tips merawat rambut pria secara alami dengan mudah
Men's Style

7 Tips untuk Merawat dan Menjaga Kesehatan Rambut Pria

Merawat kesehatan dan keindahan rambut seringkali diidentikan dengan kamu wanita, padahal kaum pria juga perlu menjaga kesehatan rambutnya agar tampak sehat dan menarik.

Tidak perlu dengan perawatan yang rumit dan produk berharga mahal, kamu bisa merawat rambut dengan cara yang lebih mudah menggunakan bahan-bahan yang terjangkau.

Nah, supaya rambut kamu tampak menarik, simak beberapa tips perawatan rambut rumahan berikut ini yuk!

1. Merawat Rambut Menggunakan Bahan Alami

Cara yang cukup aman dan minim risiko dalam merawat rambut adalah menggunakan bahan-bahan alami. Dengan begitu rambut dan kulit kepala tidak terlalu sering terpapar bahan kimia yang dapat menghilangkan kelembaban dan merusak rambut.

Untuk merawat rambut secara alami pun kini bisa dilakukan dengan beragam tanaman, misalnya:

  • Lidah Buaya: Dikenal lama sebagai salah satu bahan alami untuk merawat dan memberi nutrisi pada rambut, bahkan jadi bahan baku di banyak produk perawatan rambut. Cara pemakaiannya pun mudah, kamu cuma perlu menggunakan gel lidah buaya dan mengoleskannya ke rambut setelah keramas.
  • Minyak Kelapa: Minyak kelapa juga dikenal lama baik untuk merawat rambut berkat kandungan vitamin E, asam laurat, serta lemak esensial di dalamnya. Penggunaan minyak kelapa umumnya dilakukan untuk membuat rambut tetap lembab dan berkilau serta merangsang pertumbuhan rambut.
  • Minyak Zaitun: Sama seperti minyak kelapa, minyak zaitun juga kaya vitamin E yang dapat memberi nutrisi hingga mengatasi rambut kering dan bercabang. Kita pun hanya perlu mengoleskan minyak zaitun dan memijat rambut dengan lembut sebelum akhirnya dibilas.
  • Pisang: Merawat rambut dengan pisang mungkin jadi hal yang cukup aneh. Padahal pisang kaya akan vitamin C dan B6 yang bisa jadi nutrisi baik untuk rambut dan kulit kepala. Selain itu penggunaan pisang juga baik untuk mencegah timbulnya masalah pada rambut serta membuatnya terlihat lebih sehat dan menjaga kelembabannya.

2. Batasi Penggunaan Alat Perawatan Rambut

Buat kamu yang punya rambut bergelombang dan sering menggunakan alat catok rambut, ada baiknya kegiatan tersebut kamu batasi. Sama halnya dengan kamu yang sering menggunakan hair dryer untuk membantu mengeringkan rambut.

Penggunaan alat yang mengeluarkan panas semacam itu lama kelamaan bisa membuat rambut tampak kering dan rusak. Hal ini pun bisa menimbulkan masalah pada rambut seperti bercabang atau rapuh.

3. Hindari Keramas Setiap Hari

Terdengar kontradiktif, tapi keramas setiap hari malah bisa membuat rambut kamu rusak lho!

Keramas menggunakan sampo dapat menghilangkan minyak alami di kulit kepala. Hilangnya minyak alami ini bisa menghilangkan kelembaban rambut dan membuatnya jadi lebih kering. Jika kamu sering berkeringat dan ingin keramas setiap hari, gunakan kondisioner atau minyak alami untuk membantu mengembalikan kelembaban kulit kepala dan rambut.

4. Keringkan Rambut dengan Lembut

Satu hal yang pasti dilakukan setelah keramas adalah mengeringkan rambut menggunakan handuk. Sayangnya masih belum banyak yang tahu kalau menggosok rambut menggunakan handuk harus dilakukan dengan lembut agar tidak merusak rambut.

Menggosok rambut dengan kasar akan membuat lapisan terluar rambut menjadi rusak. Bila dilakukan terlalu sering, ujung rambut lama-kelamaan bisa bercabang.

Untuk melakukannya dengan benar, cukup usap rambut dengan halus hingga air tidak lagi menetes dari rambut lalu biarkan rambut kering secara alami. Jika ingin disisir, gunakan sisir dengan gerigi besar terlebih dahulu agar rambut tidak kusut dan rontok.

5. Gunakan Conditioner

Penggunaan kondisioner seringkali tidak begitu jadi perhatian utama kaum pria. selama sudah menggunakan sampo, rambut sudah dianggap bersih.

Padahal penggunaan conditioner dapat membantu mengembalikan kelembaban rambut yang hilang saat mandi dan menjaganya agar tetap berkilau

6. Rutin Memotong Rambut

rutin memotong rambut untuk menjaga kesehatan rambut pria

Tips untuk merawat rambut pria selanjutnya adalah dengan memotong rambut secara rutin. Memotong rambut akan membantu kamu menghilangkan ujung rambut yang kering dan bercabang agar tidak bertambah parah.

7. Hindari Terlalu Banyak Memakai Produk Perawatan Rambut

Tips merawat rambut pria yang terakhir adalah dengan tidak menggunakan banyak produk perawatan rambut mulai dari hair spray, pomade, atau pewarna rambut.

Pada produk-produk tersebut terdapat banyak bahan kimia yang berpotensi merusak lapisan terluar rambut dan tidak jarang menjadi penyebab kebotakan pada kaum pria.

Tidak hanya itu, produk semacam ini juga bisa menyebabkan masalah lain seperti rambut kering atau munculnya ketombe bila kamu tidak membersihkan sisa-sisa produk dengan bersih.

Jadi bila tidak ada keperluan khusus, tidak perlu menggunakan produk perawatan rambut setiap hari yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *