tips untuk mengurangi stres saat bekerja dari rumah
Produktivitas

7 Tips Mengurangi Stres saat Bekerja dari Rumah

Kebanyakan dari kita mungkin akan berpikir betapa menyenangkannya bila bisa bekerja dari rumah. Selain tidak perlu terburu-buru di pagi hari untuk segera berangkat ke kantor, work from home (WFH) juga memungkinkan kita untuk lebih banyak bersantai dan memiliki tempat kerja yang paling membuat kita nyaman.

Sayang realitanya kadang tidak seperti itu, terutama jika WFH dilakukan saat kita tidak memiliki ruangan sendiri atau tempat yang memadai. Bisa-bisa bekerja dari rumah malah membuat kita stress, apalagi jika gangguan di rumah ternyata jauh lebih banyak dibanding bekerja di kantor.

Nah, agar kamu tidak mengalami hal tersebut, simak dulu yuk tips mengurangi stress saat bekerja di rumah berikut ini.

1. Gunakan Ruangan Khusus untuk Bekerja

Jika kamu ingin atau sedang bekerja dari rumah, ada baiknya jika kamu memiliki ruangan khusus. Dengan adanya ruang kerja tersendiri, kamu bisa lebih fokus bekerja dan menghindari beragam gangguan yang bisa membuat kamu stres.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah mindset kamu sehingga kamu tidak selalu merasa di rumah meski sedang bekerja.

Tidak hanya itu, akan lebih baik lagi jika kamu bisa mendesain ruang kerja agar lebih produktif. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih ruangan yang memiliki jendela, menyediakan tanaman, serta menggunakan alat untukmengontrol suhu di dalam ruang kerja. Tidak hanya lebih produktif, kamu pun bisa bekerja lebih nyaman dan lebih bebas stres.

2. Buat Rencana Kerja yang Baik

Bekerja dari rumah akan terasa sedikit aneh jika kamu terbiasa berangkat ke kantor. Meski jadwal bekerja di rumah bisa lebih bebas, tidak ada salahnya jika rutinitas harian yang kamu lakukan tetap dijalankan meski bekerja dari rumah.

Sebagai contoh, kamu bisa tetap merapihkan diri di pagi hari sebelum bekerja. Dengan begitu mood kerja kamu akan meningkat dibanding bekerja dalam keadaan kucel.

Namun jika kamu memiliki waktu yang lebih flexibel, tidak ada salahnya juga mengatur jadwal kerja sesuai dengan jam produktifmu. Dengan begitu kamu bisa menyelesaikan lebih banyak tugas tanpa harus merasa stres.

3. Bicarakan dengan Keluarga

Anggota keluarga di rumah seringkali menjadi salah satu distraksi terbesar saat kamu bekerja dari rumah. Tidak jarang mereka menganggap bahwa dengan bekerja di rumah kamu akan memiliki lebih banyak waktu luang dan bebas melakukan apa saja.

Tidak jarang saat bekerja kita malah disuruh untuk melakukan suatu hal yang justru menyita waktu kerja kita dan membuat kita stres.

JIka hal ini terjadi, maka kamu harus membicarakan masalah tersebut dengan anggota keluarga yang lain. Buat mereka paham bahwa meski bekerja dari rumah, kamu juga punya tanggung jawab yang sama besarnya dengan orang yang bekerja di kantor.

4. Tetap berkomunikasi dengan Rekan Kerja Lain

Bekerja sendirian bagi sebagian orang akan membuat mereka kesepian. Orang yang biasa berbincang dengan kolega mereka akan merasa kehilangan dan bisa menimbulkan stres yang tidak perlu.

Jika kamu adalah orang semacam ini, gunakanlah waktu luang untuk tetap terhubung dengan rekan kerja yang lain selama hal tersebut tidak mengganggu mereka. Dengan begitu kamu tidak merasa bekerja sendirian dan dapat mendapat suntikan moral yang positif dari kolegamu.

5. Jangan Lupa untuk Jalan-Jalan

jalan di pagi atau sore hari bisa membantu mengatasi stres saat bekerja dari rumah

Bekerja dari rumah bisa membuat kita lebih jarang bergerak dibanding saat kita bekerja di kantor. Tubuh yang jarang bergerak tentu akan lebih mudah mengalami stres dibanding tubuh yang lebih sehat. Dan pemandangan yang hanya di sekitaran rumah saja tentu bisa membuat siapa saja menjadi jenuh bukan?

Karena itulah, luangkanlah sedikit waktu untuk berolahraga di pagi atau sore hari. Jika sulit, cobalah untuk berjalan kaki di lingkungan sekitar rumah agar kamu juga bisa menghirup udara segar. Kamu pun bisa melihat pemandangan baru sebagai refreshing.

6. Gunakan Perangkat Kerja Berkualitas

Perangkat kerja di kantor mungkin akan sedikit berbeda dengan perangkat kerja yang bisa kita sediakan di rumah. Jika kamu berencana untuk terus bekerja dari rumah, ada baiknya jika kamu menggunakan perangkat kerja yang berkualitas. Tidak hanya membuat kamu merasa nyaman, perangkat kerja yang baik juga bisa membuat kamu lebih produktif lho!

7. Istirahat yang Cukup

Banyak orang yang bekerja dari rumah seringkali tidak sadar bahwa mereka sudah bekerja terlalu lama, terutama bagi para freelancer yang tidak memiliki jam kantor.

Padahal bekerja terus-menerus tidak akan baik untuk tubuh dan pikiran dalam jangka panjang. Di kemudian hari kamu bisa saja merasa sangat lelah dan sulit untuk bekerja dengan normal. Tubuh yang lelah pun akan membuat kita lebih mudah stres.

Karena itulah, pasang timer agar kamu bisa memantau jam kerja dan mengatur waktu istirahat kamu dengan baik.


Nah, itu dia beberapa tips untuk mengurangi stres saat bekerja dari rumah. Meski bekerja dari rumah bukan berarti kamu bisa bersantai dan bebas dari stres. Namun selama bisa diatur dengan baik, bekerja dari rumah bisa memberi kamu banyak manfaat lebih dan membuat kamu lebih produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *