tips untuk menghindari montir nakal
Otomotif

5 Tips untuk Menghindari Montir Nakal

Merawat kendaraan menjadi hal yang wajib bagi pemilik mobil agar kendaraan tetap nyaman dan aman saat digunakan. Makanya mobil sangat dianjurkan untuk diservis secara berkala, meski dalam keadaan baru.

Sayangnya tidak semua pemiik mobil mengerti benar mengenai masalah yang menimpa kendaraan mereka. Hal ini menjadi celah yang seringkali dimanfaatkan montir-montir nakal untuk meraih keuntungan yang lebih besar dari pemilik kendaraan.

Nah, agar terhindar dari oknum seperti ini, simak dulu tips menghindari montir nakal berikut ini agar kamu tidak rugi lebih banyak.

1. Datang ke Bengkel Resmi

Hal yang paling mudah dilakukan untuk menghindari montir nakal adalah dengan datang ke bengkel resmi ketika melakukan servis kendaraan.

Tidak hanya terhindar dari kerugian akibat penipuan, kamu pun bisa mendapatkan servis yang sesuai dengan standar kendaraan serta mendapatkan suku cadang yang terjamin keasliannya.

2. Gunakan Referensi

Mendatangi bengkel tak resmi seringkali dilakukan untuk menekan biaya servis. Apalagi jika ada salah satu bagian kendaraan yang harus diganti.

Meski begitu jangan asal memilih bengkel untuk melakukan servis. Jika kamu tidak mengetahui banyak masalah mobil, carilah referensi terlebih dahulu dari beberapa tempat terpercaya.

Sebagai contoh situs ototmotif biasanya memiliki forum di mana pengguna kendaraan lainnya sering berbagi pengalaman, salah satunya dalam memilih bengkel yang berkualitas. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan referensi bengkel jika kamu bergabung dalam komunitas otomotif pecinta mobil.

3. Jangan Malu untuk Banyak Bertanya

Sebagai orang yang tidak mengetahui banyak masalah kendaraan, jangan malu untuk banyak bertanya mengenai masalah yang kamu hadapi.

Montir yang baik akan mau menjelaskan masalah kendaraan dengan detil dan mampu menunjukan kerusakan pada suku cadang mobil bila diperlukan. Bila montir kamu tidak bisa melakukannya, kamu patut curiga dan baiknya mencari penjelasan dari montir lainnya.

4. Mengetahui Masalah Kendaraan

Memang tidak semua pemilik mobil memiliki waktu untuk mempelajari seluk beluk kendaraannya. Tapi setidaknya usahakan agar kamu mengerti saat ada masalah kecil pada mobil, setidaknya kamu bisa menganalisanya sendiri saat ada yang hal yang tidak beres.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah mengenali suku cadang mobil beserta fungsinya. hal ini akan mempermudah kamu untuk mengenali bagian mobil yang bermasalah. Kamu pun bisa dengan yakin saat montir meminta bagian tertentu untuk diganti.

5. Jangan Sembarangan Meninggalkan Kendaraan di Bengkel

Ada baiknya kamu tidak sembarangan meninggalkan kendaraan saat berada di bengkel, apalagi sampai menginapkannya. Dengan berada di tempat, kamu bisa mengawasi proses servis. Kenakalan montir-montir nakal pun bisa diminimalisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *