Tips foto dengan smartphone agar hasilnya bagus
Gadget

8 Tips Foto dengan Smartphone agar Hasilnya Bagus

Menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus berbekal smartphone kini bukan lagi hal yang mustahil. Semakin canggihnya kualitas kamera smartphone dan banyaknya aplikasi editing foto gratis yang bisa digunakan, semakin mempermudah siapa saja untuk bisa mengambil gambar terbaik.

Tidak hanya untuk keperluan pribadi atau untuk diupload di sosmed saja, ponsel juga bisa membuat karya profesional dengan kualitas yang cukup mumpuni jika kamu tahu cara menggunakannya. Saking bagusnya, kamu bahkan bisa menjual foto smartphone kamu di beberapa situs jual beli stok foto.

Nah, agar kamu bisa meningkatkan kualitas jepretan kamu, berikut adalah beberapa tips foto dengan smartphone agar hasilnya bagus dan memuaskan.

Tips Mengambil Foto dengan Smartphone

1. Gunakan smartphone dengan kamera berkualitas

Hal ini bisa jadi salah satu faktor pembeda terbesar untuk menentukan apakah kamu bisa mengambil foto dengan kualitas yang baik menggunakan smartphone. Kebanyakan hp low-end saat ini bahkan sudah memiliki kamera yang cukup baik untuk mengambil foto dengan resolusi yang cukup tinggi.

Meski begitu kualitas foto yang kamu ambil menggunakan smartphone akan meningkat drastis kualitasnya bila kamu menggunakan smartphone kamera yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur kamera tambahan seperti night mode. Kamu bahkan bisa mengambi foto makro atau foto vintage langsung menggunakan fitur bawaan kamera hp.

Jika kamu bingung memilih smartphone kamera yang bagus, tidak ada salahnya untuk berinvestasi pada brand-brand ternama seperti Google Pixel, iPhone, atau seri Samsung Galaxy jika kamu serius untuk mendalamai fotografi smartphone.

2. Cahaya dan pengaturan kamera

Kebanyakan smartphone mahal memiliki lensa yang baik. Sebagai contoh, seri Samsung Galaxy terbai memiliki lensa yang memiliki fokus f/1.5. Meski begitu, sensor yang digunakan umumnya berukuran kecil mengingat terbatasnya tempat pada smartphone dan fokus smartphone yang lebih memanjakan pengguna kamera point and shoot.

Makanya tidak heran bila kebanyakan kamera hp akan sangat kesulitan untuk mengambil gambar dengan pencahayaan yang kurang. Jadi untuk mengambil gambar yang baik dan mengoptimalkan penggunaaan kamera smartphone, kamu harus menggunakan pencahayaan yang baik.

Jika kamu menggunakan smartphone untuk mengambil foto, pastikan kamu menemukan lokasi yang cukup terang untuk mendapatkan hasil yang sempurna dengan sedikit noise pada gambar. Jika kamu memotret di dalam ruangan, kamu bisa menggunakan sumber cahaya sebanyak mungkin untuk menerangi objek foto.

3. Sesuaikan Eksposur

Smartphone memiliki keunggulan tambahan dibandingkan dengan kamera point-and-shoot. Kamera tersebut memiliki beberapa perangkat lunak hebat untuk mengontrol bidikan kamu. Tingkat penyesuaian paling dasar yang dapat kamu atur adalah Eksposur, yang dapat mencerahkan atau menggelapkan objek yang kamu bidik.

Menggunakan fitur exposure secara efektif dapat menjadi pembeda antara hasil foto yang buruk dan foto yang berkualitas lebih baik. Melalui fitur exposure, kamu dapat mencerahkan foto makan malam dengan penerangan lilin untuk Instagram, atau menggelapkannya di hari yang terlalu terang untuk mendapatkan hasil potret yang dramatis.

4. Gunakan grid

Bingkai Grid adalah fitur yang awalnya tersedia pada kamera DSLR. Namun sebagian besar smartphone saat ini sudah memiliki fitur grid yang bisa diaktifkan dan dinonaktifkan.

Grid ini akan sangat penting untuk mengaplikasikan metode rule of thirds dalam mengambil komposisi gambar yang baik. Dengan sistem ini, foto yang kamu ambil akan dibagi menjadi 9 bagian yang sama mengggunakan masing-masing dua garis vertikal dan horizontal.

Menggunakan prinsip rule of thirds, elemen paling penting dalam sebuah foto harus diletakan sepanjang garis bantu atau pada titik pertemuan antara dua garis. Jadi alih-alih meletakan objek foto pada titik tengah, kamu bisa mendapatkan keseimbangan foto yang lebih baik dan membuatnya tampak lebih baik dipandang mata.

5. Kuasai fitur kamera smartphone

Kemampuan ponsel kamera modern saat ini benar-benar canggih. Sebagai contoh, beberapa ponsel memiliki perangkat lunak pada kamera yang dapat mengaburkan latar belakang atau bahkan menghilangkan objek yang tidak diinginkan pada foto. Beberapa ponsel kelas atas lainnya juga dilengkapi dengan perekaman video gerak lambat super (slow motion). Fitur penting lainnya yang dapat membantu kamu mengambil foto smartphone yang bagus adalah mode burst.

Jadi intinya adalah, kamera hp kamu kemungkinan besar penuh dengan banyak fitur yang mungkin tidak kamu sadari. Jadi luangkan waktu untuk memahami cara kerja berbagai fitur di kamera smartphone kamu agar kamu bisa mengambil foto yang lebih baik dan kreatif.

6. Gunakan aplikasi edit foto

Smartphone tidak hanya bisa dipakai untuk mengambil foto saja, tapi juga mengedit atau memprosesnya agar hasilnya lebih bagus.

Meski aplikasi edit foto bawaan kamera umumnya memiliki fitur yang terbatas, kamu bisa menginstal aplikasi tambahan yang lebih memiliki banyak fitur. Dengan aplikasi edit foto terbaik, kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari mengatur komposisi cahaya, keseimbangan warna, menambahkan efek dan filter, hingga menghapus objek yang tidak diinginkan dari sebuah foto.

7. Gunakan lensa tambahan

Tidak seperti kamera DSLR, kamu tidak bisa mengganti lensa bawaan kamera smartphone kamu. Namun kamu bisa menggunakan lensa eksternal untuk mendapatkan hasil yang tidak bisa kamu dapatkan menggunakan lensa kamera hp.

Lensa tambahan untuk hp akan sangat cocok untuk kamu yang serius mendalami fotografi smartphone dan ingin memanfaatkan kamera ponsel sebaik mungkin. Namun, perlu diingat bahwa lensa tambahan yang original dan berkualitas baik akan cukup mahal. Agar tidak salah pilih, kamu bisa membeli lensa kamera ponsel dari produsen lensa tambahan tepercaya seperti Olloclip atau Moment.

8. Gunakan gimbal

Saat ini, smartphone semakin banyak digunakan untuk merekam video. Jika kamu sering menggunakan ponsel cerdas untuk merekam video atau streaming langsung, kamu bisa mempertimbangkan untuk membei sebuah gimbal.

Gimbal adalah alat khusus yang bisa menjaga posisi lensa agar tidak berguncang saat merekam. Dengan begitu, kamera smartphone kamu akan lebih stabil saat dipakai untuk mengambil foto atau video.


Itulah dia beberapa tips foto dengan smartphone agar hasilnya bagus. Selain menggunakan smartphone kamera canggih, kamu juga bisa memperbaiki kualitas foto smartphone menggunakan alat tambahan atau melalui aplikasi. Jika sudah bagus, tidak hanya bisa disimpan sendiri, kamu bahkan bisa menghasilkan uang dari foto smartphone tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *