Tips memasang tweeter mobil
Otomotif

4 Tips Memasang Tweeter Mobil

Salah satu cara meningkatkan kualitas audio mobil adalah dengan menambahkan perangkat tambahan, salah satunya adalah tweeter mobil.

Tweeter mobil akan sangat baik dalam menghasilkan suara dengan frekuensi tinggi antara 2,000 Hz hingga 20 kHz. Jika kamu mendengarkan sebuah lagu, maka tweeter akan berperan penting dalam merepoduksi suara simbal, bel, dan bunyi mendenting lainnya.

Penggunaan speaker bawaan mobil memang akan tetap membuat kamu mendengar suara-suara tersebut, namun kamu bisa mendengarnya lebih jelas jika audio system kamu dilengkapi oleh sebuah tweeter.

Sayangnya tidak semua mobil dibekali dengan tweeter. Namun kamu bisa membeli tweeter aftermarket dan memasangnya di kabin mobil. Agar suara yang dihasilkan lebih optimal, kamu bisa menyimak terlebih dahlu beberapa tips memasang tweeter mobil berikut ini.

1. Memilih Tweeter yang Tepat

Memilih tweeter yang tepat bisa jadi langkah pertama yang harus kamu lakukan. Tweeter mobil terbaik umumnya mampu menghasilkan suara dalam range yang lebih baik, serta dilengkapi dengan komponen yang mampu mengurangi distorsi agar kamu bisa mendengar suara dengan lebih jelas tanpa banyak noise.

Saat ini ada cukup banyak tweeter dengan merk bagus yang bisa kamu cari dengan mudah di pasaran. Namun jika kamu ingin tweeter yang cocok dengan mobil kamu dan bisa dipasang dengan mudah, tweeter original bawaan pabrikan mobil kamu juga bisa dipertimbangkan.

2. Posisi Tweeter

Agar tweeter dapat memberikan hasil yang memuaskan, maka perangkat audio ini harus diletakan dekat dengan telinga penumpang. Makanya posisi tweeter akan sangat menentukan kualitas keseluruhan suara yang dihasilkan.

Pilar

Memasang tweeter mobil di pilar

Suara frekuensi tinggi yang direproduksi oleh tweeter memiliki karakter gelombang yang cepat namun pendek. Makanya suara yang dihasilkan akan terdengar lebih baik saat berada di dekat telinga pendengarnya.

Makanya, tweeter mobil umumnya dipasang pada area pilar A. Selain lebih dekat ke telinga, posisinya juga lebih rigid dan tidak mudah berubah-ubah.

Dasbor

Opsi lain untuk menempatkan tweeter adalah pada dasbor mobil. Beberapa sound engineer mobil bahkan mengklaim kalau tempat inilah titik paling tepat untuk memasang tweeter mobil.

Saat memasang, pastikan letak tweeter berada di ujung dasbor dekat dengan ujung kaca mobil. Selain itu tweeter pun harus diletakan menghadap ke atas.

Dengan begitu, sara dari tweeter dapat dipantulkan dengan baik oleh kaca mobil dan terdengar lebih jelas di area kabin. Jadi tidak hanya orang yang paling dekat dengan tweeter saja, tapi semua orang di dalam mobil pun dapat menikmati kualitas audio yang dihasilkan tweeter tersebut.

3. Pastikan Dudukan Sempurna

Poin penting lain yang mempengaruhi kualitas suara tweeter adalah dudukannya. Saat memasang, pastikan dudukan tweeter kencang agar tidak menghasilkan vibrasi berlebih yang bisa menimbulkan distorsi pada suara yang dihasilkan tweeter.

4. Letakan Speaker Tweeter dan Mid-Range Secara Berdekatan

Buat kamu yang memiliki audio system mobil dengan konfigurasi speaker 3-way, kamu bisa meletakan tweeter berdekatan dengan speaker mid-range untuk mendapatkan output suara yang lebih baik.

Dengan letak yang berdekatan, suara frekuensi menengah dan tinggi yang dihasilkan kedua perangkat tersebut bisa datang bersamaan dari satu sumber saja.


Itu dia tips dan trik memasang tweeter mobil yang baik dan benar. Jadi jangan hanya bisa membeli tweeter mahal saja, pemasangannya pun harus pas agar suara yang dikeluarkan melalui tweeter dapat terdengar lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.