tips menghemat baterai smartphone selama traveling
Smartphone, Traveling

5 Tips Menghemat Baterai Smartphone Selama Traveling

Smartphone jadi barang penting yang tidak boleh ketinggalan dibawa ke mana-mana, termasuk saat traveling. Selain asik menemani kamu saat perjalanan, hape juga bisa membantu kamu mengabadikan setiap momen perjalananmu.

Sayangnya kemampuan hape akan sangat dibatasi oleh besarnya daya yang dimilikinya. Pasti bakalan repot kalau baterai hape sudah keburu habis duluan selama perjalanan.

Hal ini memang bisa disiasati menggunakan power bank atau car charger untuk mobil. Tapi kalau sampai lupa bawa bagaimana?

Nah, agar kamu tidak was-was di jalan, berikut adalah beberapa tips menghemat baterai smartphone selama traveling yang bisa kamu coba.

1. Hindari Pemakaian Tak Perlu

Untuk menghemat baterai, langkah yang paling penting adalah dengan tidak menggunakan smartphone untuk hal-hal yang dirasa tidak perlu.

Jadi selama perjalanan, jangan sampai tergiur untuk bermain game, menonton Youtube, atau mendengarkan musik.

Sebagai alternatif, kamu bisa membeli koran atau buku kecil untuk dibaca selama perjalanan. Kamu juga bisa lho mengobrol dengan teman seperjalanan atau orang yang duduk di sebelahmu, siapa tahu di akhir perjalanan kalian malah menjadi teman akrab!

2. Gunakan Mode Airplane

Meskipun tidak digunakan, baterai smartphone akan tetap terpakai jika smartphone kamu terhubung dengan jaringan internet. Kebanyakan aplikasi akan tetap terhubung dengan server mereka agar bisa menampilkan notifikasi langsung dari hape kamu.

Nah, agar baterai tidak habis untuk koneksi data, kamu bisa memanfaatkan mode pesawat atau airplane. Enaknya, fitur-fitur offline yang ada di smartphone kamu akan tetap bisa digunakan, seperti kamera atau video recorder yang pastinya penting saat traveling.

3. Turunkan Kecerahan Layar

Kebanyakan perangkat terbaru sudah memiliki fitur auto brightness yang membuat tingkat kecerahan layar smartphone akan diatur agar mengikuti intensitas cahaya di sekitar. Bukan hanya untuk melindungi mata saja, hal ini juga berguna agar baterai smartphone tidak mudah terkuras saat traveling.

Nah, buat kamu yang layarnya masih terang banget, coba deh turunkan tingkat kecerahan layarnya agar beterai hape kamu tidak boros.

4. Pasang Wallpaper Gelap

Selain tingkat kecearahan, warna yang ditampilkan juga akan mempengaruhi daya yang dibutuhkan untuk menampilkannya. Semakin cerah warnanya, semakin banyak pula daya yang dibutuhkan.

Nah, agar baterai smartphone tetap hemat selama traveling, kamu bisa menggunakan wallpaper dan screen saver berwarna gelap. Bila perlu, kamu juga bisa mengaktifkan mode gelap yang kini ada pada kebanyakan hape terbaru.

5. Hindari Suhu Ekstrim

Tips terakhir untuk menghemat baterai smartphone selama traveling adalah dengan menghindari suhu yang terlalu dingin atau panas.

Suhu dingin cenderung menguras daya pada baterai hape berjenis lithium ion. Sementara suhu yang terlalu tinggi dapat berpengaruh pada daya tahan baterai dan merusak hape itu sendiri. Jadi bila tidak sedang digunakan, baiknya hape disimpan di dalam tas, ransel, atau tempat penyimpanan lainnya.


Itu dia beberapa tips menghemat baterai smartphone selama traveling yang bisa kamu coba. Selama kamu tidak tergoda untuk menggunakan smartphone di perjalanan, baterai kamu dijamin tetap awet hingga lokasi wisata. Kamu pun bisa selfie berfoto ria dan mengabadikan setiap momen kamu dengan leluasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *