika kamu menyimpan salinan digital paspor kamu di cloud agar kamu tidak bingung saat ponsel kamu hilang.

Sebagia alternatif, kamu juga bisa mengirimkannya pada anggota keluarga dan meminta mereka untuk menyimpannya. Dengan begitu kamu tidak akan khawatir saat paspor hilang di luar negeri dan lebih mudah mengurusnya.

2. Update lokasimu secara teratur

Selain berbagi rencana perjalanan dengan orang tua atau teman kamu, pastikan untuk menghubungi mereka secara teratur. Memberi tahu seseorang tentang keberadaan kamu akan berguna jika terjadi sesuatu yang jarang terjadi pada kamu.

Dengan mengetahui di mana kamu berada dan siapa yang kamu temui di sepanjang jalan, keluarga kamu akan dapat mengawasi keberadaan kamu jika mereka tidak mendengar kabar darimu untuk sementara waktu.

3. Bepergian di siang hari

Di banyak kasus, bepergian di siang hari akan jauh lebih aman dibanding harus bepergian saat malam hari, apalagi bila sudah melewati waktu tidur. Bepergian di siang hari akan memastikan kamu berada di sekitar kerumunan yang membuat kamu juga merasa lebih tenang.

4. Simpan uang di saku depan

Saku belakang adalah tempat terburuk untuk menyimpan barang-barang berhargamu. Alih-alih, simpan uang kamu di saku depan tempat kamu bisa melihatnya.

Hal yang sama juga berlaku jika kamu membawa ransel. Agar lebih aman, pastikan barang-barang berharga kamu diletakan jauh di dalam tas, bukan di bagian terluar ransel tersebut.

5. Jangan terlalu sering menatap peta

Kebanyakan pencuri dan orang lain yang berniat jahat umumnya dapat mengenali orang asing dengan mudah yang bisa menjadi target mereka. Salah satu ciri-ciri yang mudah dikenali adalah ketika mereka selalu melihat-lihat peta untuk mencari tujuan mereka.

Meski hal ini sebenarnya tidak ada salahnya, cobalah untuk tidak menatap peta baik dalam bentuk fisik maupun pada ponsel kamu agar kamu tidak terlihat seperti target yang mudah. Dan tentu saja, jangan beri tahu orang asing bahwa kamu bepergian sendirian!

6. Hindari kontak mata

Ini adalah tips yang berlaku di sebagian besar tempat-tempat wisata utama, di mana kamu lebih mungkin menghadapi pencurian kecil-kecilan. Terkadang cara termudah untuk menghindari menjadi target mereka berikutnya adalah dengan menghindari kontak mata – karena penjahat dapat dengan mudah mengenali turis dengan cara ini!

Jadi ketika kamu dapat merasakan ada seseorang yang mencoba melakukan kontak mata dengan kamu dan membuat kamu merasa tidak nyaman, jangan takut untuk menundukkan kepala dan pergi.

7. Jangan minum terlalu banyak

Hindari kondisi mabuk agar tetap aman saat solo traveling

Saat bepergian sendirian, pastikan kamu tetap sadar dan bisa mengenali lingkungan sekitarmu dengan baik. Jadi buat kamu yang suka mencoba minuman keras selama perjalanan, pastikan kamu tidak minum terlalu banyak agar tidak terlalu mabuk dan menjadi target yang lebih mudah bagi mereka yang berniat jahat.

8. Gunakan asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan mungkin jadi satu hal yang kurang diperhatikan saat kamu memiliki rencana untuk bepergian. Padahal asuransi perjalanan memiliki banyak manfaat yang akan membuat liburan kamu lebih aman dan nyaman.

Tidak hanya bisa menanggung biaya perawatan medis, asuransi perjalanan juga bisa mengganti kerusakan dan kehilangan bagasi, membiayai dokumen perjalanan yang hilang, hingga memberikan kamu kompensasi atas keterlambatan dan pembatalan perjalanan.

9. Belajarlah untuk mempercayai insting kamu

Sebagai solo traveler, kamu akan banyak didekati. Sayangnya tidak semua orang asing ini memiliki tujuan yang baik. Ada penipu dan pencurian kecil di mana-mana, terutama di lokasi wisata yang ramai. Dan salah satu cara mereka untuk memulai aksinya adalah dengan mendekati kamu dan menarik perhatian kamu.

Meski begitu kamu juga akan bertemu banyak orang hebat saat kamu bepergian. Triknya adalah tetap waspada tanpa sepenuhnya menutup diri untuk bertemu orang baru. Waspadai bentuk penipuan yang umum. Dan saat bepergian sendirian, pastikan kamu mengetahui kapan harus bersikap tegas atau bahkan kasar dengan seseorang untuk keluar dari situasi yang membuat kamu merasa tidak nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *