tips investasi dengan gaji kecil
Keuangan

5 Langkah Investasi dengan Gaji Kecil

Investasi dengan gaji kecil mungkin tidak akan terlintas di pikiran banyak orang. Apalagi jika kita sudah berkeluarga dan ada banyak kebutuhan lain yang lebih penting dan perlu dipenuhi. Padahal kini investasi bisa saja dilakukan dengan modal minim.

Saat ini ada banyak instrumen investasi yang kini bisa dicoba dengan modal kurang dari seratus ribu rupiah saja. Tentu tidak sulit bukan untuk mengumpulkan modal tersebut setiap bulannya meski dengan gaji minim?

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba investasi dengan gaji kecil, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Sisihkan uang khusus untuk berinvestasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi. Agar kamu tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk berinvestasi, kamu bisa terlebih dahulu melakukan riset kecil-kecilan pada semua jenis investasi yang ada.

Untuk mendapatkan modal awal investasi, kamu bisa langsung memotong gaji dan menyalurkannya pada instrumen investasi yang sudah kamu pilih. Dengan begitu kamu tidak perlu menunggu uang gajian tersisa agar bisa berinvestasi.

Pilihan lainnya adalah menabung secara perlahan seperti Rp5.000 per hari agar tidak terasa memberatkan. Di akhir bulan, uang bisa terkumpul cukup banyak dan kamu pun bisa mulai berinvestasi.

2. Pilih investasi dengan modal kecil

Saat ini ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih. Masing-masing hadir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika kamu ingin berinvestasi dengan gaji kecil, kamu bisa mulai juga dari jenis investasi yang bisa dilakukan dengan modal minim.

Sebagai contoh, investasi emas bisa dilakukan mulai dari modal ribuan rupiah saja, sementara investasi reksadana dan P2P lending bisa dimulai mulai modal Rp50.000 sampai Rp100.000 saja.

Dengan modal sekecil itu, tentu tidak akan sulit untuk melakukan investasi dengan gaji kecil bukan?

3. Lakukan diversifikasi investasi

Satu tips penting saat berinvestasi adalah dengan melakukan diversifikasi. Artinya jangan meletakan semua modal kamu pada satu instrumen investasi saja. Selain meminimalisir kerugian, hal ini juga dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan yang bisa kamu dapat.

4. Gunakan imbal hasil untuk menambah modal investasi

Saat investasi kamu berhasil mendatangkan untung, jangan dulu gunakan imbal hasil yang kamu dapat untuk hal lain, terutama hal-hal yang sifatnya konsumtif.

Agar kamu mendapatkan untung yang lebih besar, putar kembali imbal hasil yang kamu dapat pada investasi yang kamu lakukan. Dengan begitu investasi dapat berjalan terus dan nilainya pun akan terus bertambah. Selama dilakukan dengan cermat, untung yang kamu dapat nantinya akan jauh lebih besar.

5. Sabar dan konsisten

Satu hal yang seringkali membuat kita enggan berinvestasi dengan gaji kecil adalah hasilnya yang tidak langsung terlihat. Apalagi jika dilakukan dengan modal minim, keuntungan yang didapat mungkin sangat jauh berbeda dengan harapan kita.

Jadi sebelum berinvestasi kamu perlu menanamkan mindset yang benar bahwa investasi bukanlah cara untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu cepat. Butuh kesabaran untuk dapat melihat hasil investasi yang kamu lakukan sekarang.

Dengan cermat menanamkan modal dan konsisten melakukannya, investasi bahkan bisa menjadi sumber passive income kamu nantinya.


Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Hal ini bisa terjadi bila kamu berinvestasi dengan gaji kecil. Meski awalnya terlihat kecil, lama-kelamaan nilai investasi kamu akan semakin besar. Jadi selama kamu memiliki niat untuk berinvestasi dan konsisten menjalankannya, koin yang kamu sisihkan hari ini bisa menjadi harta yang berharga di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *