tips merawat smartwatch agar awet dan tahan lama
Aksesoris HP, Men's Style

5 Tips Merawat Smartwatch yang Perlu Kamu Ketahui

Smartwatch kini menjadi salah satu aksesori yang banyak digunakan sebagai penghias pergelangan tangan. Dibanding jam tangan biasa yang hanya bisa menunjukan waktu, smartwatch memiliki banyak fitur tambahan lain seperti sensor denyut nadi, GPS, step counter, atau memunculkan notifikasi hp di layar jam tangan pintar.

Dengan fitur tambahan tersebut, tidak heran jika banyak smartwatch yang berharga mahal. Beberapa bahkan memiiki harga setara hp canggih keluaran terbaru.

Nah, agar smartwatch berumur panjang dan tetap awet, kamu juga harus tahu cara merawatnya. Sebagai langkah awal, berikut adalah beberapa tips merawat smartwatch yang penting untuk kamu ketahui.

1. Gunakan Anti Gores

Layar smartwatch menjadi area penting karena di sinilah kita bisa melihat dan mengakses beragam fitur yang dimiliki sebuah jam tangan pintar. Namun dengan areanya yang cukup luas, layar smartwatch juga menjadi area yang paling rentan terhadap goresan dan benturan.

Nah, agar layar smartwatch selalu terlindungi, kamu bisa memasang anti gores pada layar tersebut.

Saat membelinya, pastikan ukuran dan bentuk pelindung layar tersebut cocok dengan smartwatch yang kamu punya. Untuk pemasangannya sendiri tidak jauh berbeda dengan cara memasang anti gores pada smartphone biasa.

2. Bersihkan Layar dengan Microfiber

Agar layar smartwatch tetap nyaman digunakan, jangan lupa untuk selalu membersihkannya agar debu dan kotoran tidak menempel lama, apalagi sampai melekat pada layar smartwatch.

Untuk membersihkannya, gunakan kain microfiber yang berserat halus agar layar smartwatch tidak mudah tergores. Jadi hindari kain baju atau tissue saat akan membersihkan layar smartwatch.

Dan saat membersihkannya, ada baiknya jika smartwatch dimatikan untuk sementara waktu.

3. Bersihkan Strap

Selain bagian bodi, strap smartwatch juga harus sering dibersihkan. Apalagi strap ini jadi bagian smartwatch yang akan bersentuhan langsung dengan kulit tangan dan akan menjadi sarang bakteri jika kita sering berkeringat.

Agar strap bersih sempurna, ada baiknya jika bagian ini dilepaskan dulu sebelum dicuci. Namun ingat, beda materialnya beda pula cara perawatannya.

bersihkan strap smartwatch sesuai dengan material atau bahan bakunya

Untuk strap berbahan logam seperti stainless steel, kamu bisa menggunakan air sabun lalu sikat strap menggunakan sikat gigi lembut. Setelah bersih, lap lalu diamkan hingga kering sebelum dipasang kembali. Dan untuk membuat strap logam tetap mengilap, kamu bisa menggunakan pasta gigi saat membersihkannya.

Untuk strap berbahan karet, cara pembersihannya tidak berbeda dengan strap berbahan logam. Cukup gosok strap dengan air sabun menggunakan sikat gigi lembut. Setelah itu keringkan dengan kain lembut lalu keringkan.

Khusus untuk membersihkan strap berbahan kulit, kamu harus lebih ekstra hati-hati. Agar kulit tidak mudah rusak, gunakan cairan pembersih khusus untuk kulit. Dengan begitu strap kulit akan tetap awet dan tidak menjadi kusam dan berubah warna.

4. Bersihkan Konektor dengan Cotton Bud

Konektor pada smartwatch jadi area penting yang berfungsi untuk melakukan pengisian daya atau transfer data. Konektor yang bermasalah tentu akan menyulitkan kita untuk melakukan keduanya.

Agar bagian konektor smartwatch tetap awet digunakan, kamu bisa membersihkannya secara rutin menggunakan cotton bud yang berukuran kecil. Bila perlu, celupkan cotton bud ke dalam alkohol terlebih dahulu untuk menghilangkan bercak noda yang lebih bandel.

5. Hati-hati Saat Charge Baterai

Sama seperti barang elektronik lainnya, smartwatch juga menggunakan baterai untuk bisa bekerja. Kita pun bisa melihat banyaknya baterai yang tersisa dengan melihat indikator pada layar smartwatch.

Agar baterai awet dan tahan lama, usahakan untuk tidak men-charge baterai terlalu lama. Selain itu jangan biarkan baterai smartwatch habis seluruhnya sebelum kamu men-charge-nya kembali.


Nah, itu dia beberapa tips merawat smartwatch yang harus kamu ketahui. Hal ini penting jika kamu sering menggunakannya untuk berkativitas atau berolahraga. Jika dirawat dengan baik, smartwatch akan tetap bisa digunakan untuk jangka waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *