tips mendesain ruang kerja di rumah agar nyaman dan buat kamu lebih produktif
Produktivitas

8 Tips Desain Ruang Kerja agar Produktif dari Rumah

Memiliki ruang kerja di rumah yang bisa membuat kita produktif menjadi salah satu hal yang akan sangat menyenangkan untuk dimiliki, terutama bagi para freelancer dan karyawan yang sedang WFH (work from home).

Dengan ruang kerja yang nyaman, kita bisa lebih fokus dalam mengerjakan sebuah tugas. Produktivitas pun akan jauh lebih meningkat karena tugas bisa dikerjakan sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan.

Nah, jika kamu memiliki rencana untuk membuat atau memugar ruangan kerja kamu sendiri, berikut adalah beberapa tips desain agar ruang kerja kamu di rumah semakin membuat kamu produktif.

1. Pilih Lokasi Terbaik

Satu hal yang perlu dipikirkan matang-matang saat akan membuat ruang kerja di rumah adalah memilih lokasi terbaik. Lokasi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta ketersediaan ruangan di rumah kamu.

Jika berurusan dengan pekerjaan kantor, ada baiknya jika kamu bisa menggunakan ruang yang terpisah dengan ruangan lainnya. Dengan begitu kamu bisa meminimalkan distraksi, terutama bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil.

Jika kamu adalah seorang freelancer, kamu juga bisa mempertimbangkan ruangan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Misal, jika kamu adalah Youtuber atau fotografer yang sering membuat kreasi seputar makanan dan minuman, membuat area kerja dekat dengan area dapur adalah pilihan yang logis.

Dan jika kamu adalah seorang pekerja lepas yang juga membuka jasa konsultasi di rumah, membuat ruang kerja sendiri dekat dengan ruang tamu atau ruangan terbuka lainnya akan memudahkan kamu dalam menerima tamu yang akan datang berkunjung.

2. Atur Ruang Kerja Seefisien Mungkin

Agar kamu bisa bekerja lebih produktif, aturlah ruang kerja agar kamu bisa bekerja seefektif dan seefisien mungkin.

Sebagai contoh, kamu bisa meletakan benda-benda yang paling sering kamu gunakan di atas meja atau tempat lain yang bisa dijangkau dengan mudah.

Selain itu kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat area kerja kamu lega agar kamu lebih leluasa dalam bergerak dan menjangkau hal-hal yang kamu butuhkan dengan cepat.

3. Simpan Hal-Hal yang Tidak Diperlukan

Disadari atau tidak, kita seringkali menyimpan benda-benda yang sebenarnya tidak diperlukan di atas meja kerja kita dengan asumsi kita akan membutuhkannya suatu saat nanti.

Hal ini memang tidak akan langsung mengganggu produktivitas kamu. Tapi jika ada cukup banyak benda-benda yang tidak penting, maka lama-kelamaan kamu sendiri yang akan kesulitan dalam bekerja.

Makanya, agar lebih produktif, simpan benda-benda dan alat yang tidak terpakai pada rak atau tempat penyimpanan lainnya. Dan jangan lupa untuk memberi label pada kotak penyimpanan agar kamu dapat dengan mudah menemukannya saat dibutuhkan.

4. Gunakan Perabot Kantor yang Nyaman

pilih perabot kerja yang nyaman saat mendesain ruang kerja di rumah

Area kantor mungkin bisa kamu gunakan selama berjam-jam per harinya. Jika kamu lebih banyak duduk, ada baiknya jika kamu menginvestasikan uang lebih banyak untuk membeli beberapa produk berkualitas.

Perabot utama yang perlu kamu upgrade adalah kursi kerja yang akan menunjang tubuh kamu sepanjang hari. Tidak hanya akan terasa lebih nyaman, kursi kerja yang berkualitas juga bisa membantu kamu menjaga kesehatan badan akibat duduk seharian.

5. Gunakan Desain yang Minim Distraksi

Beda orangnya, beda pula gaya kerjanya. Namun satu hal yang pasti, distraksi adalah musuh utama bagi kamu yang ingin jadi lebih produktif.

Nah, agar kamu lebih fokus dalam bekerja, kamu bisa menggunakan desain ruangan yang minim distraksi.

Hal ini tentu bisa berbeda-beda tergantung selera dan level distraksi yang dibutuhkan. Sebagai contoh, jika kamu adalah orang yang mudah teralihkan dari pekerjaan, ada baiknya jika kamu mengadopsi desain yang minimalis tanpa banyak aksen.

6. Pilih Ruang Kerja Dekat dengan Jendela

Jika memungkinkan, usahakan untuk membuat ruang kerja di rumah yang berbatasan langsung dengan taman atau tempat terbuka lainnya.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan pencahayaan natural yang jauh lebih baik dibanding bekerja di tempat yang gelap. Selain itu, yang paling penting adalah adanya sirkulasi udara yang baik yang menjaga agar ruang kerja kamu tetap sehat dan nyaman saat digunakan.

7. Letakkan Beberapa Tanaman

letakan taman pada ruang kerja agar mata tidak cepat lelah

Jika kamu lebih sering bekerja menggunakan laptop atau PC, Menatap layar monitor terlalu lama akan membuat mata lebih cepat lelah. Saat mata mulai lelah, kadang kita akan merasa sakit kepala dan sulit untuk fokus pada pekerjaan.

Agar mata tidak cepat lelah, kita bisa meletakan beberapa tanaman hijau di sekeliling ruang kerja. Dengan begitu mata bisa beristirahat sejenak sambil melihat hal-hal yang indah alami.

Dan agar kamu tidak perlu repot mengurusnya, kamu bisa memilih tanaman hias yang memang cocok untuk ditanam secara indoor seperti spider plant, walisongo, lidah mertua, kaktus, serta tanaman lain yang perawatannya mudah.

8. Atur agar Suhu Selalu Nyaman

Hal lain yang tidak kalah penting saat mendesain kantor di rumah adalah memperhatikan suhu ruangan.

Suhu yang terlalu dingin, lembab, atau terlalu panas bisa menjadi distraksi yang tidak kamu inginkan. Untuk itu atur agar suhu ruangan tetap ideal dan membuat kamu nyaman, entah menggunakan pendingin alami, kipas angin, atau pendingin ruangan (AC).


Nah, itu dia beberapa tips mendesain ruang kerja di rumah yang bisa kamu terapkan. Dengan ruang kerja yang nyaman, kamu pun tetap bekerja secara produktif meski harus berada di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *