tips hemat bbm agar mobil irit bensin
Otomotif

7 Tips Hemat BBM Mobil

Konsumsi bahan bakar minyak (BMM) menjadi salah satu masalah bagi pemilik kendaraan roda empat, terutama jika mobil sangat sering digunakan. Konsumsi Bensin yang boros tentunya akan membuat kamu merogoh kocek lebih dalam agar mobil tetap dapat digunakan.

Untungnya ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menekan konsumsi BBM mobil. Nah, buat kamu yang juga mau hemat BBM bisa cek beberapa tips mudah berikut ini.

1. Gunakan Mobil yang Irit BBM

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat akan memilih kendaraan pribadi, salah satunya adalah konsumsi bahan bakarnya.

Kebanyakan mobil MPV dipasarkan sebagai mobil keluarga irit BBM yang bisa menampung banyak orang sekaligus hemat bahan bakar. Hal ini tentu berbeda dengan mobil SUV atau mobil sport yang dapat mengeluarkan tenaga besar meski lebih boros bensin.

Jadi langkah pertama untuk menghemat bahan bakar kendaraan adalah memilih kendaraan yang sesuai. Jadi jika kamu berencana untuk menyewa mobil untuk road trip, kamu bisa memilih kendaraan yang irit bahan bakar agar pengeluaran kamu selama road trip tidak membengkak.

2. Servis Kendaraan Secara Rutin

Servis kendaraan jadi hal penting yang harus dilakukan pemilik mobil. Check up rutin akan membuat komponen mobil selalu terawat dan bekerja dengan baik sehingga mesin dapat mengkonsumsi BBM secara efisien dan jauh lebih irit.

Makanya, pastikan kamu selalu mencatat jadwal service berkala agar kamu tidak ketinggalan untuk memeriksakan kendaraan kamu.

3. Berkendara dengan Baik

Cara kamu berkendara juga bisa berpengaruh pada konsumsi BBM mobil lho! Jika kamu mengendarai mobil dengan teknik yang baik, penumpang akan merasa nyaman dan konsumsi bensin mobil kamu pun bisa lebih irit.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah saat kamu menekal pedal gas. Saat menggunakan mobil bermesin biasa, jaga kecepatan pada 1.500-2.200 RPM. Jika kamu menggunakan mobil dengan mesin diesel, jaga kecepatan pada putaran 1.00-2.000 RPM. Pastikan kamu mengoper gigi saat mesin mobil mulai meraung keras agar bahan bakar tetap irit.

4. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Meski sama-sama mobil, masing-masing memiiki spesifikasi yang cocok untuk bahan bakar tertentu agar pembakaran berlangsung dengan sempurna.

Sebagai contoh, mobil berbahan bakar oktan tinggi tidak akan cocok bila diisi dengan bahan bakar beroktan rendah. Penggunaan BBM yang tidak sesuai dengan spek mobil seperti ini akan membuat proses pembakaran menjadi tidak efisien sehingga tenaga yang dihasilkan akan berkurang. Makanya secara tidak sadar kita akan menekal pedal gas lebih dalam untuk mengkompensasi tenaga mobil yang dirasa kurang.

5. Periksa Tekanan Udara Pada Ban

Apakah kamu perah bersepeda dengan ban yang kempis? Pasti sepeda akan terasa lebih berat saat dikayuh bukan?

cek tekanan udara pada ban agar mobil tidak boros BBM

Hal yang sama juga berlaku pada kendaraan lainnya, termasuk mobil. Ban mobil yang kempis akan memperbesar tahanan gulir pada ban sehingga butuh tenaga ekstra untuk menggerakan kendaraan. Makanya tekanan ban yang berkurang bisa membuat mobil lebih boros bahan bakar.

6. Bijak dalam Menggunakan AC

AC (air conditioner) jadi salah satu komponen penting untuk mobil yang beredar di negara tropis seperti Indonesia. Namun banyak yang tidak menyadari jika penggunaan AC butuh tenaga besar. Semakin dingin dan lama AC digunakan, semakin banyak pula bahan bakar yang habis dikonsumsi.

Untuk menghemat BBM, kamu bisa menggunakan AC hanya ketika diperlukan saja. Bila suhu di luar sudah cukup sejuk, tidak perlu menyalakan AC hingga dingin sekali. Langkah lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak menyalakan AC saat udara di mobil terasa sangat panas. Buka jendela dan pintu terlebih dahulu untuk mengganti udara panas di dalam mobil dengan udara yang lebih sejuk, baru kemudian nyalakan AC.

7. Hindari Membawa Beban Berlebih Pada Mobil

Sama seperti poin-poin sebelumnya, tenaga ekstra yang harus dikeluarkan mobil akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros. Karena itulah, membawa beban yang ringan bisa membantu agar mobil irit BBM.

Karena itulah, bawa barang seperlunya saja di dalam mobil dan keluarkan barang yang tidak perlu, terutama yang cukup berat. Kamu pun bisa mengurangi berat mobil dengan mengisi bensin separuh kapasitas tangki saja. Selain itu jarang terlalu sering menggunakan mobil untuk membawa penumpang melebihi kapasitas mobil agar mobil tidak boros bensin.

8. Gunakan Spesifikasi Standar Mobil

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengehemat bahan bakar mobil adalah dengan menggunakan spesifikasi mobil standar. Modifikasi mobil yang berlebihan seringkali tidak dibarengi dengan perhitungan efisiensi mobil dan lebih mementingkan estetika. Maka jangan heran jika mobil menjadi lebih boros setelah dimodifikasi, terutama pada bagian penting seperti mesin, knalpot, atau roda mobil.


Itu dia beberapa tips hemat BBM mobil yang bisa kamu terapkan. Jika kamu sering menggunakan mobil, tips tersebut akan membantu kamu untuk menghemat lebih banyak uang di akhir bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *