tips road trip dengan mobil pribadi untuk liburan dan mudik
Traveling

Tips Road Trip Liburan dan Mudik Pakai Mobil Pribadi

Road trip jadi cara seru bagi kamu untuk menikmati serunya liburan. Dengan cara ini, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus dan traveling di tempat-tempat yang anti mainstream.

Nah, agar traveling kamu berjalan sempurna, berikut adalah beberapa tips road trip menggunakan mobil pribadi yang bisa kamu persiapkan.

1. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik

Sebelum road trip, pastikan kendaraan dalam kondisi baik. Tergantung rute perjalanan yang bakal kamu ambil, mobil akan terus ‘digenjot’ terus menerus selama beberapa jam setiap harinya.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan antara lain kondisi ban, oli mesin, air radiator, lampu, hingga memastikan ban cadangan bisa digunakan di saat darurat.

2. Pastikan kamu dalam kondisi fit

Selain kendaraannya, pastikan kamu dan rekan-rekan lain yang bergantian menyetir juga dalam kondisi fit. Selain itu pastikan kamu dalam kondisi bugar sebelum berangkat. Jadi jangan begadang di malam sebelum keberangkatan supaya kamu tidak mengantuk di jalan!

3. Jangan membawa terlalu banyak barang

Saat berkemas, ada baiknya jika kamu dan teman-teman tidak membawa terlalu banyak barang. Dengan begitu mobil akan terasa lebih lega dan kamu pun bisa duduk dengan nyaman selama perjalanan.

Supaya jumlah barang bawaan bisa ditekan, kamu cukup membawa barang-barang esensial saja. Perlengkapan lain yang bisa dibeli di jalan bisa kamu beli di lokasi kamu membutuhkannya.

4. Siapkan barang-barang yang diperlukan di perjalanan

Saat melakukan perjalanan jauh, jangan lupa siapkan barang-barang ini supaya kamu tidak repot saat traveling

  • Surat Kendaraan dan SIM – Pastikan tidak tertukar dan masa berlakunya belum habis
  • Kartu Tol – Buat kamu yang mau lewat tol. Pastikan saldonya cukup sesuai dengan rute perjalanan kamu biar tidak bolak-balik diisi.
  • Charger – Terutama charger mobil supaya kamu bisa tetap ON di jalan. Kamu juga bisa membawa travel charger supaya kamu bisa ngecas di tempat penginapan.
  • Uang cash – Tergantung lokasi yang ingin dikunjungi karena belum semua tempat menerima pembayaran cashless
  • Kotak P3K – Biasanya sudah ada di mobil, tapi tidak ada salahnya dicek kelengkapannya, terutama kalau kamu mau traveling ke alam terbuka
  • Obat-obatan – Wajib dibawa buat kamu yang gampang alergi dan punya penyakit khusus. Selain itu bawa juga obat-obatan penting saat traveling seperti obat mabuk perjalanan, obat pereda nyeri, atau obat diare.
  • Kunci cadangan – Supaya kamu tidak repot kalau kunci tahu-tahu hilang. Pastikan kunci cadangan disimpan oleh orang yang berbeda.

Selain itu kamu juga bisa mempersiapkan tongsis atau tripod untuk keperluan dokumentasi, atau perlengkapan berkemah jika kamu ingin sekaligus menikmati hidup di alam bebas saat perjalanan.

5. Tentukan rute perjalanan

tentukan rute perjalanan sebelum melakukan road trip

Meski kamu bisa mampir ke mana saja dan mengunjungi lokasi manapun, ada baiknya kamu sudah menentukan rute perjalanan yang akan kamu tempuh. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menyiapkan wishlist tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi sepanjang rute perjalanan tersebut.

Supaya road trip kamu lebih berkesan, kamu bisa bertanya pada warga lokal mengenai rekomendasi lokasi wisata atau tempat makan yang tidak banyak diketahui orang lain.

6. Pantau SPBU di sepanjang rute

Buat kamu yang mengambil rute yang tidak biasa, pastikan kamu juga sudah mengetahui lokasi SPBU terdekat supaya mobil tidak kehabisan bensin. Bila perlu bawa sedikit bensin dalam galon supaya kamu tidak panik kalau tidak segera ketemu pom bensin.

7. Instal aplikasi yang bisa berguna di perjalanan

Saat ini ada banyak aplikasi traveling yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu kamu membuat rencana perjalanan.

Salah satunya adalah aplikasi peta dengan navigasi GPS yang bisa memandu kamu selama dalam perjalanan. Selain itu aplikasi ini juga bisa membantu kamu mencari lokasi SPBU, musholla, dan rekomendasi tempat makan terdekat, serta tingkat kemacetan yang terjadi sepanjang rute perjalananmu.

Tidak cuma itu, kamu juga bisa memasang aplikasi games atau e-book supaya kamu tidak bosan di perjalanan, atau menginstal apliksi editor foto/video supaya momen road trip-mu bisa lebih keren saat diposting di sosmed.

8. Banyak istirahat

Tips lain supaya road trip kamu berjalan lancar adalah dengan banyak beristirahat. Hal ini bisa dilakukan dengan menyetir secara bergantian atau berhenti secara rutin setiap beberapa jam sekali.

Selain melepaskan rasa penat di jalan dan menghilangkan rasa lelah, istirahat dan berhenti sejenak juga bisa kamu lakukan untuk melihat dan menikmati pemandangan indah sepanjang rute perjalanan kamu.

9. Siapkan playlist

Tips road trip dengan mobil yang terakhir adalah menyiapkan playlist favorit kamu. Dengan begitu kamu tidak bosan di jalan dan lagu favoritmu bisa jadi soundtrack road trip kamu.

Supaya lebih seru, kamu bisa menyiapkan beberapa kategori lagu supaya bisa pas dengan mood perjalanan kamu di jalan.


Ada banyak alasan kenapa kamu harus coba road trip dengan mobil. Selain memberi pengalaman baru, kamu juga bisa lebih bebas menikmati perjalanan. Namun jangan lupa mempersiapkan beberapa hal di atas supaya road trip kamu menyenangkan dan berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *