tips memilihpowerbank untuk traveling
Aksesoris HP, Traveling

8 Tips Memilih Power Bank untuk Traveling

Power Bank jadi salah satu aksesoris smartphone yang penting dibawa saat traveling. Dengan adanya power bank, kamu tidak perlu khawatir bila sewaktu-waktu perangkat kamu kehabisan daya.

Power bank sendiri terdiri dari berbagai merek dan jenis. Kapasitas dayanya pun berbeda-beda tergantung kebutuhan. Ada yang bisa digunakan hanya untuk 3-4 kali pengisian daya, ada pula yang bahkan bisa dipakai hingga 10 kali pengisian daya.

Untuk traveling, power bank yang dipilih tentunya tidak bisa sembarangan. Dengan begitu perjalanan kamu semakin nyaman dan kamu pun tidak perlu lagi khawatir kehabisan daya di tengah perjalanan.

Nah, agar kamu bisa punya gadget yang diandalkan, berikut adalah beberapa tips memilih power bank untuk traveling yang bisa kamu gunakan.

1. Brand/Merek

Hal yang paling mudah saat ingin memilih power bank untuk traveling adalah dengan melihat brand aksesoris hape tersebut. Untuk menjamin kualitas produk, kamu bisa memilih beberapa merek power bank terbaik mulai dari Anker, Samsung, atau Xiaomi.

Power bank dari merek yang jarang kamu dengar mungkin bisa menawarkan barang dengan spesifikasi yang sama namun dengan harga yang lebih murah. Hal ini biasanya dilakukand dengan mengurangi kualitas komponen yang nantinya bisa membahayakan gadget kamu.

Selain itu hati-hati dengan barang imitasi yang dirilis menggunakan merek power bank terkenal yang kualitasnya jauh di bawah merek aslinya.

2. Kapasitas Daya

Kapasitas daya jadi salah satu spesifikasi yang harus diperhatikan saat akan membeli power bank untuk traveling. Tergantung jarak yang akan kamu tempuh, maka kapasitas daya power bank bisa menentukan kenyamanan kamu saat berkendara.

Setiap power bank memiliki kapasitasnya masing-masing. Semakin besar kapasitas dayanya, maka power bank bisa digunakan berkali-kali atau digunakan untuk men-charge beberapa perangkat sekaligus.

Spesifikasi daya power bank ini biasanya ditulis dalam satuan miliampere hours (mAh).

Power bank standar umumnya hadir dengan kapasitas 10.000 mAh yang cukup untuk mengisi daya smartphone biasa sebanyak 3-4 kali. Namun tersedia pula power bank dengan kapasitas daya hingga puluhan ribu mAh yang bisa digunakan untuk bepergian jarak jauh.

Meski begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan kapasitas daya power bank tersebut.

Pertama, tulisan kapasitas daya pada power bank seringkali tidak mencerminkan kapasitas daya mereka yang sebenarnya. Secara logika, baterai power bank berukuran 10,000 mAh seharusnya bisa dipakai untuk mengisi baterai smartphone 2,500 mAh sebanyak 4 kali bukan? Kenyataannya, power bank mungkin hanya akan bisa mengisinya sebanyak 3 kali saja karena adanya ‘daya hilang’ yang normal terjadi pada alat elektronik.

Kedua, jika kamu ingin bepergian ke luar negeri, ada aturan untuk membawa powerbank ke dalam pesawat. Powerbank yang diizinkan umumnya hanya sampai kapasitas 20.000 mAh saja meski kamu boleh membawa beberapa unit sekaligus.

3. Power Output

Power output pada powerbank akan menentukan seberapa cepat kamu bisa mengisi daya dari alat tersebut.

Secara umum, powerbank memiliki power output sebesar 2A meski kini ada banyak powerbank yang memiliki daya di atas nilai tersebut. Nilai ini bisa kamu sesuaikan dengan nilai power input yang dimiliki oleh smartphone kamu.

Jika kamu menggunakan power bank dengan power output yang lebih besar dibanding spesifikasi hape kamu, biasanya hal ini tidak menimbulkan masalah. Namun jika power input hape lebih besar dari power output powerbank, maka proses pengisian daya bisa berlangsung sangat lama.

Makanya, selain kapasitas kamu juga bisa memeriksa power outputnya terlebih dahulu. Akan lebih baik lagi bila powerbank sudah dilengkapi dengan fitur fast charging yang kompatibel dengan smartphone agar kamu tidak perlu menunggu lama saat mengisi daya di atas kendaraan.

4. Ukuran dan Berat

Ukuran dan berat powerbank umumnya sangat dipengaruhi oleh besar kapasitas daya yang dimilikinya. Power bank berukuran besar hingga 20.000 mAh bisa memiliki ukuran yang besar dan cukup berat saat dibawa kemana-mana. Jadi jika kamu memang tidak memerlukan powerbank berkapasitas besar, tidak ada salahnya memilih powerbank dengan ukuran yang lebih kecil agar kamu juga bisa mengantonginya saat jalan kaki di tempat wisata.

5. Material

Power bank murahan seringkali menggunakan komponen elektrik dan plastik berkualitas rendah. Makanya powerbank dari brand terkenal seringkali sedikit lebih berat dibanding powerbank murah.

Tidak hanya itu, material yang berkualitas rendah juga mudah rusak. Hal ini tentu menjadi poin negatif karena saat traveling powerbank akan lebih sering mengalami guncangan atau bahkan terjatuh.

6. Jumlah Port USB

pilih powerbank dengan banyak port usb agar dapat mengisi benyak perangkat sekaligus

Jumlah port USB bisa kamu pertimbangkan bila kamu ingin memilih power bank untuk traveling.

Powerbank umumnya hanya memiliki sati port output saja yang akan cukup untuk penggunaanpribadi. Namun jika kamu berencana untuk traveling beramai-ramai atau men-charge beberapa perangkat sekaligus, kamu bisa mempertimbangkan power bank dengan jumlah port USB yang lebih banyak.

7. Fitur Keamanan

Fitur keamanan seringkali menjadi faktor yang disepelekan saat memilih gadget dan aksesoris hape. Padahal setiap perangkat elektronik rentan terhadap masalah keamanan seperti meledak atau mengeluarkan api.

Agar powerbank tidak bermasalah saat traveling, kamu bisa memeriksa terlebih dahulu fitur keamanan yang ditawarkan, salah satunya adalah jenis baterai yang digunakan (lithium ion atau lithium-polymer). Salah satu perbedaan lithium-ion dan lithium-polymer adalah tingkat keamanannya di mana lithium -polymer diklaim lebih aman dan lebih tahan suhu yang tinggi.

Selain itu periksa apakah powerbank memiliki fitur tambahan lain untuk melindungi perangkat dari overheating, short-circuiting, voltage surges, current surges, atau overcharging.

8. Design

Meski tidak terlalu krusial, desain powerbank juga bisa jadi perhitungan saat memilih powerbank untuk traveling.

pilih powerbank untuk traveling berbentuk tabung agar lebih mudah digenggam

Powerbank umumnya berbentuk persegi panjang dengan ketebalan yang berbeda-beda tergantung kapasitasnya. Namun kini powerbank juga hadir dalam bentuk yang beragam sesuai keinginan pembelinya.

Di antara semua bentuk yang ada, powerbank berbentuk silinder/tabung bisa jadi pilihan terbaik karena bentuknya akan lebih mudah digenggam. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah untuk memegang power bank saat sedang mengisi daya smartphone sambil menggunakannya di kendaraan atau saat sedang jalan kaki.


Dengan adanya powerbank, kamu tidak perlu tergantung pada power outlet untuk melakukan pengisian daya. Jadi smartphone kamu tetap akan bisa menyala saat traveling atau saat berada di perjalanan.

Saat memilih powerbank untuk traveling, pastikan kemu memilihnya sesuai dengan kriteria di atas agar perjalanan kamu semakin nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *