tips untuk membuat to-do list yang efektif
Produktivitas

5 Tips untuk Membuat To-Do List yang Efektif

To-Do list adalah satu hal yang bisa membuat hari-hari kita jauh lebih produktif. Dengan menuliskan daftar pekerjaan yang harus dilakukan setiap harinya, kita bisa memulai hari lebih cepat dan efektif. Tidak hanya itu, kita pun juga bisa memantau progres yang sudah kita lakukan di hari itu.

Meski bisa dilakukan seperti membuat daftar pekerjaan pada umumnya, ada beberapa tips agar to-do list yang kamu buat memiliki efek yang lebih baik. Jika kamu sudah rutin membuatnya, coba tambahkan beberapa tips membuat to-do list harian berikut ini.

1. Buat To-Do List untuk Hari Esok

Pagi hari adalah waktu yang produktif bagi kebanyakan orang. jadi akan sayang bukan jika waktu yang berharga ini malah habis untuk mengatur jadwal pekerjaan harian kita?

Tidak cuma itu, to-do list yang dibuat di hari itu juga seringkali tidak sempurna. Jika dibuat dengan terburu-buru, bukan tidak mungkin hasilnya akan tidak sempurna dan akan banyak hal yang kita lewatkan.

Agar To-Do list bisa dibuat lebih baik, ada baiknya jika daftar tugas ini dibuat di hari sebelumnya. Sore hari setelah bekerja bisa jadi waktu yang pas saat kita masih dalam mode bekerja. Pada malam harinya kita bisa membuat review atau sekedar catatan singkat agar keesokan harinya kita bisa langsung bekerja untuk memenuhi daftar tugas tersebut.

2. Buat Tugas Sedetail Mungkin

Agar kita tidak perlu menerka-nerka, kita bisa membuat to-do list sedetail mungkin untuk menghindari kebingungan.

3. Beri Prioritas

Untuk mengetahui tugas penting yang harus dilakukan pertama kalinya, kita bisa memberi label prioritas pada daftar tugas yang kita buat. Dengan begitu tugas yang mendesak bisa selesai terlebih dahulu sebelum kita menyelesaikan tugas-tugas lainnya.

4. Batasi Tugas Harian

Sebenarnya tidak ada salahnya jika kita menulis semua daftar tugas yang perlu dilakukan. Namun hal ini bisa memiliki banyak efek negatif bagi kita.

Sebagai contoh, melihat daftar tugas yang begitu panjang mungkin akan membuat kita malas untuk mulai mengerjakannya, apalagi jika tugas-tugas tersebut tampak berat untuk dikerjakan.

Tidak hanya itu, tugas yang terlalu banyak juga akan sulit untuk diingat dengan baik sehingga kita mungkin akan melupakan tugas kita hari itu, apalagi jika ada tugas yang harus dilakukan secara berurutan.

Agar lebih mudah diingat, buat maksimal 7 hal penting pada to-do list kamu. Dengan begitu kamu bisa fokus pada hal-hal terpenting terlebih dahulu sebelum mengerahkan energi untuk pekerjaan lainnya.

5. Perkirakan Waktu Pengerjaan Masing-Masing Tugas

Jika mungkin, tulis perkiraan waktu pengerjaan pada masing-masing tugas di to-do list kamu. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan semua tugas tersebut. Jika sering dilatih, hal ini akan membuat manajemen waktu kamu menjadi lebih baik.

Tidak cuma itu, memberi batas waktu pengerjaan juga akan memacu kita untuk bekerja lebih baik agar pekerjaan bisa selesai dalam batas waktu yang sudah kita tentukan.


Itu dia 5 tips penting agar to-do list kamu lebih efektif. Dengan cara ini, kamu pun bisa lebih produktif dan memiliki banyak waktu sisa yang bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *