Tips Memilih Jam Tangan Pria Berdasarkan Ukuran Pergelangan Tangan

KisahBeruang.com – Saat ingin membeli jam tangan, umumnya kita akan lebih fokus pada merek dan fitur-fitur yang ada pada jam tangan tersebut. Selain itu, faktor kecocokan dengan model jam tangan menjadi faktor lain yang banyak dipertimbangkan.

Meskipun tidak ada yang salah dengan hal ini, ada satu hal lain yang seringkali luput, yaitu memilih jam yang proporsional dengan ukuran pergelangan tangan kita.

Dengan memilih jam tangan yang sesuai dengan ukuran pergelangan tangan, jam akan terlihat lebih pas dan cocok untuk dipadupadankan dengan gaya kamu sendiri.

Lalu apa saja tips memilih jam tangan berdasarkan ukuran pergelangan tangan yang harus kamu tahu? Simak daftarnya berikut ini yuk!

Tips Memilih Jam Tangan Berdasarkan Ukuran Pergelangan Tangan Pria

1. Ukur Pergelangan Tangan

Untuk mengetahui apakah pergelangan tangan kita masuk dalam kategori kecil, sedang, atau besar, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengukur pergelangan tangan kita sendiri.

Untuk melakukannya, gunakan meteran kain dan lingkarkan pada pergelangan tangan. Usahakan tidak terlalu longgar atau terlalu ketat.

Jika pergelangan tangan kamu 14-16 cm, berarti kamu masuk dalam kategori kecil. Untuk ukuran pergelangan tangan sekitar 16-17 cm masuk dalam kategori ramping. Dan pergelangan tangan yang sedang berkisar antara 17-18 cm. Sementara ukuran pergelangan tangan di atas 18 cm masuk ke dalam kategori besar.

Panduan memilih jam tangan sesuai dengan ukuran pergelangan tangan pria
Panduan memilih jam tangan sesuai dengan ukuran pergelangan tangan pria (sumber: govbergwatches.com)

2. Perhatikan Diameter Jam

Diameter jam adalah ukuran bagian luar casing jam, termasuk ornamen serta jarum putar yang ada pada jam tersebut.

Besarnya diameter jam tangan bisa tergantung selera, namun jika kamu ingin tampilan yang proporsional dengan ukuran pergelangan tangan, silahkan gunakan panduan berikut ini;

Ukuran Pergelangan TanganDiameter Jam Tangan
14.0 cm27.9 – 34.9 mm
14.6 cm29.2 to 36.5 mm
15.2 cm30.5 to 38.1 mm
15.9 cm31.8 to 39.7 mm
16.5 cm33.0 to 41.3 mm
17.1 cm34.3 to 42.9 mm
17.8 cm35.6 to 44.5 mm
18.4 cm36.8 to 46.0 mm
19.1 cm38.1 to 47.6 mm
19.7 cm39.4 to 49.2 mm
20.3 cm40.6 to 50.8 mm
21.0 cm41.9 to 52.4 mm

3. Cek Ketebalan Jam Tangan

Ketebalan jam tangan diukur dengan melihat tinggi jam tangan. Secara umum, semakin besar diameternya, semakin tebal juga tingkat ketebalannya. Misalnya saja, jam tangan dengan diameter 38-42 mm umumnya memiliki ketebalan 7 mm. Sementara jam dengan diameter 44 mm ke atas biasanya memiliki ketebalan 9 mm atau lebih besar.

Meski begitu ada juga kasus khusus di mana jam yang lebih kompleks biasanya memiliki ketebalan yang cukup tinggi meski diameternya kecil/sedang. Sebagai contoh, jam untuk penyelam, jam militer, atau jam chronograph biasanya berukuran lebih tebal karena desainnya yang lebih kompleks.

Jam tangan yang tebal biasanya tidak akan cocok dengan gaya formal dan kasual, beda dengan jam tangan yang lebih tipis yang cocok untuk segala suasana.

4. Lihat Lebar Tali Jam Tangan dan Materialnya

Jam tangan yang proporsional umumnya memiliki lebar tali jam berukuran 1/2 dari ukuran diameter jamnya. jadi jika kita membeli jam dengan diameter 44 mm, maka lebar talinya biasanya berukuran 22 mm. Meski begitu, ada banyak juga pengguna jam tangan pria yang lebih menyukai jam dengan tali yang lebih lebar sesuai selera mereka.

Selain ukurannya, material tali jam juga akan mempengaruhi penampilan jam tangan. Secara umum, tali jam berbahan metal akan terlihat lebih berat dan kokoh dibanding bahan kulit, karet, atau kain. Ini membuat jam tangan semacam ini cocok digunakan di acara formal. Untuk acara yang lebih santai, strap berbahan kulit atau kain akan lebih cocok digunakan. Sedangkan strap dari bahan karet akan lebih cocok digunakan saat kamu beraktifitas di luar ruangan atau ketika sedang berolahraga.

5. Hal-Hal Lain yang Harus Diperhatikan

Selain faktor di atas, ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan saat memilih jam tangan sesuai dengan ukuran pergelangan tangan.

  • Jangan sampai ukuran casing jam (lug-to-lug) melewati batas pergelangan tangan agar jam tetap nyaman dipakai seharian.
  • Pilih panjang strap yang sesuai dengan lingkar pergelangan tangan. Cara terbaik untuk melihatnya adalah dengan melihat bekas (ceplakan) pada tangan. Jika terlihat jelas, berarti ukuran strap terlalu pendek.

Seperti kamu lihat, ada banyak hal penting yang bisa kamu lihat sebelum memilih jam tangan pria. Tidak hanya harus memiliki fitur yang baik dan harga yang pas di kantong, ada beberapa aturan agar jam tangan tampak proporsional sesuai dengan ukuran pergelangan tangan. Tidak hanya tampak sesuai, jam tangan pun akan terasa lebih nyaman saat digunakan.