tips jual mobil bekas agar cepat laku dengan harga tinggi
Otomotif

7 Tips Jual Mobil Bekas agar cepat Laku

Menjual mobil bekas agar cepat laku bukan perkara yang mudah, meskipun kendaraan sebenarnya dalam kondisi terawat. Beragam faktor menjadi pertimbangan pembeli mulai dari tampilan bodi mobil yang masih mulus hingga suara mesin yang masih halus.

Nah, agar mobil bekas bisa laku lebih cepat dengan harga terbaik, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan.

1. Cek Kondisi Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menjual mobil bekas adalah dengan memeriksa kondisi mobil tersebut. Dengan begitu kamu bisa melihat kerusakan kecil yang mungkin saja terlewatkan.

Kamu bisa memulai dengan melihat fisik mobil seperti bodi, kaca, atau bagian interiornya. Setelah itu cek mesin dan servis mesin terlebih dahulu agar kinerjanya lebih prima saat calon pembeli melakukan test drive.

Jika saat pengecekan ada bagian yang perlu diganti, sebaiknya ganti bagian tersebut agar tidak menjadi kelemahan mobil yang membuat harganya turun. Calon pembeli pun jadi tidak banyak pertimbangan karena mobil bisa langsung digunakan tanpa perlu memperbaikinya terlebih dahulu.

2. Periksa Kebersihan Mobil

Kebersihan mobil jadi hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli. Faktanya, banyak calon pembeli yang enggan melirik mobil karena tingkat kebersihannya yang kurang. Ada banyak anggapan bahwa mobil yang tidak bersih menunjukan bahwa pemiliknya tidak merawat mobil dengan baik.

Karena itulah, pastikan bagian bodi dan interior mobil terlihat bersih. Bila perlu cek juga kebersihan mesin karena ada banya calon pembeli yang memeriksanya untuk mengetahui apakah ada kebocoran pada mesin atau apakah mobil pernah terendam sebelumnya.

BIla perlu, kamu bisa memoles mobil terlebih dahulu agar terlihat kinclong dan tampak seperti baru. Hal tersebut bisa menambah nilai jualnya karena mobil akan tampak lebih terawat.

3. Cek Kelengkapan Mobil

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa kelengkapan mobil. Kamu bisa melihat apakah mobil masih dilengkapi dengan ban cadangan, kotak peralatan, segitiga pengaman, atau kotak P3K. Meski sepele, hal ini menjadi salah satu poin plus pada mobil yang seringkali jadi pertimbangan calon pembeli dalam membeli mobil bekas berkualitas.

4. Siapkan Dokumen Perawatan Mobil

Untuk memastikan mesin mobil terawat dengan baik, tidak jarang calon pembeli akan menanyakan dokumen atau catatan servis berkala mobil tersebut. Dengan begitu mereka akan lebih yakin bila mobil benar-benar diservis dan memiliki kondisi mesin yang baik. Makanya, jangan membuang catatan-catatan servis dan kumpulkan dengan rapi agar kamu bisa meningkatkan nilai jual mobil bekas.

5. Manfaatkan Aplikasi Jual Beli Mobil

Di zaman serba canggih seperti sekarang, apa saja bisa dijual secara online. Mobil bekas sendiri memiliki pasar khusus sehingga ada banyak aplikasi jual beli mobil online yang bisa digunakan untuk menjual mobil bekas yang masih layak pakai.

Gunakan aplikasi agar mobil bekas cepat laku terjual

Tidak hanya gratis dan memudahkan penjual untuk memasarkan mobilnya, beberapa aplikasi tersebut juga menyediakan layanan inspeksi yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi kendaraan dan menaksir harga jual mobil tersebut di pasaran. Selain itu mereka juga bisa membantu memasarkannya meski harga yang kamu dapat mungkin akan lebih rendah dengan adanya potongan atau biaya tertentu dari pihak aplikasi.

6. Ambil Foto yang Menarik

Jika kamu menggunakan aplikasi jual beli mobil, pastikan kamu memberi keterangan lengkap pada mobil dan mengupload foto yang menarik. Faktanya, banyak dari kita yang juga tertarik pada sebuah produk karena foto/gambar-nya yang diambil secara baik.

Jadi sebelum menjual kendaraan bekas, tidak ada salahnya jika kamu mengambil foto terbaik yang tidak hanya diambil dari sudut pandang yang pas, tapi juga dengan alat jepret yang bisa menghasilkan gambar yang jernih dan berkualitas. Selain itu ambil foto dengan pencahayaan yang baik dan pastikan semua bagian mobil terdokumentasi dengan baik agar calon pembeli lebih tertarik.

7. Cek Harga Pasar

Tips menjual mobil bekas agar cepat laku yang terakhir adalah dengan memeriksa harga mobil yang kamu miliki di pasaran. Dengan begitu kamu bisa menjual mobil dengan harga yang tidak terlalu tinggi, namun juga tidak terlalu murah.

Untuk melakukannya, kamu bisa bertanya-tanya pada dealer mobil bekas terdekat, memeriksa forum jual beli mobil bekas, atau melihat daftar harga mobil bekas pada aplikasi jual beli mobil online.


Menjual mobil bekas memang tidak mudah. Selain melihat merek dan model mobil, calon pembeli juga memiliki banyak pertimbangan agar uang yang mereka keluarkan sebanding dengan apa yang akan mereka dapat. Agar mobil bekas cepat laku dengan harga tinggi, kamu bisa menggunakan beberapa tips di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *