tips mendapatkan pekerjaan freelance di LinkedIn
Aplikasi, Keuangan, Produktivitas

7 Tips untuk Mendapatkan Pekerjaan Freelance di LinkedIn

LinkedIn hampir mirip dengan aplikasi sosial media lainnya di mana kamu bisa saling terhubung dengan orang lain di seluruh dunia. Bedanya, LinkedIn lebih banyak digunakan oleh kalangan profesional untuk terhubung dengan profesional lain di bidang yang sama.

Dengan banyaknya member yang menampilkan portfolio serta pencapaian kerja mereka, LinkedIn jadi salah satu platform yang sering digunakan oleh pencari kerja atau bahkan perekrut kerja. Namun tidak kalah menariknya, LinkedIn juga bisa digunakan sebagai aplikasi freelance bagi yang ingin mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama mereka.

Nah, jika kamu adalah seorang freelancer yang juga ingin emanfaatkan platfrom ini, berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan freelance di LinkedIn yang bisa kamu coba.

1. Beri Tahu Orang Lain Bahwa Kamu Adalah Freelancer

Satu hal yang paling mudah untuk memberi tahu orang lain bahwa kamu menerima pekerjaan freelance adalah dengan menuliskan kata tersebut pada profil, portfolio, project, atau tulisan kamu.

Lagipula saat ada calon klien yang ingin mencari jasa pekerja lepas, bukankah mereka akan menuliskan kata ‘freelance’ pada kolom pencarian? Dengan mencatumkan kata ‘freelance’, calon pelanggan akan lebih mudah menemukan kamu bukan?

2. Isi Kolom Pengalaman dengan Hasil Kerja Kamu

Menampilkan hasil kerja pad akolom Experience bisa jadi salah satu cara untuk menarik minat calon klien. Lagipula akan sulit bukan mempekerjakan orang lain tanpa terlebih dahulu melihat hasil kerja mereka?

Dengan menampilkan hasil kerja yang pernah kamu lakukan sebagai pengalaman, recruiter bisa melihat apakah hasil akhir yang mereka dapat akan sesuai dengan ekspektasi mereka atau tidak.

3. Jual Jasa Kamu pada Bagian Summary

Summary, keterangan kecil yang bisa dilihat pada masing-masing profil LinkedIn adalah tempat yang tepat untuk memasarkan jasa freelance yang kamu tawarkan. Untuk menarik minat calon klien, kamu bisa membuat summary dengan poin-poin sebagai berikut:

  • Buat elevator pitch dengan mulai dengan memperkenalkan jasa yang kamu tawarkan.
  • Berikan beberapa poin yang menyebutkan kelebihan jasa kamu dibanding freelancer sejenis
  • Beri contoh hasil kerja dan pencapaian seputar jasa yang pernah kamu lakukan
  • Sebagai alternatif, kamu juga bisa menampilkan testimonial dari mereka yang pernah menggunakan jasamu
  • Letakan call to action agar calon klien bisa langsung menghubungi kamu

4. Mengumpulkan Endorsement

Pujian dari orang lain akan jauh lebi hberharga dibandingkan ucapan kita sendiri. Makanya endorsment jadi senjata ampuh untuk meyakinkan calon klien bahwa kamu benar-benar memiliki skill yang dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan.

Karena itulah, kamu bisa meminta endorsement yang relevan kepada teman, rekan kerja, atau kepada klien yang pernah bekerja sama denganmu dalam sebuah proyek.

5. Aktif di LinkedIn

Setelah kamu membuat profil yang baik, langkah selanjutnya adalah aktif di platform LinkedIn. Selalu perbarui profil kamu dan aktiflah berdiskusi pada grup hingga kamu menjadi salah satu pakar di bidang yang kamu kuasai. Semakin sering kamu berkutat di LinkedIn, semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan freelance melalui LinkedIn.

6. Terhubung dengan Orang yang Membutuhkan Skill Kamu

Untuk memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan freelance melalui LinkedIn, kamu bisa mencoba terhubung dengan orang-orang atau perusahaan yang sekiranya membutuhkan skill yang kamu miliki.

Untuk terhubung dengan orang-orang seperti ini, cara yang paling mudah adalah melihat profil orang lain yang pernah bekerja sama. Kamu bisa melihat deskripsi profil mereka dan melihat jabatan serta kata kunci yang mereka gunakan. Setelah itu kamu bisa mencari keyword yang sama untuk menemukan orang-orang lain yang kira-kira akan membutuhkan jasa yang kamu tawarkan.

7. Tetap Terhubung dengan Klien

Setelah bekerja sama dengan klien tertentu, tetap jaga komunikasi agar klien yang sama bisa mengingat kamu saat mereka membutuhkan jasa yang sama.

Tidak hanya itu, klien yang puas dengan hasil pekerjaan kamu juga bisa merekomendasikan kamu pada kerabat mereka yang juga membutuhkan jasa yang sama.


Dibandingkan kebanyakan platform sosial media lainnya, LinkedIn adalah tools yang cocok bagi para pekerja freelance untuk bisa terhubung dengan banyak calon klien potensial. Dengan portfolio yang baik dan strategi yang tepat, kamu bisa mendapatkan pekerjaan freelance melalui LinkedIn dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *