tips mengatur waktu agar lebih produktif
Produktivitas

7 Tips Mengatur Waktu agar Kamu Lebih Produktif

Tidakkah kamu merasa aneh melihat ada orang yang bisa sangat produktif dan mampu menyelesaikan semua tugas mereka di hari yang sama?

Meski sama-sama hanya memiliki waktu 24 jam saja, orang-orang produktif mampu mengerjakan banyak hal mulai dari bekerja, berolahraga, bermain, hingga menyisihkan waktu bersama keluarga mereka.

Jika ingin bisa seperti itu, maka satu syaratnya adalah belajar untuk mengatur waktu dengan baik. Dengan begitu kita bisa mengalokasikan semua waktu yang kita miliki dengan jadwal yang kita inginkan.

Lalu bagaimana caranya mengatur waktu dengan baik? simak tipsnya berikut ini yuk

Tips Manajemen Waktu

1. Cari tahu waktu di mana kamu sangat produktif

Setiap orang memiliki waktu produktif yang berbeda-beda. Ada orang yang lebih produktif saat bekerja di pagi hari saat otak mereka masih dalam keadaan segar. Tapi ada juga orang yang lebih produktif di siang hari atau bahkan sore dan malam hari.

Tidak hanya itu, ada beberapa orang yang butuh suasana atau bekerja di tempat tertentu agar bisa bekerja lebih produktif.

Jadi agar bisa mengatur waktu dengan baik, tugas pertama kamu adalah mengenali tempat dan waktu di mana kamu bisa sangat produktif.

2. Buat jadwal harian

Memiliki jadwal harian akan membuat kamu lebih cepat fokus di hari itu karena kamu tahu apa yang harus kamu lakukan. Makanya di sore hari setelah semua tugas kamu selesai, kamu bisa membuat jadwal untuk esok hari agar kamu bisa mulai langsung bekerja dan memanfaatkan waktu produktifmu.

3. Selesaikan tugas besar terlebih dahulu

Dalam bekerja biasanya ada saja satu tugas besar yang kamu anggap paling penting. Bila tidak dikerjakan segera, tugas ini bisa memblokir tugas-tugas kamu yang lain dan malah menjadi beban dan membuat kamu tidak fokus.

Untuk itu, kamu bisa mulai mengerjakan tugas yang lebih besar terlebih dahulu. Jika terasa sulit, pecah tugas tersebut menjadi tugas-tugas kecil agar lebih mudah dikerjakan. Setelah tugas besar selesai, kamu bisa lebih santai dalam menghadapi tugas-tugas lainnya.

4. Belajar untuk fokus

Akui saja, selama ini kita kurang produktif dan sering sekali kurang bisa mengatur waktu karena mudah terdistraksi oleh beragam gangguan. Padahal kalau dikerjakan dengan serius, sebuah tugas mungkin bisa dikerjakan dengan cepat dan bisa selesai saat itu juga.

Maka dari itu, buatlah komitmen saat bekerja dan fokuslah pada tugas sampai selesai. Jika sudah, kamu bisa sedikit bersantai dan melanjutkan tugas lainnya dengan fokus yang sama.

5. Cek rutinitas harian

Saat bekerja biasanya ada saja beberapa tugas yang menjadi rutinitas kita sehari-hari seperti memeriksa email atau mengecek pekerjaan di hari kemarin. JIka rutinitas ini sangat sering kamu lakukan, tidak adal salahnya untuk mencari cara laternatif agar kamu bisa melakukannya dengan lebih cepat. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa membuatnya bekerja secara otomatis agar kamu bisa memiliki lebih banyak waktu untuk hal lainnya.

6. Do Less!

Mungkin sedikit aneh tapi cara ini juga bisa membantu kita mengatur jadwal dan membuat kita lebih produktif. Kadang terlalu banyak tugas menjadi salah satu penyebab malas dan malah menghambat produktifitas kita. Jadi tidak ada salahnya jika sesekali kamu mengerjakan sedikit tugas untuk mengendurkan tensi yang mulai meninggi.

7. Jangan lupa istirahat

Hidup tidak selamanya harus digunakan untuk bekerja dan melakukan hal lain yang kamu anggap membuat kamu tampak produktif.

Sesekali luangkan waktu untuk beristirahat sejenak. Waktu break semacam ini tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tapi juga kesehatan fisikmu.

Jadi jika kamu sedang membuat jadwal pekerjaan, sisipkan satu hari di mana kamu tidak perlu memikirkan tugas dan biarkan dirimu istirahat dan melakukan apa yang kamu suka.


Itu dia beberapa tips manajemen waktu yang bisa kamu lakukan sekarang. Hilangkan distraksi dan fokus pada jadwal yang kamu buat agar kamu bisa mengatur waktu dan menjadi lebih produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *