tips hemat di bulan puasa agar tidak boros selama ramadhan
Keuangan

6 Tips agar Tidak Boros di Bulan Ramadhan

Dengan terbatasnya aktivitas fisik dan waktu untuk makan, secara logika pengeluaran kita di bulan puasa harusnya akan berkurang dibanding bulan-bulan lainnya.

Namun bagi kebanyakan orang, bulan puasa malah menjadi bulan yang paling boros. Tidak heran karena kebanyakan dari kita lebih senang untuk membeli makanan jadi untuk berbuka puasa, apalagi di bulan Ramadhan banyak sekali makanan yang hanya muncul sekali dalam setahun saja.

Nah, agar kamu tidak boros selama bulan puasa, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba.

Tips Hemat di Bulan Puasa

1. Rencanakan Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Bocornya pengeluaran seringkali terjadi karena kita tidak melakukan persiapan, salah satunya saat memilih menu untuk sahur atau berbuka.

Memesan makanan akhirnya menjadi pilihan yang lebih cepat dan mudah, kita pun tidak perlu repot menyiapkan makanan sendiri. Hunting makanan berbuka juga jadi ajang untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka.

Agar lebih hemat, kamu bisa membuat rencana menu makan sekaligus membuat anggaran khusus agar uang kamu tidak habis untuk jajan di luar.

2. Makan dan Minum dalam Porsi Wajar

Dengan perut yang kosong seharian, keinginan untuk berbuka dengan yang enak-enak menjadi godaan yang sulit dihindari. Makanya tidak heran jika saat berbuka ada banyak menu yang disediakan mulai dari gorengan, es buah, makanan utama, sampai cemilan untuk malam harinya.

Padahal hal ini sebenarnya tidak perlu. Berbuka tidak harus berlebihan, makan sewajarnya saja sebenarnya sudah cukup untuk melepas dahaga dan rasa lapar.

3. Masak Sendiri

Pengeluaran terbesar di bulan Ramadhan umumnya datang dalam bentuk makanan dan minuman yang kita beli untuk sahur atau berbuka.

Padahal kalau dimasak sendiri, biayanya akan jauh lebih murah lho!

4. Belanja untuk Keperluan Bulanan

Belanja kebutuhan rumah tangga dalam jumlah banyak bisa kamu lakukan untuk mengemat pengeluaran bulanan. Bila kita mencicilnya, seringkali ada saja item tambahan yang ikut dalam keranjang belanja yang ujung-ujungnya membuat pengeluaran semakin besar

5. Manfaatkan Promo Ramadhan

Terdengar sedikit kontra produktif karena promo Ramadhan memang biasanya dipakai untuk memancing kita untuk lebih banyak berbelanja.

Namun jika ada barang kebutuhan yang jadi lebih murah ketika bulan Ramadhan, kenapa tidak dimanfaatkan saja?

Pastikan saja barang yang sedang promo memang benar-benar dibutuhkan. Selain itu pastikan kamu benar-benar mendapatkan harga yang lebih murah dibanding harga normal, jangan sampai tergiur dengan jebakan betmen yah!

6. Batasi BukBer

Kumpul-kumpul bersama keluarga besar atau teman sekantor untuk buka puasa bersama memang jadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi kalau kita mengadakan bukber di restoran dengan menu makanan enak.

Tapi kalau terlalu sering, uang gajian kamu bisa habis hanya untuk buka bersama saja. Jadi lebih selektiflah dalam memilih agenda bukber supaya kamu bisa lebih hemat di bulan Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *