tips produktivitas dari robert pozen
Produktivitas

7 Tips Produktivitas yang Bisa Kamu Pelajari dari Bob Pozen

Robert Charles Pozen, atau Bob Pozen, adalah salah satu pengajar di Harvard Business School lecturer yang juga dikenal sebagai guru-nya produktivitas.

Salah satu bukunya, Extreme Productivity: Boost Your Results, Reduce Your Hours, bahkan menjadi banyak acuan bagi mereka yang ingin meraih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat.

Nah, jika kamu juga ingin mencobanya, berikut adalah beberapa tips produktivitas dari Bob Pozen yang bisa kamu coba sekarang.

1. Jangan Menghitung Produktivitas Berdasarkan Waktu

Untuk mengukur keberhasilan suatu tugas, Bob menganjurkan agar kamu fokus pada hasil yang didapat, bukan pada jumlah jam yang kamu habiskan untuk mengerjakan sebuah tugas. Manfaat dari hal ini adalah untuk memberimu keseimbangan kehidupan-kerja yang lebih baik.

2. Meminimalkan Pilihan Sehari-hari

Pernah dengan istilah decision fatigue di mana kamu bisa menghabiskan banyak waktu dan energi hanya untuk membuat sebuah pilihan yang sebenarnya mudah.

Sebagai contoh, bingung saat memilih pakaian untuk pergi ke kantor, padahal tidak ada salahnya menggunakan setelah yang sama seperti kemarin. Bingung saat memilih menu makan siang, padahal makanan apapun bisa membuat kamu kenyang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk membuat hidupmu lebih mudah, kamu bisa menghindari hal trivial semacam ini dengan meminimalkan pilihan sehari-hari.

3. Buat Prioritas

Meski merupakan langkah yang sangat penting, membuat prioritas masih merupakan sesuatu yang sangat jarang dilakukan orang-orang.

Untuk mengalokasikan waktumu dengan cara terbaik, kamu perlu membuat prioritas agar kamu tahu tugas apa yang paling penting hari atau minggu itu. Setelah itu kamu bisa mengerjakan tugas terpenting di waktu kamu yang paling produktif.

4. Beri Waktu Khusus untuk Memeriksa Email

Apakah kamu menghabiskan banyak waktu untuk terus-menerus memeriksa email?

Bergantung pada peran kamu, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk mencoba memeriksa inbox setiap satu atau dua jam saja.

Sebagai hasilnya, produktivitas kamu malah mungkin meningkat.

Hal yang sama berlaku untuk memeriksa notifikasi dalam manajemen proyek atau software kolaborasi tim yang kamu pakai. Idealnya, kamu harus mematikan notifikasi saat butuh waktu untuk fokus.

5. Luangkan Sedikit Waktu untuk Berpikir

Bob percaya bahwa berpikir adalah aspek yang sangat penting namun sering kali diabaikan.

Saat menjadwalkan harimu, sisakan waktu istirahat untuk melakukan refleksi untuk memastikan harimu selaras dengan tujuan yang kamu canangkan.

Jika kamu mengisi setiap waktu dengan rapat atau panggilan telepon, kamu hanya akan menyisakan sedikit ruang untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga.

6. Jangan Membawa Pulang Pekerjaan

Hidup bukanlah permainan yang bisa kamu menangkan dengan bekerja paling lama.

Luangkan waktu bersama teman dan keluarga, hindari email dan panggilan telepon serta matikan layar ponselmu, terutama saat kamu tidak berada di kantor.

7. Tips Manajemen Proyek

Bob Pozen percaya bahwa dalam mengerjakan proyek penting, kamu harus mulai dengan mengerjakan apa yang menurut kamu akan menjadi kesimpulan kamu. Lagipula kamu selalu dapat meninjau dan merevisinya selama proyek berlangsung.


Selain ketujuh poin di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi tips menarik dari Bob Pozen mengenai produktivitas. Jika kamu tertarik, kamu bisa membaca semua tips lengkapnya di buku Extreme Productivity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *