tips menabung untuk traveling ke luar negeri bagi pelajar
Keuangan, Traveling

7 Tips dan Cara Menabung untuk Traveling

Meski menyenangkan, traveling bukanlah hal yang murah untuk dilakukan. Tergantung lokasi yang dituju, traveling bisa cukup menguras kantong, apalagi jika kita juga hobi berbelanja.

Untuk mewujudkan hasrat traveling, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan menabung agar semua kebutuhan saat jalan-jalan dapat terpenuhi dengan baik. Dengan pengelolaan finansial yang baik, tidak hanya destinasi lokal saja, tujuan wisata ke luar negeri pun tidak jadi masalah.

Nah, buat kamu yang memiliki rencana untuk bepergian ke tempat wisata seru. Berikut adalah beberapa tips menabung untuk traveling yang bisa kamu lakukan dari sekarang.

1. Tentukan Destinasi dan Estimasi Biaya Perjalanan

Hal terpenting sebelum merencanakan keuangan adalah dengan menentukan destinasi wisata yang ingin kita tuju. Tidak hanya itu, ada baiknya jika kita juga tahu persis apa saja yang akan dilakukan di tempat tujuan kita nantinya.

Dengan mengetahui hal tersebut, kita bisa menghitung estimasi biaya yang diperlukan dengan lebih tepat dan efisien.

Saat membuat rencana keuangan, pastikan kamu memasukan biaya transportasi bolak-balik, biaya penginapan, biaya makan, biaya transport di lokasi tujuan, serta biaya untuk membeli oleh-oleh. Selain itu jangan lupa juga untuk menyediakan biaya darurat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan jika kamu bepergian ke luar negeri, pastikan kamu juga mengecek biaya deposit yang dibutuhkan untuk bisa memasuki beberapa negara tertentu.

2. Tetapkan Waktu Keberangkatan dan Biaya yang Harus Ditabung

Setelah menentukan destinasi wisata yang ingin dituju, kamu bisa menentukan jadwal keberangkatan. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa membuat target bulanan agar tabungan kamu bisa cukup saat waktu keberangkatan tiba.

Untuk booking tiket pesawat dan tempat penginapan bisa dilakukan jauh hari sebelumnya. Agar bisa menekan pengeluaran, kamu bisa memantau beberapa aplikasi traveling untuk mendapatkan promo dan harga terbaik.

3. Buat Tabungan Khusus Traveling

Agar uang untuk bepergian tidak terambil untuk keperluan lainnya, ada baiknya jika kamu membuat tabungan khusus traveling. Dengan begitu kamu bisa lebih memantau sejauh mana uang tabungan traveling terkumpul. kamu pun tidak perlu khawatir uang tabungan tersebut akan ‘tidak sengaja’ terpakai untuk keperluan sehari-hari.

4. Manfaatkan Tabungan Berjangka

Agar lebih optimal, kamu bisa memanfaatkan tabungan berjangka sebagai tabungan travelingmu. Selain tidak bisa diambil sembarangan, tabungan ini juga bisa diisi secara otomatis dengan mendebet saldo dari tabungan utama kamu.

Tabungan berjangka sendiri nantinya bisa disesuaikan dengan waktu keberangkatan kamu. Pastikan saja uang yang kamu tabung hanya uang yang dibutuhkan saat tiba di lokasi tujuan.

5. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

kurangi pengeluaran tidak penting agar tabungan traveling terkumpul lebih cepat dan sesuai rencana

Jika kamu masih pelajar atau memiliki penghasilan yang pas-pas-an, mungkin akan sulit untuk menabung dengan cepat agar bisa traveling. Untuk menyiasatinya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting.

Jadi saat akan mengeluarkan uang untuk suatu hal, lihat apalah tingkat urgensinya lebih tinggi dibanding keinginan kamu untuk jalan-jalan?

6. Cari Penghasilan Tambahan

Selain dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting, kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan agar tabungan untuk travelingmu cepat terkumpul.

Saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika kamu memiliki skill, kamu bisa menawarkan jasa kamu di situs-situs freelance. JIka kamu bisa menulis, kamu bisa membuat blog dan menghasilkan uang melalui adsense atau affiliate marketing. JIka kamu aktif di sosmed, kamu bisa mengembangkannya agar kamu punya kesempatan untuk ‘menguangkannya’.

7. Konsisten

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah konsisten dalam menabung. Lagipula semua cara di atas akan percuma jika kamu tidak bisa konsisten dalam menjalankannya.

Dengan konsistensi, rencana kamu tidak akan mudah goyah. Kamu pun bisa menikmati liburan yang kamu idam-idamkan dari hasil usaha keras kamu sendiri.


Nah, itu dia beberapa tips menabung untuk traveling yang bisa kamu lakukan dari sekarang. Agar uang yang kamu kumpulkan tidak terlalu banyak, jangan lupa untuk mengecek promo sebelum booking tiket dan akomodasi agar kamu bisa menghemat biaya liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *