tips membawa laptop saat traveling dan di pesawat terbang
Traveling

8 Tips Membawa Laptop saat Traveling dan di Pesawat Terbang

Membawa laptop seringkali menjadi pilihan saat traveling atau bepergian menggunakan pesawat terbang. Dengan adanya laptop, kamu bebas bekerja dari mana saja dan melakukan banyak hal selama bisa terhubung dengan sumber daya, apalagi jika ada koneksi internet yang memadai.

Meski begitu bukanlah hal yang mudah untuk membawa laptop selama bepergian karena ada banyak faktor yang dapt meningkatkan risiko kerusakan pada laptop, atau bahkan kehilangan.

Nah, untuk meminimalisir hal tersebut, simak dulu yuk beberapa tips penting ini jika kamu ingin membawa laptop saat traveling atau bepergian menggunakan pesawat terbang.

1. Matikan Laptop

Jangan lupa untuk mematikan laptop sebelum disimpan dalam tas untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Bila perlu lepas baterai laptop dan simpan secara terpisah.

Laptop yang masih menyala atau dalam keadaan stand by bisa saja menjadi panas saat disimpan, dan akan sangat berbahaya bila berlangsung dalam waktu lama.

2. Bawa Laptop Masuk ke Kabin Pesawat

Untuk menjaga keamananannya agar tidak rusak atau hilang, ada baiknya jika laptop dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Kebanyakan negara memperbolehkan hal ini selama kamu mematuhi aturan yang berlaku.

Bila kamu terpaksa harus menyimpannya di bagasi pesawat, pastikan kamu sudah memberi perlindungan ekstra. Sebagai alternatif, kamu bisa meletakannya di tengah-tengah koper agar laptop mendapat bantalan ekstra dan tidak rusak bila ada cara penanganan yang salah dari pihak bandara.

3. Letakan Laptop di Tempat yang Mudah Dijangkau

Barang seperti laptop umumnya akan mendatangkan kecurigaan saat dibawa melalui bandara karena benda ini bisa digunakan untuk menyimpan benda-benda yang dilarang masuk ke dalam pesawat.

Makanya laptop seringkali akan diminta untuk dibuka agar bisa diperiksa oleh petugas. Jadi ada baiknya jika kamu menyimpan laptop di tempat yang mudah dijangkau agar kamu tidak perlu membongkar isi koper untuk mengeluarkannya.

Pada beberapa kasus, kamu juga akan diminta untuk menyalakan laptop untuk melihat bahwa laptop benar-benar bekerja dan bukan digunakan untuk menyimpan benda lain.

4. Bawa Colokan Universal

bawa colokan universal saat membawa laptop untuk traveling

Colokan universal jadi salah satu aksesoris yang harus dibawa saat traveling, terutama jika kamu berencana pergi kel luar negeri. Setiap negara memiliki standar kelistrikannya masing-masing, sehingga kepala colokan yang bisa kamu gunakan di dalam negeri belum tentu bisa digunakan saat bepergian ke negara tertentu.

5. Gunakan Tas Laptop yang Berkualitas

Tas laptop yang baik akan memudahkan kamu untuk meletakan laptop dan semua aksesoris yang diperlukan. Saat membelinya, pilih tas laptop dengan bantalan tebal agar dapat meredam guncangan selama perjalanan atau bahkan memberi perlindungan ekstra saat hujan.

6. Simpan Data Penting di Flashdisk atau Cloud Storage

Risiko kerusakan atau bahkan kehilangan laptop akan selalu ada selama kamu traveling. Dan dibandingkan dengan harga laptop itu sendiri, data-data di dalamnya mungkn akan memiliki nilai yang lebih tinggi.

Karena itu, pastikan data-data penting tersebut sudah kamu backup sebelum bepergian. Untuk melindungi data-data baru yang kamu ambil/buat selama perjalanan, kamu bisa menyimpannya di flashdisk yang mudah dibawa kemana-mana. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mengupload data-data penting ke cloud storage jika kamu terhubung dengan internet.

7. Tutup Port yang Tidak Terpakai

Laptop umumnya memiliki banyak port mulai dari port USB, HDMI, VGA, atau memory card reader. Jika kamu tidak menggunakannya, ada baiknya jika kamu menutupnya dengan port cover atau dust cover khusus laptop yang bisa kamu beli secara online.

tutup port laptop yang tidak terpakai saat membawanya dalam perjalanan

Dengan adanya penutup tersebut, port yang tidak terpakai akan terlindungi dari debu yang lama-kelamaan dapat merusak port tersebut sehingga tidak bisa digunakan.

8. Beli Laptop Khusus Outdoor

Jika kamu akan sering menggunakan laptop di medan yang tidak biasa, ada baiknya jika kamu menginvestasikan uang unguk membeli laptop khusus untuk penggunaan outdoor.

Laptop semacam ini biasanya memiliki desain yang lebih tangguh sehingga lebih tahan terhadap guncangan, bahkan jatuh sekalipun. Selain itu laptop semacam ini juga memiliki baterai yang lebih besar dan dilengkapi dengan fitur waterproof sehingga aman jika terkena percikan air meski tidak disarankan untuk terendam dalam air terlalu lama.


Membawa laptop saat traveling bisa membantu kamu melakukan banyak hal selama perjalanan. Namun kamu harus berhati-hati karena barang elektronik tersebut rentan rusak dan memiliki banyak aturan saat dibawa menggunakan pesawat terbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *