tips memlih gps tracker mobil terbaik
Otomotif

5 Tips Memilih GPS Tracker Mobil untuk Pribadi atau Rental

Tingginya tingkat kejahatan pencurian kendaraan bermotor membuat pemilik kendaraan harus ekstra hati-hati. Selain memarkirkan kendaraan di tempat aman, kamu juga bisa menggunakan alat pengaman mobil, salah satunya adalah GPS (Global positioning System) tracker.

GPS tracker ini berbeda dengan GPS yang biasa digunakan untuk navigasi. Dengan adanya GPS Tracker ini, kita bisa melacak dan mengetahui posisi mobil dengan tepat. Kita pun bisa memantau pergerakan mobil dengan cepat dan mudah dari berbagai perangkat.

Tidak hanya untuk keperluan pribadi, alat pengaman mobil GPS Tracker umumnya dipakai oleh perusahaan rental mobil untuk mengawasi semua aset yang mereka miliki.

Dengan banyaknya pilihan di pasaran, tentu akan sulit untuk memilih GPS tracker terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kita. Agar tidak bingung, sinak dulu yuk tips memilih GPS tracker mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Cek Fitur-Fiturnya

Fungsi utama GPS tracker adalah untuk mengetahui posisi tepat kendaraan kita. Karena itu sebelum membeli pastikan alat sudah didukung Google Maps berlisensi resmi dan sudah mendapatkan update lokasi terbaru. Dnegna begitu pengguina bisa melacak kendaraan dengan tingkat akurasi yang lebih baik.

Namun selain peta, kita juga bisa melihat beberapa fitur tambahan lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti contoh berikut ini:

I/O Sensor

Ini adalah sensor yang dapat memberikan berbagai informasi terkait kendaraan seperti informasi tentang status bahan bakar, status suhu atau temperatur di dalam kendaraan. Selain itu sensor ini juga bisa mendeteksi wajah serta menganalisa driver’s behaviour dengan memantau penggunaan rem dan gas mendadak.

ECU Track Record

ECU merupakan satu elemen penting yang menjadi sumber dari berbagai aktifitas mobil. GPS tracker nantinya bisa melihat track dan record dari ECU kendaraan yang sudah dipasangi alat tersebut.

RFID Card

RFID (Radio Frequency Identification) adalah fitur yang akan sangat berguna pada kendaraan yang digunakan untuk operasional tertentu. Adanya RFID akan membantu sistem pengawasan yang bisa di kendalikan oleh pusat agar proses pengantaran barang berjalan efektif, efisien, dan lebih terorganisir.

Cut Engine

Fitur cut engine memungkinkan pemilik kendaraan untuk bisa mematikan mesin dari jarak jauh melalui perangkat gadget yang sudah terhubung dengan perangkat GPS yang tertanam pada mobil. Fitur ini akan sangat membantu pada kondisi tertentu seperti ketika adanya tindakan pencurian kendaaran oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Pastikan Memiliki Izin Resmi

Hal lain yang patut diperhatikan sebelum membeli GPS Tracker adalah memastikan penyedianya sudah memiliki izin resmi dan sertifikasi Postel. Hal ini penting untuk memastikan jaringan yang digunakan tidak diblokir karena dianggap masuk ke Indonesia secara ilegal.

3. Pilih GPS Tracker yang Memiliki Server Sendiri

GPS tracker yang mempunyai Server Center sendiri artinya layanan tersebut dikelola sendiri oleh perusahaan tersebut. Hal ini akan lebih baik dibanding GPS tracker yang masih memiliki server dengan cara menyewa, atau malah menggunakan hosting gratisan.

Penggunaan server yang tidak berkualitas akan membuat waktu akses GPS terasa lambat. Hal ini bisa terjadi karena kualitas server yang tidak memadai atau penggunaan server yang melebihi kemampuannya.

4. Cek Sensitivitas dan Interval Data

Untuk kendaraan yang sering digunakan seperti pada industri transportasi atau ekspedisi, maka sensitivitas alat perlu menjadi perhatian karena mobil akan lebih sering dalam kondisi bergerak.

Agar GPS bisa menampilkan data yang akurat, pilihlah alat yang memiliki sensitivita tinggi dan bisa mengupdate lokasi kendaraan secara real-time setiap beberapa detik sekali, bukannya setiap beberapa menit sekali.

5. Cek Layanan After Service-nya

Tips memilih GPS tracker yang terakhir adalah memeriksa layanan after service, atau purna jualnya.

Jika digunakan untuk kendaraan pribadi, tidak ada salahnya memilih penyedia yang memiliki service center yang lokasinya tidak jauh dari rumah. Dengan begitu kita tidak akan kesulitan saat butuh layanan support atau teknisi.


itu dia beberapa tips memilih GPS tracker mobil, baik untuk penggunaan pribadi atau perusahaan. GPS tracker yang bagus tidak hanya memilki lebih banyak fitur, tapi juga bisa dipakai untuk memantau kendaraan serta pengemudi dari jarak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *